9 Cara Membangun Semangat Belajar Bagi Remaja

PR, persiapan ujian, mengulang pelajaran kemarin, hafalan kosakata, belum lagi ekstrakulikuler, dan lain-lain. Setiap hari siswa Sekolah Menengah Pertama hingga Menengah Atas pasti sangat stres karena harus mengatur waktu mereka untuk belajar dibandingkan untuk bermain. Setiap hari hal yang harus dikerjakan terlalu banyak sehingga membuat pelajar khususnya remaja menjadi tidak suka belajar dan malas.

Tapi belajar adalah salah satu hal yang harus dikerjakan dan pelajar tidak bisa melarikan diri dari kewajiban tersebut. Berikut ini ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk membangkitkan semangat belajar bagi Remaja:


Membangun suasana dan Lingkungan belajar yang baik

Untuk membangkitkan semangat belajar, hal yang terpenting adalah membangun MOOD BELAJAR. Untuk menciptakan mood tersebut, lingkungan sekitar menjadi faktor yang mempengaruhi anak ataupun remaja agar fokus belajar.
Kamu bisa atur suhu ruangan belajar dan biarkan jendela tetap terbuka ketika siang hari. Jika suhu ruangan panas, nyalakan kipas angin atau AC dengan arah udaranya tidak langsung mengarah ke tubuh kita.

Jangan Menaruh Benda Favorit di Atas Meja Belajar

Pernahkah kita menaruh barang-barang yang tidak penting di meja belajar kita? atau  apakah kamu juga suka menaruh benda-benda kesukaan kamu di atas meja belajar, seperti Komik, CD, Novel, HP, dll? Yup, benda-benda kesukaan yang kamu taruh di atas meja sebenarnya bisa membuat kamu tidak fokus belajar sehingga menyebabkan kamu memilih membaca komik atau majalah dari pada membaca buku pelajaran. Usahakan meja belajar kamu harus selalu dirapihkan sehingga mood belajar timbul dan tentunya kamu bisa lebih fokus.

Temukan Tempat Belajar yang Cocok Buat Kamu

Jika belajar di atas meja belajar belum bisa membuat kamu fokus juga, kamu bisa mencari tempat lain seperti Perpustakaan, ruang keluarga, atau tempat terbuka seperti taman yang tidak terlalu berisik. 

Kembalikan Mood Belajar Kamu Ketika Mengantuk

Ketika otak terlalu lama bekerja untuk berfikir membuat kepala kita terasa lelah bahkan terasa sakit atau pusing. Karena merasa lelah sehingga membuatmu melamun dan ujung-ujungnya kamu bakalan check HP terus main game deh. Ketika merasa lelah, bosan, dan mengantuk saat belajar, kamu bisa melakukan olahraga ringan. Kamu bisa melakukan peregangan dan melemaskan otot dan jari-jari sehingga tidak membuat kamu pegal dan rasa lelah pun hilang. Dengan melakukan olahraga ringan saat lelah, otot jadi longgar sehingga melancarkan aliran darah ke otak.

Jauhkan Smartphone

Hal inilah yang membuat para remaja enggan belajar karena selalu bermain asyik dengan smartphonenya. Notifikasi dari smartphone bisa mengalihkan kefokusan kamu ketika belajar. Ketika hendak menghadapi ujian, menjauhkan smartphone adalah hal yang sulit bagi remaja sekarang. Kuatkan niat kamu untuk serius belajar dan jauhkan smartphone dari jangkauan bila perlu sembunyikan di tempat yang jauh. Jika tidak berhasil juga, kamu bisa titipkan dulu kepada orangtua. Tapi, biasanya remaja suka enggan menitipkan smartphonenya kepada orangtua karena kemungkinan orangtua bisa melihat isi smarphone tersebut. Jika malu atau ragu untuk menitipkannya sebaiknya kamu bisa membuat perjanjian dengan orang tua supaya kamu bisa belajar tanpa harus khawatir.

