I Started Street Photography

16.06
Saya mulai berani untuk mengeksplore hobi yang baru digeluti ini sejak tahun lalu sekitar bulan September lalu. Sebagai pemula saya agak kurang percaya diri untuk memulai photography. Namun, apa salahnya mencoba dan belajar. Setelah mempelajari setting kamera dari beberapa channel youtube, saya awalnya meniru settingan camera dari beberapa photografer lewat youtube, seperti channel youtube favorite saya salah satunya adalah Jessica Kobeisi. Lalu Saya tulis dalam kertas dimulai dari pengaturan iso, diafragma, dan lain-lain. Sayangnya setelah saya coba ternyata hasilnya masih kurang memuaskan. Apakah spotnya yang kurang bagus? atau settingan kameranya yang tidak cocok dengan kamera saya? Lelah bertanya-tanya akhirnya saya pastikan untuk mencoba setting kamera sendiri, awalnya dapat photo yang blur atau over light. Setelah semakin banyak mencoba memotret, akhirnya saya tahu bagaimana memainkan settingan kamera pada NIKON 1 J5, si teman saya ini. 

Kalo melihat para photography yang sudah profesional, rasanya saya ingin punya mata seperti mereka yang selalu bisa melihat sesuatu yang biasa menjadi sesuatu yang luar biasa lewat foto yang mereka hasilkan. Untuk melatih daya pandang saya terhadap sesuatu, kenapa saya tidak memotret jalanan saja? Kita tahu Jakarta itu sangat luas dan indah, ada banyak kehidupan sehari-hari di Jalanan Jakarta yang lebih natural yang bisa didokumentasikan. Senangnya memulai street photography ini adalah kita bisa menikmati suasana jalanan dan bisa memotret dengan bebas tanpa harus mencari model dan mengatur pose yang tentunya sangat sulit bagi saya karena saya masih pemula. Tapi, jika kamu ingin memotret orang di jalan, sebaiknya meminta izin terlebih dahulu siapa tau orang yang kita foto tidak suka di potret. 



Saya langsung meluncur ke salah satu spot untuk street photography terdekat. Spot yang saya pilih adalah Taman Buaran atau lebih dikenal BKT. Kalau pagi hari disini tidak begitu banyak pengunjung. Banyak kursi-kursi dari kayu dan banyak pepohonan yang bisa jadi tempat terbaik untuk take pictures. Taman ini terkenal sebagai tempat bermain skateboard atau jogging track yang nyaman banget. Selain itu, taman ini dikelilingi oleh sungai banjir kanal timur yang panjang banget sehingga pemandangan pagi hari dan sore hari terlihat sangat indah. Saya sengaja datang pagi-pagi bersama ponakan saya yang suka banget foto. *Kalah eksis sama ponakan wkwkwk





Menurut dari apa yang saya pelajari, settingan kamera yang paling cocok ketika melakukan street photography adalah dengan menggunakan mode auto. Karena dengan mode auto yang sifatnya pengambilan foto dengan mode otomatis ini lebih cepat dan mudah tanpa harus menyeting kembali iso, diafragma, dll. Selain itu, saya tidak akan kehilangan momment terbaik ketika memotret terutama modelnya anak kecil. Ponakan saya cukup menjadi seorang yang Photogenic jadi gerak sedikit posenya udah oke banget hahaha. Saya juga masih pemula jadi tidak menggunakan lensa khusus untuk melakukan street photography.

Lokasi selanjutnya adalah KOTATUA. Saat momment liburan sekolah kemarin jadi momment paling pas untuk mengajak ponakan saya jalan-jalan sambil mengabadikan momment bersama ponakan. Untungnya saya pergi ke Kota tua dengan menggunakan kereta. Sesuai prediksi, kota tua macet banget kayaknya semua orang di Jakarta pada liburan kesini. duuhh duuhhh duhhh...bener-bener rame banget. Setelah mengelilingi kawasan kota tua, kami pun tergoda untuk makan yang seger-seger. Akhirnya pilihan jatuh kepada eskrim yang murah meriah ini, udah gitu cafenya rame banget. Ketika melihat ponakan saya asyik makan eskrim, saya pun mengambil kesempatan untuk mengambil foto mereka yang lucu ini. Kali ini saya mencoba mode kreatif di kamera saya dan hasilnya menurut saya sudah bagus. Padahal matahari terik banget tapi dengan mode kreatif ini hasil fotonya terlihat seperti cerah dan terlihat sejuk.


