Pernahkah anda berbelanja buah-buahan di super market atau pasar? Pernahkan anda memperhatikan kode angka pada buah-buahan yang adan di super market? Mungkin banyak orang yang tidak mempedulikan stiker berkode yang tertempel pada buah dan sering  kali kita melepasnya tanpa mengetahui arti dari kode tersebut. Ternyata kode atau stiker berkode yang tertempel pada buah-buahan itu ada maknanya tersendiri dan wajib untuk kita ketahui.

Label atau stiker pada buah-buahan tersebut mengandung kode yang berisi informasi tentang identitas produk buah yang akan anda konsumsi. Dengan membaca kode, Anda dapat mengetahui apakah buah itu hasil rekayasa genetika, organik, atau diproduksi dengan pupuk kimia, fungisida, atau herbisida. Label pada buah tersebut pada dasarnya terdiri atas 4 atau 5 angka, yaitu:
 



  1. Empat angka : konvensional, tidak organik.
  2. Lima angka dimulai angka 8 : konvensional, tidak organik dengan modifikasi genetis.
  3. Lima angka dimulai angka 9 : organik.
Jika konvensional berarti buah-buahan ditanam dengan cara tradisional atau dengan menggunakan pupuk berbasis petroleum dan pestisida. Sedangkan modifikasi genetis artinya buah-buahan tersebut telah direkayasa dan bukan alamiah lagi. Sebaiknya hindari kode angka berdigit 5 seperti pada buah pisang yang berkode 94011 artinya buah pisang tersebut ditanam secara konvensional dan menggunakan pupuk organik. Hindarilah juga buah-buahan yang tidak berlabel dipasaran dan hindari buah-buahan yang awalnya berkode 8.


Pilihlah buah-buahan yang memiliki label organik dan sudah memiliki sertifikat dari kementrian kesehatan seperti Bio Cert, dll. Jangan sampai buah hati dan keluarga anda mengonsumsi buah yang penuh racun dan tidak layak konsumsi.