Berikan Jeda Waktu untuk Makan Ketika Belajar

Istirahatkan pikiran dan otak kamu dan tentukan waktu untuk makan ketika sedang belajar. Kamu bisa ngemil snack, makanan manis seperti dessert, atau minuman dingin yang bisa menyegarkan dan menyejukan pikiranmu saat lelah berpikir.

Perbaiki Cara Belajar Kamu

Karena terlalu banyaknya tugas, PR, dan persiapan ujian, kadang kita kebingungan yang mana dulu yang harus diprioritaskan. Belajar yang tidak direncanakan tentunya tidak akan membuahkan hasil. Oleh karena itu, kita perlu mengubah cara belajar kita supaya lebih berhasil  lagi.
pertama yang harus kamu lakukan adalah menentukan tujuan. Tujuan tersebut adalah target yang ingin kamu capai sesuai dengan perhitungan waktu yang kamu butuhkan. Tulislah apa saja yang ingin kamu lakukan hari ini dalam catatan di meja belajar kamu. Lalu urutkanlah mana yang lebih dulu dikerjakan kemudian kamu bisa tentukan jadwal. Dengan begitu belajar jadi lebih mudah dan lebih maksimal.

Catat apa saja yang belum kamu mengerti atau kuasai

Siapapun pasti selalu ingin mengulangi apa yang sudah dirinya kuasai. Tetapi, dalam belajar tentunya ada banyak yang belum kamu kuasai dan yang belum kamu mengerti. Jika hal yang belum diketahui dibiarkan menumpuk maka suatu saat nanti kamu akan bilang "aah..bodo ah gak ngerti.", "aaahh, males.", sehingga motivasi kamu untuk belajar akan hilang.
Ketika melihat hasil tes atau mengerjakan soal, apa sih yang salah?. Ya, sebaiknya soal-soal yang salah bisa kamu perbaiki dan pelajari ulang sehingga kamu tidak mengulangi kesalahan yang sama saat ujian. Usahakan ketika saat belajar di Kelas, apa yang belum kamu pahami harus kamu tanyakan saat itu juga.

Selalu tanamkan motivasi belajar dalam hati


Menurut PABLO PICASSO, "Everything you can imagine is real". Apa yang kamu imajinasikan pasti akan menjadi kenyataan. Jika kamu beripikir bahwa kamu bisa, pasti kamu bisa. Sebaliknya, jika kamu berpikir tidak bisa, maka kamu tidak akan pernah bisa.

"Kemampuan seseorang pasti ada batasnya, tapi USAHA tidak pernah ada batasnya. Jadi, kalau kamu terus berusaha untuk meraih sesuatu, lampauilah batas kemampuanmu untuk mencapai itu."

30 komentar:

  1. yang jauhkan smartphone itu yang susah Dx materi yg kudapat ada di hp dan kalo gede suka mager.. perlu pecut diri sendiri ini mah -_- tapi bener juga, aku belom nemu cara belajar yg cucok..lebih condong ke listening sih :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. pake media lain mungkin seperti dengan video dll.

      Hapus
  2. Berikan jeda, saya dulu sukanya makan cemilan kacang atau jagung goreng. Mata jadi melek deh, apalagi jika ditambahin kopi. Semangat menggelora.

    BalasHapus
    Balasan
    1. jgn keseringan juga mas nanti bukan belajar tapi ngemil terus bobo deh..wkwkwk

      Hapus
  3. Betul sekali 9 kiat yang sudah dijelaskan. Bila boleh menambahkan, satu hal lagi adalah bergaul dengan teman-teman yang baik.

    menurut saya, remaja adalah masa seseorang mulai senang bersosialisasi. Teman yang memberikan inspirasi dengan keterampilannya akan melecut seorang remaja untuk juga meningkatkan kemampuannya. :D

    BalasHapus
  4. Assalamualaikum sista :)

    Poin 2 jleb banget, Jangan menaruh benda favorit.
    Saya usahakan untuk dibiasakan "mengamankan" hape supaya lebih fokus ke belajar.
    Pokoknya jauhin hape, silent, kalau perlu "off"kan dulu deh.

