Komitmen dan Pencapaian Target 2018

22.41
Langsung aja lah, HAPPY NEW YEAR 2018 buat para Blogger di Indonesia dan pembaca blog saya yang sampai sekarang masih betah buat baca wkwkwk. Kayaknya waktu berasa cepet banget padahal banyak hal yang ingin dilakukan di tahun lalu tapi masih belum terlaksanakan. Setiap resolusi yang ingin dicapai tahun ini selalu saya targetkan namun selalu ada kendala di tengah jalan sehingga target tidak tercapai. Setelah memasuki tahun 2018, saya akan mengulas balik apa saya yang sudah tercapai dan yang belum tercapai di tahun lalu.



Menikmati pekerjaan
Alhamdulillah, saya mulai aktif bekerja di sebuah perusahaan Jepang sebagai staf akademik sejak tahun 2016. Sudah 2 tahun saya bekerja disini dan berhasil melewati tahun pertama yang sangat sulit bagi saya. Kendala pertama adalah kelelahan dalam perjalanan. Rumah saya di Jakarta Timur sementara kantor saya di Depok yang membuat saya cukup stres menghadapi macetnya Jakarta. Tapi buah kesabaran dan belajar untuk relaks, saya mulai bisa menganggap kemacetan Jakarta seperti layaknya sedang bermain game dan akhirnya saya terbiasa dan tidak stres kalau jalanan macet. Kendala kedua adalah jobdesk yang tidak sesuai harapan. Saya awalnya ingin menjadi penerjemah tapi saya diberi job sebagai pengajar. Sebenernya saat kuliah dulu saya pernah menerima materi bagaimana cara mengajar tapi karena pekerjaan ini terlihat sulit jadi saya lebih menyukai penerjemah. Awal masuk saya sangat kesulitan beradaptasi dengan kerjaan saya. Setelah saya melihat siswa yang semangat belajarnya tinggi, saya juga merasa ada kepuasan tersendiri selama mengajar. Akhirnya saya mulai menyukai profesi saya yang sekarang dan ingin menjadi seseorang yang profesional dalam mengajar.
Ada sih orang yang bilang "Yaelaahh, kerjanya jadi guru doank. Dapet apaan?" Bagi orang lain yang belum pernah merasakan bagaimana rasanya mengajari orang mungkin bisa berkata seperti itu. Mengajar bahasa Jepang itu sangat sulit apalagi budaya kita beda dengan budaya Jepang. Tidak cuma mengajar bahasa Jepang saja, pengajar apapun menurut saya adalah profesi yang sangat sulit dan tanggung jawabnya yang besar. Saya sendiri pun akan terus berusaha untuk meningkatkan kemampuan bahasa Jepang saya.

Sertifikat N2 sudah di tangan
Bagi pembelajar bahasa Jepang agar diakui kemampuannya, mereka harus mengikuti ujian tertulis kemampuan bahasa Jepang yang namanya Nouryokushiken. Kalau dalam ujian kemampuan bahasa inggris seperti layaknya toefl, hanya saja Nouryoukushiken ini terbagi menjadi 5 level yaitu Nouryoukushiken level yang terendah N5, N4, N3, N2, dan level atas N1. Sebenernya saya mencoba ikut level N2 pada tahun 2016 dan alhamdulillah saya bisa lulus dan mendapatkan nilai yang lumayan. Namun, atasan saya yang orang Jepang belum cukup puas dengan hasil N2 saya dan meminta saya untuk ikut ujian lagi tahun depan. Alhamdulillah pada tahun 2017, saya berhasil lulus N2 untuk kedua kalinya dengan nilai yang lumayan dan sekaligus mendapat kepercayaan dari atasan. Walaupun begitu saya merasa kemampuan saya masih kurang dan harus terus belajar.



Mulai berinvestasi
Setelah terjun ke dunia kerja, saya bisa merasakan bagaimana susah dan lelahnya mencari uang. Dari sini lah saya mulai menghargai nilai uang, makanan yang saya makan, dan tenaga. Menghargai uang dalam artian mulai bisa menghemat dan mulai menabung. Menghargai makanan berarti mensyukuri apa yang dimakan, tidak menyisakan makanan, dan tidak membuang makanan. Ketiga adalah menghargai tenaga dalam arti merencanakan sesuatu sebelum melakukannya, menerapkan step by step, dan tidak mengulangi kesalahan yang sebelumnya. Sistem kerja ini sangat sulit diterapkan tapi alhamdulillah untungnya saya berada di lingkungan kerja yang semuanya serba sistematis hehehe. Diusia 25 tahun ini saya udah mulai memikirkan rencana untuk masa depan dan mulai untuk berinvestasi kecil-kecilan. Sebagian dari gaji yang saya terima selalu saya tabung sebagian untuk investasi. Bentuk investasi itu bermacam-macam, saya lebih memilih untuk mengikuti asuransi dan investasi rumah. Setidaknya kalau udah tua nanti saya gak kebingungan hehe..

