5 Japanese Snacks yang Terkenal Sebagai Oleh-oleh dari Jepang

19.02

Sudah sekian lamanya akhirnya bisa review snack jepang yang unik-unik ini. Beruntung lah bagi saya yang bisa bahasa Jepang dan masih bisa mencari snack jepang yang halal. Meski gak ada label halal, kita bisa check dari komposisi yang ada disetiap kemasan snack impor. Yang paling penting dari dalam komposisinya tidak mengandung babi, alkohol, dan sake. 
Diantara snack di bawah ini cukup terkenal di Jepang dan merupakan pilihan oleh-oleh yang kekinian bagi wisatawan yang sudah berkunjung ke Jepang. 

UMAIBOU うまい棒


Umaibou adalah snack stick Jepang yang dari namanya terdiri dari kata 'bou' yang berarti batang dan 'umai' berarti enak. Jadi, kalau diartikan ke dalam Bahasa Indonesia umaibou berarti snack stick yang enak. Snack ini mirip seperti snacknya momogi yang mungkin tidak asing buat kalian yang penikmat snack. Umaibou ini pertama saya lihat dari salah satu YouTuber asal Jepang yang menperkenalkan snack favoritenya lewat videonya. Kamu bisa tonton di bawah ini:



Gila saking sukanya sama umaibou langsung beli umaibou dan memenuhi seisi kamarnya hajime wkwkwk. Snack ini enak dan varian rasanya banyak. Perlu hati-hati ya selalu kiat komposisi sebelum makan snack ini karena tiap rasanya ada kandungan nonhalal. Kebetulan saya dapatnya yang rasa jagung bakar dan aman hehehe.

UNAGIPAI うなぎパイ

Unagipai terdiri dari kata 'Unagi' yang berarti Belut dan 'Pai' yang berarti pie. Bayangin snack dari belut terus dijadiin pie! Kayak gimana ya rasanya? Makin penasaran dan setelah dicoba ternyata sama sekali gak ada rasa belutnya justru rasanya manis sama seperti genjipie. Enak terus gak cukup kalo makan satu hahaha.

TOKYO BANANA 東京ばな奈



Snack ini sempat jadi perbincangan di Jepang dan jadi snack oleh-oleh yang terkenal di Jepang. Padahal kelihatannya cuma bolu dengan cream pisang didalamnya seperti kue sus. Tapi apa ya yang buat snack ini jadi istimewa? Ternyata dari nama snacknya lebih tepatnya kanji 奈 yang dibaca 'Na' ini yang mewakili cita rasa sponge cake ini yang lembut seperti anak perempuan yang lucu. Bener-bener lembut dan krim pisang meleleh lembut dimulut. Unik ya..

Banyak perbincangan soal snack ini yang katanya non halal karena mengandung gelatin dan alkohol. Memang benar produk ini mengandung gelatin tapi bukan dari babi tapi dari kulit sapi. Memang benar mengandung alkohol tapi tidak memabukan. Saya juga baca artikel yang bisa kamu baca disini. Yang menyatakan bahwa sebuah makanan tidak tergolong khamar meskipun ada alkoholnya (baca kutipan fatwa MUI NO 4/2003 tentang Pedoman Produk Halal). Jadi gak apa apa kan, hehehe.

SHIROI KOIBITO 白い恋人



Cookies yang sudah populer selama 40 tahun ini berasal dari Hokkaido. 'Shiroi' yang berarti putih dan 'Koibito' yang berarti kekasih yang bisa diasumsikan bahwa kisah dari wilayah bagian utara Jepang yang sampai sekarang masih dicintai. Salah satu produk dari ISHIYA ini menciptakan Cookies bergaya eropa yang dilapisi dengan white chocolate atau dark chocolate yang enak. Kemasannya juga paling baru dan mudah sekali untuk dibuka. Selain gambar salju yang melambangkan hokaido yang dingin, di kemasanya juga terdapat peta hokkaido kecil. Rasanya gak terlalu manis dan sangat populer sebagai produk oleh-oleh yang sekarang bisa dijumpai di toko oleh-oleh di bandara. 

HOWAMIRU


Kamu yang sudah pergi ke Jepang pasti pernah melihat dan merasakan salju kan? Bagi kalian yang belum merasakan salju, snack crackers yang satu ini bisa memberikan sensasi dinginnya salju. Dari namanya cukSnack crackers ini terbuat dari tepung beras yang diselimuti krim susu yang enak, rasanya gurih manis dan sedikit ada mintnya yang terasa seperti makan salju hehehe. Icon boneka salju di Kemasan Howamiru cukup terkenal di Komunitas pecinta snack Jepang. Iconnya ini sampai dibuat komiknya juga loh, kamu bisa check di tweeternya @howamiru810. Selain enak dimakan langsung, snack ini juga bisa dikombinasikan dengan ice cream atau parfait. Yummy~

Ok, mungkin hanya itu saja yang bisa saya share kali ini guys. Saya gak pernah bosen dan bakal terus share lagi seputar hal unik tentang Jepang. Mudah-mudahan diantara snack di atas bisa kamu jumpai di Indonesia ya. See u next time, mata ne ^_^

12 komentar:

  1. Enak semua kayaknya, pengen tak comot semuaaaa. Pengen beli semuaaa. Kapan bisa ke jepang? Huhuhu

    BalasHapus
  2. Semuanyaaa enak kayaknya ya.. Tapi sebagai orang yg belum pernah ke Jepang aku jadi tertarik banget sama howamiru. Setidaknya walaupun belum merasakan salju di Jepang, sudah merasakannya melalui lidah. Wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cuma umpama doang...
      Rasanya gurih sama manis dingin gitu hehe

      Hapus
  3. Tokyo banana sih yang paling aku nantikan klo ada temen yang ke jepang😂😂😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa nitip ya mba..oleh-oleh paling mantep dari jepang.hihih

      Hapus
  4. Howamiru kelihatan menjanjikan, Tokyo Banana terlihat lebih menggoda. Pengin icip tapi harus ke Jepang dulu :( huhuhu.
    Kalau untuk ramen dan mi instan asal jepang gitu ada engga sih yang enak, halal dan dijual di Indonesia? Kapan-kapan tolong di review ya :( lagi pengin makan ramen instan nih soalnya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi pengen mie ramen instan jg hehehe. Banyak kok yang udah ada sertifikat halalnya.
      Kapan kapan saya review ya

      Hapus
  5. tokyo banana enak tu. pernah coba

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.