Meriahnya Festival Jiyuu Matsuri 2017 di UNJ


Penggemar budaya Jepang khususnya yang ada di Jakarta, Sabtu minggu lalu ikut memeriahkan Festival Jiyuu Matsuri 2017 yang digelar oleh para siswa Prodi Sastra Jepang di Universitas Negeri Jakarta. Festival ini dilaksanakan selama dua hari di hari sabtu dan minggu. Tidak hanya acaranya yang meriah, UNJ juga membuka beberapa perlombaan yang menarik, diantaranya: lomba dance cover, cosplay contest, lomba makan, karaoke contest, dll. Selain itu bintang tamu terkenal juga ikut memeriah acara ini dan banyak stand makanan dan merchandise unik yang berada di sekeliling area. 

Selain menikmati acara, saya juga ikut hunting foto dan makan-makanan ala jepang. Karena pengunjung yang ramai, ketika beli makanan harus cukup sabar untuk mengantri. Yang paling seru itu stand makanan takoyaki dan kakikoori (es serut ala Jepang) yang cara bikinnya unik banget pake atraksi lagi. hahahaha.. Harganya murah dan mudah untuk dibawa kemana-mana. Udon juga paling ramai pembelinya dibanding yang lain. Selain harganya yang murah, kamu juga dapet gratis minum ice lemon yang segeeeerrrrrrr...


















Selain berburu merchandise dan makanan, saya juga ikut mencari model cosplay untuk dokumentasi. Cosplayers yang datang cukup banyak, sebagian dari mereka ada yang mengikuti kontes cosplay dan ada juga yang hanya meramaikan acara. Cukup sulit mengambil foto cosplay, karena kita harus ngantri gara-gara yang minta foto banyak dari sebagian pengunjung. Selain itu, hiburan yang seru adalah dance contest yang membuat para pengunjung teriak untuk ikut menyanyi dan menari. Pokoknya seru banget melihat kelucuan-kelucuan para otaku yang datang. hehehe.


Jiyuu Matsuri atau sering disebut JIMAT ini, tidak hanya mengadakan contest hiburan saja tapi perlombaan dari segi pendidikan bahasa Jepang juga dibuka setiap tahunnya, seperti: lomba pidato dalam bahasa Jepang, lomba kana, dll. Biasanya perlombaan ini diikuti oleh siswa SMA yang belajar bahasa Jepang di Sekolahnya. Di sore hari juga ada stand yang paling ditunggu oleh pengunjung dan antriannya sangat panjang loh. Yup, OBAKE YASHIKI atau dalam bahasa Indonesianya "Rumah Hantu" yang dibuat oleh mahasiswanya sendiri loh dan katanya serem banget kalo masuk. 

Area yang luas dan panggungnya yang meriah membuat festival ini sangat diminati para penggemar budaya Jepang. Saya jadi inget ketika masih jadi mahasiswa dulu dan pernah juga menggelar event seperti ini di Kampus. Saya salut kepada para panitia yang sudah mengadakan event ini dengan sukses, semoga tahun depan matsuri-nya diadakan lagi ya..


15 komentar:

  1. Paling seru bagian cosplay ini, jadi kaya kartun2 gitu mukanya...

    Temen juga ada yg suka jejepangan gini, jangan2 mbak kenal ahaha..

    -Traveler Paruh Waktu

    BalasHapus
    Balasan
    1. wahahhahaha...
      saya cuma hunting foto doank kok..sama makan makan hehe

      Hapus
    2. haha,, kayanya lebih dari itu deh,, emang pecinta jejepangan yekaaan??

      -Traveler Paruh Waktu

      Hapus
  2. waah kalau kesitu pasti aku juga bakalan poto poto sama cosplay..

    BalasHapus
    Balasan
    1. tunggu event selanjutnya ya..tahun depan. hihi

      Hapus
  3. Semua postingan mbak kenapa jadi buat aku pengen kesana semua, apa lagi yang satu ini mbak. Wkwkwk
    Kalo event kek gini kepengen jadi cosplayer nya. Ahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. suka cosplay jg emang? wahwahwah...

      Hapus
    2. Suka, tapi alhamdulillah belum pernah terealilasasi. Ahaha
      Tapi pengen bener itu kesana

      Hapus
  4. Saya waktu matsuri di wisma aldiron gk dateng
    padahal pengen banget lihat deneb
    kerjaan menjadi kendala untuk ke even2 sekarang

    BalasHapus
    Balasan
    1. nanti ada jakarta matsuri kok..
      tapi belum tahu kapan, nanti kalo ada event'nya pasti dishare deh........................

      Hapus
  5. Para penikmat Jejepangan bersatu dalam acara ini, betul tidak sih? Hehehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya begitulah..
      ternyata cukup diminati..

      Hapus
  6. Jadi inget jaman SMP-SMA aku suka jejepangan gini. Sampai akhirnya ada acara jejepangan di kotaku, sayangnya kurang menarik dan g seheboh yang mbak ulas. Jadi kecewa gitu deh

    BalasHapus
  7. Ya ampuuuun itu makanan apa yg kek cacing *_*,

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.