Beli Kamera
Ditahun ini saya mulai menggeluti hobi baru saya yaitu fotografi. Setelah giat menabung akhirnya kebeli juga kamera untuk pertama kalinya. Karena saya seorang pemula, saya memilih mirrorless camera dari NIKON dengan type NIKON 1 J5 yang enak dibawa-bawa dan gak berat hehehe. Dengan kamera ini, saya mau lebih banyak belajar mengenai fotografi dan mengabadikan moment saya. Selain itu, hasil jepretan saya bisa menghiasi artikel-artikel saya di blog. Belum profesional sih tapi saya sungguh-sungguh mau belajar.



Dari pencapaian target tersebut, sebenarnya ada hal yang belum tercapai. Rencana melanjutkan S2 yang sepertinya harus tertunda lagi untuk tahun depan. Ingin banget rasanya melanjutkan pendidikan S2 hanya saya kerja sambil kuliah kayaknya belum bisa akhirnya terpaksa saya tunda. Lalu target yang belum bisa dicapai tahun ini adalah menurunkan berat badan. Saya adalah salah satu manusia yang doya sekali MAKAN. Apa aja saya bisa lahap dan tidak pernah mengenal kata "kenyang". Sering dibilang "OUGUI ONNA" atau "Cewek Rakus" wkwkwkwk tapi saya sadar kalau saya rakus. Meskipun banyak makan dan berat badan tidak naik secara signifikan tapi kemungkinan terkena kolestrol dan penyakit lain yang saya takutkan. Sebenarnya masalah utamanya adalah nafsu. Yup, Nafsu makan saya yang harus dikendalikan dan sudah banyak cara yang saya lakukan untuk menahan nafsu makan tapi kalo ada makanan atau dikasih sesuatu atau ketika ditawarin makanan, saya gak pernah nolak meskipun sudah makan. Baru bulan Oktober lalu, saya mulai putuskan untuk berolah raga namun ujung-ujungnya makan juga wkwkwkwk. Sekali treadmill, saya bisa membakar kalori hingga 400 dalam waktu 40 menit dan saya lakukan setiap 1 minggu 4 kali. Namun, apa daya diriku masih belum bisa mengontrol nafsu makan yang berlebihan. Minggu ini Kanror saya menerapkan peraturan baru, yaitu "Dilarang makan atau ngemil saat jam kerja". Saya nangis di Toilet!!! hiks hiks sengsara bener ya...

Bicara soal Resolusi Tahun 2018 ini, tentunya ada banyak PR buat saya selama setahun ini. Target yang ingin saya capai di tahun ini adalah:

Bisa Lulus N1
Entah kenapa tahun lalu saya sudah ikut ujian N1 tapi masih belum yakin sama hasil karena porsi belajar saya masih kurang. Nah, masih ada kesempatan nih buat ikut ujian bahasa Jepang N1 bulan Juni ini. Dari sekarang saya harus belajar penuh dan terus continue belajarnya. Saya juga pengen ningkatin kemampuan percakapan bahasa Jepangnya juga biar saya gak lemot kalo BOS lagi ngomong cepet. hehehe...
Kalo saya bisa dapet N1 nih, saya pengen cari job freelance. Pengennya sih job terjemahan bisa sekalian belajar juga. hehehe amin dah.

Lebih Rajin Menulis Blog
Beberapa kali vacum ngeblog, membuat blog saya isinya asal-asalan ujung-ujungnya isinya cuma curhat dan gak penting. Tapi kembali lagi ke tujuan ngeblog bagi saya adalah menuangkan isi pikiran dan ide, bukan untuk jualan. Semenjak mulai tahun 2017 saya ikut Komunitas Blogger, saya merasa kemampuan menulis saya masih jauh dibandingkan dengan blogger kenalan saya lainnya. Saya putuskan untuk memperbaiki style menulis dan komitmen untuk fashion apa yang cocok untuk saya ketika menulis. Sikap LABIL kadang suka mempengaruhi saya seperti gunta ganti template atau artikel yang berbeda dari fashion blog saya. Susah bener yaa...
Dari tahun 2017 tepatnya Bulan Desember, saya membeli domain dot com. Sumpah rasanya girang banget akhirnya blogspot saya berubah jadi dot com. wkwkwkk. Saya harus lebih sering blog walking dan belajar gaya menulis orang lain dari blogger-blogger lainnya. Kemarin ini saya dapat inspirasi dari bloggernya orang Jepang. Sueerr deh blog-blog mereka itu informasinya banyak banget. Nah, mungkin saya bisa ambil referensi menulis dari blog mereka. Saya juga kenalan sama blogger orang Jepang yang sangat mencintai makanan Indonesia dan blog-nya pun isinya semua tentang makanan Indonesia. Kebetulan doi juga tinggal di Indonesia, pengen deh ketemuan. wkwkwkwk.
Sesibuk apapun saya, akan saya usahakan terus menulis di Blog maksimal 2 minggu sekali untuk buat posting. Lama amat ya.. gak apa-apalah. Dibikin enjoy dan gak perlu terburu-buru.

