Photo Challenge @Store

12.57
Halo sahabat blogger. Hari kerja tinggal besok nih, gak kerasa udah kamis aja. Akhir-akhir ini jarang sekali hujan dan alhamdulillah setiap hari selalu cerah. Mudah-mudahan aktivitas kita juga lancar ya. Akhir pekan ini mau jalan kemana nih? Kayaknya semua orang mau pergi kemana aja gak masalah asal selalu ada PONSEL. Bicara soal ponsel, tidak perlu diragukan lagi karena hampir seluruh kalangan memiliki ponsel pintar yang selalu bisa mengabadikan momen kapan saja dan dimana saja dengan mudah dan cepat. Apalagi zaman now itu kalo gak update di sosial media kayaknya primitif banget wkwkwkwk. Bagi pecinta photography pun sama selalu ada kamera kemana pun mereka pergi. Biasanya orang akan mencari spot bagus untuk mengabadikan moment istimewanya melalui ponsel atau kamera. Memilih lokasi untuk photoshoot adalah bagian terpenting selain kelengkapan kamera yang harus dibawa. Bahkan mengambil lokasi pemotretan di tempat umum juga ada yang harus diperhatikan. Meskipun memotret di tempat umum, kita tidak boleh sembarangan karena kemungkinan objek yang kita foto bisa menyinggung orang lain atau melanggar privasi. Kali ini saya mencoba mengadakan photo challenge bersama ponakan saya yang kece badai ini untuk berpose di sebuah pusat perbelanjaan. Kalo dibilang iseng sih iya, tapi menurut saya memotret di sebuah toko cukup menarik untuk dicoba. Disini tidak ada tulisan atau peraturan dilarang memotret sih tapi setidaknya kita tetap harus meminta ijin kepada pihak untuk memotret. Saya pun menggantungkan kamera poket saya dan menemui salah satu petugas di pusat perbelanjaan tersebut dan alhamdulillah saya diizinkan untuk memotret. Walaupun sudah mendapatkan izin, kita tetap tidak boleh memotret wajah orang lain tanpa izin ya guys. Setidaknya saya lebih fokus kepada pose dari ponakan saya.

Curcol dulu soal ponakan saya nih. Ponakan saya terutama yang cewe ini bercita-cita ingin menjadi artis atau model. Walaupun agak centil tapi saya salut karena prestasi sekolahnya selalu bagus. Ketika kamera sudah posisi on, tanpa ada intruksi pun mereka langsung berpose. wkwkwkwk bikin geleng-geleng kepala deh. Memilih lokasi yang tepat untuk memotret di dalam toko agak susah juga sih. Pertama, karena modelnya anak-anak pasti kita harus memilih lokasi foto dengan item produk yang berhubungan dengan kesukaan anak-anak. Kedua, pusat perbelanjaan adalah lokasi yang ramai jadi agak sulit untuk memotret karena jika ada wajah orang lain yang kita foto kemungkinan kita melanggar privasi. 

Saya sharing sedikit mengenai apa saja yang perlu diperhatikan ketika memotret di dalam Super market. Pertama, mintalah izin terlebih dahulu sebelum melakukan pemotretan jangan asal jepret ya. Jika memang ada tanda dilarang menggunakan kamera maka sebaiknya jangan dilakukan. Kedua, sebaiknya tidak menggunakan flash yang ada dikamera karena sinar dari flash kemungkinan bisa mengganggu pengunjung supermarket. Ketiga, gunakan mode auto atau sport. Di kamera yang saya gunakan terdapat mode sport yang bisa memotret 10 atau 20 kali dalam satu kali tekan. Jika menggunakan mode manual akan sangat sulit mengatur setingan ISO atau apperture dengan cepat karena banyak pengunjung yang berlalu lalang di dalam toko. Keempat, pilih item atau aisled di dalam toko yang menarik atau menyesuaikan dengan model yang ingin kamu ambil. Kelima, supaya mempermudah pergerakan kamera sebaiknya gantungkan kamera di leher.

Bicara soal item yang disuka anak, saya langsung kepikiran dengan alat tulis. Anak-anak akan menampilkan ekspresi lebih natural karena melihat berbagai macam alat tulis yang lucu. Akhirnya saya mendapatkan foto yang saya inginkan disini. Puas rasanya melihat foto ini.


Foto kedua ini diambil di item sport yang ponakan saya sukai. Ponakan cowok saya yang paling kecil sontak berlari memilih bola yang disukai. Moment ini berhasil saya abadikan dan gak sabar ingin saya post di blog saya. Saya bermain dengan saturation dengan menambahkan warna yang dominan dengan foto yang saya ambil. 



Foto ini diambil di aisled elektronik. Saya lihat anak-anak berdiri di depan Background yang menarik. Mereka pun langsung mengarah ke kamera dan jeprettt, ekspresi spontan ponakan laki-laki saya bisa diabadikan dengan kamera.

11 komentar:

  1. yang cita2 jadi artis/model yang mana? yang ijokah? cocok sih hihi..

    -Traveler Paruh Waktu

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang baju kotak-kotak sebenernya hehehe

      Hapus
  2. iya emamg etikanya kita ga bole potret orang sembarangan y mba tp skrg sih ada hal ganjil lsg cekrak cekrek pdhl yo izin dulu..
    Btw lucu juga y foto ditempat perbelanjaan gini btw ponakannha yg pgn jd model yg pke baju ijo kah mb?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kayaknya di indonesia mah dimana aja gak dipermasalahin wkwkwk
      tapi tetep lah harus jaga privasi ya mba.

      Hapus
  3. Cita-citanya kekinian banget ya, Teh..hehe
    Bener kata teh Herva lucu foto ditempat perbelanjaan gini, unik jarang aja gitu :D

    BalasHapus
  4. Keren banget, Mbak..Kapan kita kopdaran nanti kumau difoto hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. mau juga donk dilukisin..entar gantian hihihi

      Hapus
  5. Foto ponakkan cowoknya centil juga posenya hehehe...:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. harus disogok dulu mba kalo yg cowo. hihi

      Hapus
  6. Bener, kalau mau foto memang izin penting ya. Ini keren loh mba fotonya

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.