Tahukah Kamu, Arti Simbol Pada Pakaian??

16.49
Pernahkan kita memperhatikan label-label atau simbol yang ada di pakaian kita?? Ternyata simbol dan label yang terdapat pada pakaian kita seperti, celana, kemeja, handuk, dll mengandung cara pemeliharaan pakaian tersebut. Kali ini kita akan bahasa mengenai arti simbol pada label pakaian, diantaranya sebagai berikut:

1. Simbol Temperatur
Cucilah pakaian dengan temperatur yang sudah ditentukan pada simbol atau label tersebut. Setiap pakaian memiliki sifat kain yang sensitif terhadap suhu air. Jika kamu salah menggunakannya bisa saja pakaian kamu menjadi mengkerut. Untuk itu sebelum mencuci kamu hendaknya memahami arti simbol ini.




2. Cara Mencuci
Simbol-simbol dibawah ini menggambarkan bagaimana cara kita mencuci, apakah pakaian tersebut boleh dicuci dengan menggunakan mesin cuci atau tidak. Kalau kita tidak memperhatikan simbol ini, pakaian yang seharusnya dicuci dengan tangan jadi rusak karena dicuci dengan menggunakan mesin.



3. Pengeringan
Logo kotak yang memiliki lingkaran pada bagian dalamnya adalah petunjuk untuk cara mengeringkan pakaian. Apabila ada satu titik pada gambar tersebut artinya kamu harus mengeringkannya dengan suhu yang rendah. Untuk mengeringkan dengan suhu tinggi disimbolkan dengan dua titik. Tapi jika pada logo ini ada tanda silangnya maka kamu tidak bisa mengeringkannya dengan mesin pengering.

4. Cara Menyetrika
Simbol-simbol seperti setrikaan dibawah ini menjelaskan bahwa pakaian harus disetrika sesuai suhu yang tertera pada simbol. Jika ada satu titik di dalam logo setrika, berarti pakaian disetrika dengan suhu rendah. Makin banyak titiknya, makin tinggi derajat suhunya. Bila gambar setrika diberi tanda silang artinya pakaian tidak boleh disetrika.


5. Dry-cleaning

Cara agar menghilangkan noda seperti kopi, cat atau noda membandel lainnya yang tidak sengaja menempel pada pakaian kamu adalah dengan metode pencucian Dry Cleaning. Cara Dry Cleaning bisa menggunakan air yang sedikit atau tidak menggunakan air sama sekali. Meskipun berhasil, metode ini bisa saja mengerutkan atau memudarkan warna pakaian kamu. Untuk pakaian yang tidak bisa dicuci dengan metode Dry Cleaning disimbolkan dengan gambar lingkaran yang dicoret. Namun apabila kamu melihat simbol P/W/F di dalam lingkaran tersebut berarti metode pencucian Dry Cleaning harus dikerjakan oleh profesional.


6. Pemutih
Logo untuk membolehkan atau tidaknya pakaian kamu terhadap pemutih digambarkan dengan log segitiga pada label tersebut. Jika logo segitiga ini dicoret atau disilang artinya pakaian kamu sama sekali tidak boleh menggunakan pemutih pakaian.


7. Pemerasan Pakaian
Tidak semua pakaian boleh diperas sehabis dicuci. Bila kita menemukan logo pakaian diperas yang disilang artinya kita dilarang untuk memeras pakaian tersebut.




Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.