Abstract Photography: Memotret Tekstur yang Menarik dari Batang Pohon Pinus

11.22
Menangkap alam melalui Fotografi adalah hal yang paling menarik. Untuk membuat foto alam, seperti memotret gerak gerik binatang, memotret pemandangan, dll, bukan hanya untuk menangkap realitas fisik saja tapi kita juga harus bisa menangkap sensasi, suasana hati, dan menangkap elemen dari objek yang kita tangkap. Baru akhir-akhir ini saya mengenal fotografi abstrak yang mungkin jarang di dengar di kalangan fotografi. Apalagi saya yang masih belajar mengenai fotografi. Saya sangat tergugah melihat beberapa foto abstrak yang ada di internet. Setiap kali melihat foto abstrak, rasanya ada suatu ruang atau waktu dimana imajinasi dari foto tersebut berjalan dengan bebas dan menciptakan perasaan yang berbeda ketika melihat karyanya. Abstrak Fotografi adalah seni yang menciptakan ruang untuk mengeksplorasi perasaan dan imajinasi yang tidak terbatas dan disinilah saya belajar.


Beberapa minggu yang lalu bertepatan dengan liburan panjang IMLEK, saya dan sekeluarga piknik ke salah satu objek wisata yang ada di kota kelahiran KUNINGAN, Jawa Barat. Kami mengeksplorasi hutan pinus yang di kenal sebagai rumah pohon yang memiliki pemandangan gunung ciremai yang nampak dekat dan jelas. Nah, disinilah saya melihat dari satu pohon ke pohon lain betapa indahnya pemandangan pohon pinus disini. Waktu itu kita datang ketika waktu pagi sekitar jam 7 pagi, kicauan burung dan kabut masih menutupi area di sekitar hutan pinus. Saya pun berkeliling menemukan objek foto yang ingin saya tangkap namun cuacanya karena sangat dingin, aktivitas mengambil foto harus saya tunda hingga matahari mulai menghapus kabutnya.









Menangkap alam dengan fotografi apalagi mencari unsur abstrak dari objek cukup sulit bagi saya dan butuh persiapan. Persiapannya pun sangat berbeda dengan pelukis abstrak yang menggunakan alat beton, cat, sikat, dan menuangkan imajinasi mereka. Bagi seorang Fotografer, kamera, sudut pandang, dan imajinasi saja yang jadi satu-satunya cara bagaimana membuat seni abstrak. Saya pun memilih objek foto dari pohon pinus ini yang bentuk batangnya sangat unik. Selain itu, warna, saturasi, garis, lengkungan, pantulan cahaya sinar matahari yang membuat komposisi dari objek tersebut menciptakan satu dimensi lain dan benar-benar unik.

Ketika mengambil foto batang pohon pinus, saya juga memperhatikan jarak dan menggunakan fokus manual. Sebenarnya banyak eksperimen yang saya lakukan ketika mencoba mengambil foto abstrak. Sangat rumit untuk dijelaskan tapi abstrak fotografi memberi kebebasan yang tidak bisa ditemukan di fotografi potret atau pernikahan. Kali ini saya juga berusaha mencari teksture batang pohon yang bentuknya tidak beraturan namun bisa menciptakan ruang untuk abstraksi.

Jika kamu menyukai dunia fotografi, kamu juga akan menyadari bahwa dunia ini penuh dengan warna, bentuk, pola, dan detail yang bisa kamu manipulasi. Melatih mata dan belajar membuka imajinasi untuk mencari potensi atau teknik fotografi yang lebih baik. Seni dalam abstrak fotografi membuat saya belajar melihat dunia dalam sudut atau cahaya yang berbeda dan saya bisa bebas mengenal dan mengubahnya sesuai keinginan sendiri.

19 komentar:

  1. Wih keren! Aku suka foto ke 3,Dar! Kayak batu karang di laut yg jernih gt 😄👍 kalo foto alam aku sukanya ambil foto matahari di sela2 pohon, ala poster j-drama /plak

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya gue jg paling suka lihat foto yg ke 3, imajinasi saya kayak lelehan lahar dari mulut monster..wkwkwk

      Hapus
  2. waaaah keren banget mba Darumaa.. fotonya aku sukaaaaa :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. thank u kakak..makasih udah mampir. hehe

      Hapus
  3. Pohon pinus bisa jadi obyek fotografi yang menarik. Cakep foto2nya mba.

    BalasHapus
  4. wah pinter jepret kamera, bagus hasilnya. boleh dong minta tutorial fotografinya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks mba. tapi saya gak berani buat tutorial krn bukan profesional

      Hapus
  5. Jenis pohon sama= pinus, tapi bisa beda kerennya begitu yakk..
    Ini yang motret yang ahli atau kameranya yang ketje..heheh

    Keren! paling suka yang ketiga

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukan keduanya sih mba, yang bagus batang pohonnya wkwkwk thanks ya

      Hapus
  6. Fotonya bagus bgt mbak 😍😍,, menurutku hal paling sulit dlm perfotoan itu menentukan angle sama kdg ngambil momen yg cepet huhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. masih belajar ngambil angle yang tepat buat nangkap objek.

      Hapus
  7. wah teksturnya tampak ya, keren abnget fotonya

    BalasHapus
  8. Bagus ya mba... Kadang obyek2 gitu nggak terpikirkan lho mba. apalagi kayam saya yang nggak ngerti dunia fotografi..

    Thanks mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenernya objek abstrak itu bebas. Kayak tumpukan piring aja bs jadi abstrak

      Hapus
  9. Makin keren aja foto2 nya mbak daruma
    Sering hunting ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. boro-boro mas. sempet jg kemaren hari libur. wkwkwk

      Hapus
  10. Eh iya. Aku juga suka motret batang pohon, lumut di dinding, tekstur dinding dsb. Keren aja. Bagus juga buat dijadiin bekgron tulisan :)

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.