Wisata CIBULAN Kuningan Jawa Barat

17.30

Ada yang pernah jalan-jalan ke Kuningan?
Kota kecil ini terletak di daerah Jawa Barat yang sangat sejuk. Selain terkenal dengan tape ketan-nya, Kota Kuningan ini memiliki tempat wisata yang unik dan murah meriah loh. Kalo pulang kampung, selalu menghabiskan waktu liburan bersama keluarga untuk mengunjungi beberapa tempat wisata yang ada di Kuningan. Salah satunya, CIBULAN.

Buat yang belum pernah mengenal CIBULAN, mungkin bingung kenapa iconnya patung ikan? Cibulan memang terkenal dengan Ikan kancra-nya yang berukuran besar atau seringdisebut dengan IKAN DEWA yang konon katanya sangat misterius.Objek Wisata yang sudah berdiri sejak tahun 1939 ini, menurut cerita masyarakatsetempat adalah tempat peninggalan Prabu Siliwangi pada masa Kerajaan Pajajaran. Ikan Dewa yang hidup di Kolam tersebut konon merupakaan jelmaan dari prajurit saat masa pemerintahan Prabu Siliwangi yang membangkang. Jika kolam tersebut dikuras maka ikan-ikan tersebut akan menghilang dan ketika diisi air kembali, ikan-ikan dewa tersebut kembali lagi. Aneh sih tapi inilah yang diyakini oleh warga masyarakat setempat. Entah benar atau tidak yang jelas ikan-ikan ini sangat menarik minta para pengunjung dari berbagai kota untuk melihatnya atau sekedar menyentuhnya.


Selain melihat-lihat ikan DEWA, CIBULAN juga menyediakan kolam renang bagi para pengunjung yang ingin berenang. Karena kota Kuningan ini bersih dan merupakan daerah pegunungan, jadi airnya pun sangat bersih dan terawat tanpa mengandung bahan kimia untuk menjernihkan air. Jika para pengunjung lelah berkeliling, disini juga disediakan tempat terapi ikan yang wajib kamu coba. 
 
 
 
Tidak sedikit dari para pengunjung yang mengunjungi tempat petilasan Prabu Siliwangi yang sangat bersejarah ini, yaitu tujuh sumur mata air Cibulan. Tujuh sumur mata air ini diantaranya adalah sumur kejayaan, sumur kemulyaan, sumur pengabulan, sumur cisadane, sumur cirancana, sumur kemudahan, dan sumur keselamatan.Menurut cerita warga setempat, jika pengunjung melihat kepiting emas di sumur cirancana maka segala keinginanya akan terkabul. Para pengunjung bergiliran berdoa dan membasuh wajahnya di setiap sumur. Namun sayangnya tempat ini sering disalah gunakan untuk kepentingan komersil atau dekat dengan kemusrikan. Sesungguhnya tempat kita memohon hanyalah kepada Allah SWT bukan kepada benda atau tempat peninggalan-peninggalan yang dianggap keramat. Hal inilah yang perlu diketahui oleh masyarakat sekitar. Kecewanya, para petugas setengah memaksa para pengunjung untuk mengisi kotak amal yang sudah tersedia disekitar sumur. Meskipun mereka bilang seikhlasnya tapi tetap saja ucapan para petugas seakan memaksa agar pengunjung mengisi uang. Disamping itu, para pengunjung dilarang bicara sembarangan ataupu mengeluarkan kata-kata kotor karena tempat ini dianggap suci dan tidak boleh sembarangan.

 
 

Diluar dari mitos dari objek wisata ini, tempat ini cocok banget buat pengunjung yang sedang berlibur bersama keluarga. Kawasan wisata yang luas dan sejuk, pengunjung bisa sekalian piknik atau foto-foto. Yang paling menarik ada segerombolan anak-anak yang berenang di kolam ikan dan setia mengambilkan koin yang dilemparkan oleh setiap pengunjung. wkwkwkwk unik banget. Sebelum pulang, pengunjung juga bisa sekalian belanja oleh-oleh kerajinan tangan yang unik-unik dan harganya juga dijamin murah-murah. Makanan khas Kuningan dan tahu gejrot khas Cirebon juga ada loh disini. Jadi bisa sekalian wisata kuliner juga deh..hehehe..




Gue harap objek wisata ini bisa semakin dikenal dan semakin banyak pengunjung baik lokal maupun mancanegara yang datang ke objek wisata ini. Para pengunjung juga diharapkan untuk senantiasa ikut serta memelihara dan menjaga kebersihan objek wisata.Yang belum ke Kuningan, ayo buruan catat untuk jadwal travel kamu selanjutnya. hehehe..



x

5 komentar:

  1. terakhir ke Cibulan pas kelas 3 sd.. dan nggak mampir kesana kemari karena nginep doang haha. Wih matakau langsung ijo liat tasnya /fokusnya lain/ pingin euy ke sana dan ngebolang :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. sekalian nginep dirumah kampung ku yukk...hehhee

      Hapus
  2. Menarik sekali cerita tentang ikan dewanya. Semoga kalau ke sana bisa melihat kepiting emasnya~ :D

    BalasHapus
  3. Wah tempat wisatanya keren juga... Saya suka tempat wisata yang banyak airnya begini hehehe... Sayangnya, jauh banget dari rumahku :(

    BalasHapus
  4. Oke mbak, dicatat untuk tujuan wisata selanjutnya....

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.