Pilih Soun atau Bihun? Kenali Perbedaannya

11.26


Kamu suka makan mie? Siapa sih yang gak suka mie? Mie adalah salah satu bahan makanan pengganti nasi yang mudah diolah yang disukai banyak kalangan. Mie memang banyak jenisnya, bisa mie instan, soun, bihun, soba, kwetiau, mie telur, mie kriting, mie gepeng, dan masih banyak lagi. Bahan dasar mie juga berbeda beda guys, ada yang terbuat dari tepung terigu, tepung kacang, tepung beras, Kali ini saya mau bahas salah satu jenis mie yang sudah tak asing lagi, yaitu Mie SOUN dan BIHUN.

Pernah gak sih makan bakso? Pasti pernah dong. Biasanya dalam kuah bakso pasti ada mie nya. Biasanya ada penjual bakso yang menghidangkan bakso dengan menggunakan campuran mie soun atau bihun atau bisa juga dua-duanya. Entah sejak kapan, kalo makan bakso pasti lebih memilih mie soun daripada bihun. Saat pindah ke Jakarta, kalau pergi makan bakso jarang ada yang mmenyediakan mie soun hmmm kenapa ya? Mungkin ada tapi jarang. Dilihat dari sekilas, kedua mie ini terlihat sama, dua-duanya berwarna putih dan lembut ketika dikunyah. Namun, ternyata ada perbedaannya loh. 



Sebelumnya kita cari tahu terlebih dahulu apa itu Soun dan Bihun. 
Soun adalah salah satu jenis mie yang terbuat dari pati kacang hijau, kentang, ubi, atau singkong yang memiliki tekstur licin setelah dimasak. Mie soun cocok untuk dimasak untuk campuran kuah sup, tumisan, atau isian pastel. Karena mie ini snagat lunak jadi tidak perlu direbus atau dimasak, cukup direndam dengan airpanas mie bisa disajikan. Gampang kan?

Sedangkan Bihun adalah salah satu jenis mie yang terbuat dari tepung beras yang teksturya lunak dan warnanya putih bersih dan lembut. Mie bihun mudah sekali matang tanpa harus direbus. Mie ini cocok untuk dibuat sup atau bihun goreng.

Perbedaanya terletak pada teksturnya. Meskipun sama-sama berwarna putih bening dan lunak, tekstur bihun tidak selicin soun. Untuk memasak soun maupun bihun cukup direndam dengan air mendidih beberapa menit hingga melunak dan bisa langsung diolah menjadi tumisan atau gorengan. Jika ingin memasak sup, mie tidak perlu dimasak terlebih dahulu dan cukup di masukan ketika mengolah sup. Kedua mie ini memang sangat mirip, tapi setiap orang pasti punya selera masing-masing. Seperti saya yang suka makan bakso dengan menggunakan mie soun dibandingkan dengan bihun. 

Dilihat dari kandungan gizinya, mie soun memiliki kandungan 351 kalori, 0,06g lemak, 86g karbohidrat, dan 0,16g protein dalam 100 gram soun. Sedangkan mie bihun memiliki kandungan 364 kalori, 0,56g lemak, 83g karbohidrat, dan 3,44g protein. Dilihat dari kandungan gizinya, mie soun kandungan kalori, lemak, dan karbohidrat yang lebih rendah dibandingkan dengan mie bihun. Sedangan kandungan proteinnya, mie bihun jauh lebih banyak dibandingkan dengan mie soun. Keduanya memang cocok dijadikan menu sehat apalagi buat kamu yang sedang diet.

So, kamu lebih suka mana Bihun atau Soun?

12 komentar:

  1. yang lebih licin itu yang soun ya ?
    saya lebih suka soun dari pada bihun.. lebuh 'lurus' hehe

    BalasHapus
  2. Kayaknya saya jg belum bisa bedain soun dan bihun ini mbak. Sama2 putih 😂😂

    BalasHapus
  3. Haduh,, susah juga ya bedainnya.. Aku mah makan saja lah

    BalasHapus
  4. aku jarang masak soun Mbak, seringnya bihun jagung, enak

    BalasHapus
  5. Gua baru tau ckck, trims yah hehe

    BalasHapus
  6. wah tetep susah bedain aku mah haha.. soalnya aku juga #teambaksotanpamie :D :D

    -Traveler Paruh Waktu

    BalasHapus
  7. dulu pertama masak soun, aku rebus hahaha, gak tau ternyata cukup tuang air panas

    BalasHapus
  8. Aku juga kalo makan bakso lebih memilih soun, apalagi soun biru. Mantep banget kalo dicampur bakso, sayang di Jakarta jarang banget nemuin soun biru. Hiks :(

    BalasHapus
  9. Pantesan kalau makan bakso terkadang mie putih nya ada yang berstekstur lembut sekali ada yang tekstur tidak terlalu lembut entah apa itu bihun atau soun, yang jelas keduanya saya suka he he sampai sekarang tidak bisa membedakan keduanya.

    BalasHapus
  10. Saya suka soun, lebih lumer dan lembut...:)

    BalasHapus
  11. suka dua-duanya, tergantung dimasak apa :)

    BalasHapus
  12. Tim bihun sayaaa...lembut dimakannya :0

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.