    Orangtua sangat penting perannya di sini. Membantu buah hati konsentrasi belajar. Bukankah keberhasilan buah-hati itu lah yang diidamkan para ortu ?

    Terimakasih, nice article ... salam sukses untuk buah hati Anda.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget. ortu emang salah satu peran utama yang bikin semangat belajar anak nya lebih dipompa lagi.. hehe salam kenal

      Hapus
  5. Lengkap sekali tipsnya mbak, kalau zaman dulu sy belum pegang HP, jadi gangguan masih nggak seberat saat ini. Apalagi masuk pesantren, kadang ujian di pesantren dan di sekolah formal bersamaan, di situ kadang kepala mau botak mendadak..hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwkwk pesantren lebih ketat...
      gak sanggup deh kalo jadi anak pesantren..hehehe vis.

      Hapus
  6. Makasih mba tips nya..
    Klo aku dulu..jauhi tempat tidur; krn klo deket2 kasur..bawaannya malah ngantuk.

    Ini giliran ngasih support ke anakku mba..biar dia lebih rajin bljr..nggak kayak emaknya dl

    BalasHapus
    Balasan
    1. emak super nih..
      bener banget bagi yang pelor emang jauh2 tuh dari bantal ama kasur. wkwkwk

      Hapus
  7. Jauhkan smartphone sih yang paling penting.Ponakan saya yang remaja, awalnya kelihatan belajar eh malah ketagihan online online...

    BalasHapus
    Balasan
    1. awas tuh bahaya kalo udah ketagihan hehehe

      Hapus
  8. Setuju dengan tips-tipsnya mbak!

    Dari mentor2 saya yang udah jadi "orang sukses", salah satu saran yang paling sering saya temui adalah jauhkan smartphone waktu kerja/belajar. Fokus dulu selama beberapa jam tanpa cek hp (sms, WA, FB, instagram, dll). Baru ketika istirahat sebentar, boleh buka hp

    BalasHapus
    Balasan
    1. kayaknya yang lebih mempengaruhi adalah gadget ya mba. makasih udah mampir ke blog.

      Hapus
    2. Sama2 mbak, salam kenal juga ya :)

      Hapus
  9. klo aku lagi ngerjain naskah buku ato orderan biasanya internet data di hape memang dimatikan dulu, setelah 3 hari baru nyala

    BalasHapus
    Balasan
    1. sip..bener mba pertahankan yang begitu..wkwkwk

      Hapus
  10. jauhkan smartphone, beneeeer.. ada smartphone penginnya buka sosmed mulu :)))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup, ada waktunya serius bwt belajar. No handphone...

      Hapus
  11. smartphone... duh, emang ini biangnya. yang terakhir, biasanya sering saya pakai saat sekolah dulu. catatn bagian yang penting dan sukar untuk dicerna.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa sih belajar lewat hp cuma ya ujung2 tergiur sama notifikasi...

      Hapus
  12. saya malah sering lupa sama smartphone kalo bukan di waktu kerja
    takut ada tlpn dan WA dari atasan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sih, klo bs diluar waktu kerja berapa jam dimatiin atau silent mode trs belajar deh..

      Hapus
  13. Smartphone tuh emang godaan banget ya. Itu seh sekarang, kalau dulu aku belajar nyaman aja, soalnya belum ada smartphone hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwk emang enakan jaman dulu msh byk main hehehe

      Hapus
  14. Sebelum melakukan aktivitas belajar, minum air yang cukup. Smartphone tidak perlu dijauhkan, cukup dimatikan saja hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo kejauhan takut ada yg ngambil ya mba..wkwk

      Hapus
  15. Jauhkan segala hal dari semua yang menggangu pemandangan, klo anak sekarang gadget, jamanku dulu komik :D

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.