Belajar Photography
Hobi ini muncul belakangan ini dan gak tahu mesti mulai dari mana. Kamera sudah ditangan dan kemampuan harus diasah. Mulai menyusup ke youtube dan cari channel seputar photography. Berhubung saya suka makanan, saya pikir kenapa saya gak foto makanan aja ya hmmm. Setelah belajar dari Youtube, saya mulai mempraktekannya dengan mendesain makanan lalu memotret makanan dengan settingan kamera saya. Hasilnya lumayan. wkwkwkwk.



Bersih dan Sehat Maksimal
Berawal dari hasil medical check up yang kurang memuaskan walaupun gak ada yang serius sih. Alhamdulihah tapi sudah jelas membuktikan bahwa pola hidup sehat saya kurang. Mulai tahun ini, saya harus berusaha untuk tetap sehat. Caranya yang saya lakukan adalah olahraga dan harus konsisten 1 minggu 4 kali harus olahraga. Membiasakan cuci tangan sebelum dan sesudah makan atau ke toilet. Cuci tangan memang sudah diajari sejak kecil sih tapi jujur saya masih cuek. Apalagi Bos saya yang selalu ngingetin karyawannya buat cuci kaki eh salah maksudnya cuci tangan wkwkwk. Lalu, jangan jajan sembarang karena belakangan ini banyak penyakit dan virus baru yang bermunculan karena makanan yang gak sehat. Setiap hari harus SOUJI, kalau dalam bahasa Indonesia artinya bersih-bersih. Rapihin kasur bekas tidur, pulang kerja langsung ngepel nyapu, pokoknya semuanya harus dalam keadaan bersih. Supaya jiwa saya juga ikut bersih dan sehat maksimal, ya gak?

Mungkin itu saja target saya untuk tahun ini, gak ditulis semuanya sih. Mudah-mudahan saya terus teguh dalam berkomitmen untuk pencapaian target di tahun 2018 ini. Masalah dan halangan akan selalu datang tapi semoga Allah SWT selalu memberikan kemudahan. Tapi saya minta di tahun 2018 ini, "NAIKIN GAJI DONK!!" wkwkwk. SEKIAN.


11 komentar:

  1. saya bisa bahasa jepang dikit dikit doang
    itupun karena sering kebanyakan nonton acara2 jepun dan anime2nya
    semoga resolusi tahun ini semua bisa terealisasi

    BalasHapus
  2. Saya juga demikian Mbak. Setelah nonton "The Nekad Traveler" saya lebih mendapat semangat baru untuk ngelakuin apa ke depan. Lebih rajin nulis blog, jalan-jalan, sukses di kuliah dan segala hal positif ke depan yang akan saya rencanakan. semoga semuanya bisa berjalan dan saya hadapi dengan mulus. Amin :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. semangat ya mas..mudah2an kita lebih diberi kemudahan

      Hapus
  3. Bersih dan sehat maksimal ini wajib nih. Biar batin juga fresh.

    BalasHapus
  4. semoga keinginannya tercapai, ya! aku juga pingin tes TOEFL lagi nih~ Dar, bisa lho sharing kehidupan guru bahasa atau buku/channel utube/app di playstore buat blajar bhs jepang di blog, pasti banyak yg penasaran :D

    BalasHapus
  5. Tetep yaa mba ujung-ujungnya naikin gaji, top dah :D . BTW keren udah N2, jadi pengen belajar bahasa jepang sama mba nya. Waktu SMK seneng banget sama jepang, tapi semakin ke sini sudah melupakan. huhu.. Baca postingan ini jadi semangat buat belajar bhs jepang lagi :)

    BalasHapus
  6. Semoga semuanya tercapai ya. Keren amat sih bisa bahasa jepang. Oh ya kameranya keren juga tuh. Nulis blognya makin rajin juga ya

    BalasHapus
  7. Semoga tahun 2018 lebih lancar mencapai target-targetnya, ya :)

    BalasHapus
  8. Wah, Daruma-san seperti boneka Daruma jepang namanya... O genki desuka?
    Bagus-bagus, lho mbak target 2018, nya... tapi tetep harapan terakhir dan utama adalah kenaikan gaji, ya hehehehe... Saya juga mau, donk!
    Kalau saya tenaga pengajar Bahasa Inggris, saya suka belajar bahasa, pernah saya belajar Nihonggo di SMA selama setahun dan saya selalu dapet great scores ya karena saya suka. Sampai nulis-nulis diary pun pakai Katakana hihihi trus punya sahabat pena orang Jepang juga. Asyique deh pokoknya...
    Oh ya kalo mbak mau mengontrol nafsu makan, berarti kebijakan kantor kan udah malah mendukung tuh untuk melarang karyawannya ngemil saat kerja? Harusnya seneng, dong.
    Arigatou gozaimasu.

    BalasHapus
  9. Semoga tagetnya tercapai

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.