Lokasi dan Wahana di Batu Secret Zoo

14.10
Jalan-jalan ke Kota Malang

Jangan lupa mampir ke Batu
Kalau ada waktu luang
Yuk, liat kawan di Batu secret zuu...


Siang-siang gini belajar pantun wkwkwkwk. 

Siang guys. Tolong catat ya tanggal 11 September adalah tanggal 1 Muharram dan hari libur kejepit di hari selasa. Ini kesempatan emas banget buat kamu yang mau traveling, guys. Berangkat hari sabtu dan ambil cuti di hari senin adalah planning yang asyik buat liburan.
Liburannya harus kemana ya...

Kalau liburan bareng anak-anak sekeluarga, gimana kalau ke Kebun Binatang? Saya rekomendasikan untuk mengunjungi Kebun Binatang yang beda dari yang biasanya nih, guys. Kayaknya jalan-jalan panas dan jauh cuma liat gajah dan jerapah aja kayaknya kurang seru ya. Kalau kamu liburan ke Malang, jangan lupa dateng ke Jatim Park 2 yang ada di Daerah Batu. Tempat wisata ini menyediakan wahana kebun binatang yang dibangun dilahan seluas 14 hektar. Konservasi satwa modern ini ditujukan bagi pengunjung yang ingin melihat dari jarak dekat berbagai satwa yang habitatnya tersebar dari seluruh dunia. So, jadi gak ada cerita jalan jauh dari sana kesini bikin pegel kaki gitu yeee. Keamanannya juga sangat terjamin, setiap area pemeliharaan satwa selalu dijaga beberapa staf terutama area reptile yang mungkin bisa membahayakan pengunjung. Selain itu, setiap tahunnya kebun binatang ini semakin diperluas dan menambah koleksi satwa begitu juga pemeliharaannya sehingga Jatim Park 2 turut membantu melestarikan satwa yang hampir punah. Di area seluas ini, saya dikejutkan kembali dengan museum yang sangat luas yang didalamnya ada berbagai sejarah satwa dan kerangka satwa langka yang sudah punah. Wawww Jatim Park 2 ini memang wahana petualangan yang paling seru buat kamu pecinta hewan.


Meskipun hari itu matahari cukup terik tapi Kota Malang masih memberikan angin sepoy-sepoy yang menyejukkan. Pengunjung yang datang dari luar kota maupun wisata asing selalu berdatangan. Namun sayang area parkir menurut saya kurang cukup luas dan fasilitas toilet hanya beberapa saja terutama di dalam area kebun binatang. Saya harap kedepannya Fasilitas Jatim Park 2 semakin dikembangkan lagi.

Sebelum memasuki wahana, saya beli tiket dulu yang tersedia paling depan. Tersedia berbagai jenis tiket yang bisa mengunjungi 2 wahana sekaligus dan dari segi harga menurut saya sangat terjangkau dibandingkan dengan kebun binatang lainnya. Fasilitasnya sudah lengkap dan wahananya pun ada banyak. Jadi gak perlu bingung lagi, saya pilih untuk mengunjungi Museum Satwa dan Batu Secret Zoo. Udah gak sabar pengen berpetualang untuk mencari tahu kehidupan para satwa disana...





Batu secret zoo menyediakan beberapa area habitat satwa yang menakjubkan, diantaranya: Tiger Land, Reptile Garden, Zona Aquarium, Monkey Island, Noctural House, Savannah, Zona Secret Zoo, dan masih banyak lagi. Di area yang luas ini juga tersedia fasilitas area bermain anak-anak, seperti bermain octopus, farm area, waterpark, wahana permainan happyland, willy laro show, river adventure, dan asyik melihat bayi binatang yang lucu di Baby Zoo. Wahh dijamin deh gak bakal lepas dari kamera ponsel kamu buat potret pemandangan dan kelucuan binatang dari jarak dekat.
Saya juga merekam moment si beruang coklat yang imut ini loh, agak takut juga sih karena deket banget tapi banyak juga pengunjung san anak kecil yang ikut foto si beruang langka ini.



Zona aquarium juga banyak sekali hewan air yang baru pertama kali saya lihat bahkan ada beberapa yang bisa aaya sentuh langsung. Tahu gak sih ternyata di Zona aquarium ini ada lebih dari 63 spesies hewan air loh. Selain itu gak cuma foto dan nyentuh hewan air saja, kita juga bisa ikut berfoto seakan-akan kita berenang dalam aquarium. Area aquarium ini ceritanya ada di bawah tanah jadi gelap makanya harus siap-siap setting camera kamu biar dapetin foto terbaik di tempat gelap. Salah satunya adalah kura-kura, lobster, dan belut laut yang ukurannya besar-besar. Hehehe


Melihat berbagai spesies monyet dari yang paling besar sampai squirrel monkey yang habitat aslinya ada di hutan Amazon. Lalu ada banyak anjing laut, rubah, bunglon, dan berbagai macam spesiea burung. Salah satunya adalah cuban lesser falmingo yang warna bulunya sangat indah dan mereka senang bergerombol. Kalo dikasih makan pada teriak dan suaranya berisik banget hehehe.