Kami juga sangat beruntung karena di tengah taman kota terdapat benda terbuat dari besi sebagai tiruan dari penjara. Benar-benar mirip penjara yang terdapat bebrapa kamar kecil dan kamu bisa masuk ke dalamnya seolah-olah berada dalam jeruji besi. Kreatif banget ya.. Banyak para orang tua yang mengabadikan foto anaknya disini jadi kami juga harus ngantri untuk berfoto.





Keponakan saya yang paling kecil merengek ingin ikut berfoto bersama orang yang menyerupai tentara dengan mengecat seluruh tubuhnya dengan warna hijau. Saya mengabil foto ini dengan mode kreatif di settingan kamera NIKON 1 J5. Mode kreatif ini adalah efek khusus yang memadankan pengaturan ke scene. Kalau mode manual harus setting terlebih dahulu jadi waktu untuk memotret lumayan agak lama sementara orang yang mau foto sudah mengantri jadi saya pikir lebih baik menggunakan mode auto atau mode kreatif seperti ini. Sebenarnya mode kreatif di NIKON 1 J5 ini ada banyak pilihan, tinggal kita menyesuaikan saja dengan objek yang ingin kita foto.

Pengambilan foto yang paling sulit adalah mengambil foto ponakan saya yang paling kecil karena gak mau diem dan anaknya memang sangat aktif. Tapi kali ini saya berhasil mengambil foto-nya dengan mode manual tanpa sengaja. Saat ponakan saya sedang duduk di Museum Senirupa dan tersenyum ceria.


Setelah mengelilingi koleksi lukisan yang luar biasa, saya melihat ada taman ruang terbuka dalam museum. Di Taman ini ada beberapa tiang setinggi 5 meter, lalu tiang tersebut dijadikan sebagai dudukan tanaman yang menjuntai, ranting-ranting dedaunan pun sangat mempercantik taman tersebut. Saya mengajak ponakan saya yang berambut agak pirang ini untuk berdiri di dekan tiang tersebut dan saya mengambil fotonya untuk mengambil foto yang terkesan natural.


Dari hasil jepretan saya, rasanya ada kepuasan tersendiri jika hasilnya bagus. Saya yang masih pemula tentunya masih ingin terus belajar dan sangat membutuhkan kritikan dan saran bagi yang sudah berpengalaman dalam hal photography. Saya sih inginnya membeli lensa kit agar foto saya bisa lebih bagus lagi. Artikel ini bukan review kamera atau bukan tips ya guys, karena saya bukan profesional. Selain itu, foto-foto di atas adalah hasil foto sendiri dan saya sedikit meng-collage-kan fotonya saja tanpa edit foto aslinya. Pokoknya bagi kamu yang punya hobi yang sama, jangan ragu untuk melakukan hobimu. Saya yakin kalau mau belajar pasti nanti juga bisa.

Thanks for readers..^_^

49 komentar:

  1. Taman BKT deket dari rumah neh, next foto foto juga di situ ah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah satu daerah donk mba. Rmhnya dmn mba?

      Hapus
  2. Andaisaja saya punya senjata tuk fotografi. Lagi nabung buat beli kamera yang bagus. selama ini cuma mengandalkan kamera hape doang...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seni photography mobile juga lg hits sekarang..

      Hapus
  3. Semangat belajar... saya juga nggak pernah banyak belajar dari fotografer, kalo saya rasa bagus, ya saya aplod di Instagram, sila kunjungi IG @catatan.amanda dankje

    BalasHapus
  4. Semangat belajarnya. Kalo mau coba cari komunitas-komunitas foto di daerah sekitar, pasti banyak banget. Jangan lupa coba-coba terus di mode manual, nanti pasti dapat settingannya kok.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya paling susah mode manual..

      Hapus
  5. Kotatua semakin bagus aja. Jadi rindu pengen ke situ lagi.

    Semangat terus belajarnya ya.. Pasti bisa menghasilkan foto yang bagus. Selama ada kemauan dan usaha. Good luck

    BalasHapus
  6. Wah...keren deh punya kamera nikon 1j5 :D Aku aja belum punya hahah baru mengandalkan kamera HP. Mantaplah...sering2 foto pemandangan alam kayaknya menyenangkan deh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini juga baru belajar mba..masih ngutak-ngatik

      Hapus
  7. Wah, Mbak BKT sebelah mana? Hihi, rumah sy juga dekat BKT, lho. Tapi jarang main ke sana kecuali ada yang maksa..hasil jepretannya sudah baguus, btw itu ortu kenapa seneng banget lihat anaknya di penjara *eh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya di buaran mba, jatinegara indah. maen kesini mba.