Next, kura-kura Sulcata yang berasal dari Afrika. Kura-kura yang berumur panjang ini bisa mencapai berat 37 kg loh wadooohhh kayak berat badan ponakan saya nih. Karena hidupnya di padang rumput atau savana, si sulcata ini hidup dengan makan kaktus atau rumput dan kalau terus sehat bisa hidup sampai 70 tahun.. kakek kakek yaaa hmmm.


Yang paling susah itu foto jerapah, saya pikir Jerapah itu diem ehh pas mau ambil foto kayaknya doi malu dan kepalanya gerak sana gerak sini susah deh fotonya. Bagi kamu yang mau foto sama burung langsung, disini juga ada event atau show untuk beberapa jenis spesies burung. Salah satunya burung kakaktua, yang cantik ini. Jujur, baru pertama kali saya pegang burung kakak tua secara langsung. Mereka ramah dan suka ngobrol wkwkwkwk dan selalu pengen eksis kalo difoto.


Kita beralih ke binatang yang agak ekstrim. Kita menuju ke Zona Noctural House yang berisi banyak reptile langka dan dilindungi. Agak serem sih tapi tetep aman karena mereka disimpan dalam tabung kaca besar kayak gini, seperti spesies ular dan kadal. Salah satunya adalah Chinese water dragon, sejenis kadal berekor panjang yang berasal dari China. Mereka aktif disiang hari dan mampu berenang cepat saat ada predator. Keistimewaannya adalah dia memiliki mata ketiga yang mampu memelihara suhu tubuh.


Yessss, ini dia yang paling menegangkan!
Beralih ke binatang besar dan kita memasuki Tiger Land yang berisi binatang buas dan berbahaya. Jangan khawatir, mereka hidup dalam ruangan berkaca yang luas jadi kita masih bisa melihat dari dekat. Harimau dan singa si raja hutan ini rata-rata berasal dari Afrika. Ada juga singa putih yang bukan berarti singa albino, kulitnya yang putih berasal dari gen resesif atau mutasi gen yang mengakibatkan albino. Selain itu, harimau dari Sumatra juga ada loh san kamu juga bisa melihat bayi harimau yang lucu-lucu.


Kecewa dikit soalnya saya gak bisa foto singa dan harimau dengan lebih dekat lagi. Kalau saja mereka duduk di tempat yang tidak jauh dari kaca, mungkin saya bisa dapat foto yang lebih bagus lagi. Itu tandanya, saya harus balik lagi nih kesini hehehe.
Next, kita pergi ke Afrika dan Amerika selatan yang disebut Zona Savannah. 


Satwa yang ada di Zona Savannah ini benar-benar sangat unik, seperti zebra, gajah, spesies unta, dll. Salah satunya yang berasal dari Amerika Selatan yang disebut Alpaca, sejenis unta yang sengaja dikembangbiakkan bulu dari alpaca untuk dibuat selimut, kaus kaki, dan sweater. Alpaca hidup di dataran tinggi dan makan jauh lebih sedikit darioada hewan yang seukuran dengan tubuhnya. Lalu ada zebra yang berasal dari Afrika, mungkin sudah familiar ya di Indonesia. Namun, tubuhnya dan corak kulitnya yang indah masih tetap jadi primadona.
Selanjutnya, hewan yang memiliki tanduk yang panjang dan runcing disebut Scimitar Horned Oryx yang berasal dari Afrika Utara. Hewan ini hidup di gurun pasir dan makan rumput atau buah-buahan hanya sehari 2 kali saja. Habitat mereka hampir punah karena perubahan iklim, kekeringan, dan perburuan ilegal.

Sebenernya masih banyak satwa yang ingin saya bahas disini, tapi kayaknya terlalu panjang hahaha kayak novel jadinya. Oh iya, Batu Secret Zoo juga menyediakan fending session dan education show. Pengunjung bisa lebih dekat dengan satwa atau becengkrama dengan satwa dengan dibantu pemandu kebun binatang. Selain itu, pengunjung bisa ikut education show atau pertunjukan dimana bisa mendapatkan informasi mengenai satwa bersama pemandu. Foto bersama burung kakak tua, flamingo, gajah, tapir, baby zoo, dll cukup mengeluarkan kocek dari 5.000 - 10.000 rupiah saja. Session Asian Elephant exhibit dan Bengal Tiger show secara gratis bisa dinikmati pengunjung di pukul 11:00 WIB dan pukul 15:00 WIB sore pada weekend. Namun sayang, saya sewaktu kesini gak bisa ikut session karena waktu saya di Malang terbatas. Mudah-mudahan bisa kesini lagi kalo liburan hehe.

Bisa berkunjung ke Museum Satwa dan Batu Secret Zoo ini sungguh petualangan yang sangat berkesan. Gak rugi jauh-jauh datang dari Jakarta kesini cuma mau liat kembaran saya wkwkwk. Mau ikut berpetualang seru juga disini, yuk berkunjung ke Jatim Park 2 yang buka setiap hari mual pukul 10.00 sampai 18.00 WIB untuk hari biasa dan kalau bulan Ramadhan buka mulai pukul 09.00 sampai 17.00 WIB.  Jangan lupa ajak teman dan keluarga kamu, semakin ramai semakin seru kan?
Oke deh sampai sini dulu, thanks for read this post. See u later...

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.