      Hapus
  8. Aku juga pengen belajar fotografi sih, tapi nggak punya kamera :( Sementara sih mainnya pake smartphone dulu hehehe :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada loh seni fotografi utk mobile..

      Hapus
  9. Wah senang ya belajar fotografi... jadi keingetan belum nulis tentang kota tua :)

    BalasHapus
  10. talentnya cakep2, salam yah

    BalasHapus
  11. Keren-keren jepretannya mbak
    Obyeknya hidup dan bercerita
    Saya mau juga dong belajar kayak gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. duuh saya masih terus belajar nih..biar fotonya lebih ada maknanya gitu loh wkwkwk

      Hapus
  12. Benarkah belajar photografi harus punya kamera beneran dulu? pengen sih belajar meskipun sebtas dari kamera ponsel

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada kok seni photography mobile. mobile sama kamera menurut saya beda, seni dan setting'annya juga beda. apa aja bisa untuk dipelajari mas. hehe

      Hapus
  13. sukaa :)

    motret apapun kalo kitanya suka emang puas dan bikin berulang2 diliatin terus :D

    BalasHapus
  14. Saya juga sedang belajar fotografi nih mbak. Dan ternyata nggak gampang ya, nggak semudah yang saya bayangkan. Tapi juga lebih seru dari yang saya pikir.
    Semangat terus ya mbak, saya juga lagi nabung nih buat beli lensa kit :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. targetnya beli lensa 50mm dari nikon

      Hapus
  15. kalo fotografi aku lebih suka foto pemandangan kota xD kalo foto orang biasanya canggung ngasih arahan hahaha

    aku suka foto2 yg dibawah pohon, bayangan dedaunannya bikin keinget sama poster j-drama xD

    BalasHapus
  16. Bagus-bagus kok motonya. Aku mah apa, moto asal jepret doang...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini mah dari puluhan foto yang berhasil cuma ini doang wkwkw

      Hapus
  17. fotografi itu sama kayak ngelukis... gak selalu harus tahu teknik, otodidak juga bisa pake feelin. Tapi mereka yang paham betul teknik, hasil fotonya pasti ketcheee....

    apalah aku yang ga ngerti teknik.. asal jepret aja. wkwkwkw

    BalasHapus
  18. sudah lama gak ke KOTU
    jadi pengen main kesana

    Photography salah satu hobby saya juga
    tapi tidak fokus, hanya selingan jika dirasa bosan sedang melanda..

    BalasHapus
    Balasan
    1. nyari inspirasi biar gak galau hehe

      Hapus
  19. saya juga baru belajar nih teknik fotografi, kebetulan saya pake canon D3000 lumayanlah hasilnya. karena selama ini saya lebih sering pake camera hp.

    saya masih belajar teknik dasar.

    BkT, ha..ha.. saya tinggal dekat BKT juga..

    BalasHapus
    Balasan
    1. mantap tuh dslr. lebih gampang nyari lensa kitnya daripada mirrorless

      Hapus
  20. Wah meski bilangnya baru belajar photography, tapi jepretannya udah ketjeh banget.. Uwww

    BalasHapus
  21. Street photography genre yang paling kusuka, karena kesannya natural banget

    BalasHapus
  22. Di jalanan, selalu ada hal yang menarik untuk dijadikan sebagai objek pemotretan.

    Aktivitas manusia, mural, pemandangan, romantisme, ketimpangan, dan masih banyak lagi.

    Kalau soal street fotografi, biasanya yang paling menarik adalah aktivitas manusia.

    Thanks sharingnya Mbak, good👍👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju mas, saya bakal terus belajar lagi.. hehehe.
      makasih sudah mampir

      Hapus
  23. Hobi baru photography ini lagi menghampiriku. Kayanya memang perlu drh Mba seorang blogger bisa foto apapun fengan hasil ciamik, ya meski kamera seadanya. Setuju, dimana kemauan pasti ada jalan

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks mba, jadi makin semangat...

      Hapus
  24. kota tua kayaknya nggak pernah habis untuk dijadikan bahan fotografi yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. selalu ada aja orang yang dateng kesini..

      Hapus
  25. Saya juga pengen belajar motret,,, senang juga sih dengan Street Photography

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.