4 Spot Instagramable di Bandung yang harus Kamu Kunjungi

Jalan-jalan ke Bandung rasanya gak cukup kalo cuma sehari. Kota yang merupakan salah satu kota metropolitan terbesar di Jawa Barat ini memiliki banyak sejarah dan tempat wisata instagramable yang wajib kamu kunjungi. Tahun ini saya berkesempatan berkunjung ke Bandung dan ini adalah pertama kalinya tempat kerja saya mengadakan outing ke Bandung. Kalau setiap tahun ada event begini, saya makin betah deh dan makin sering buat traveling lagi. Kita semua melakukan planning, dari mulai akomodasi sampai destinasi yang akan kita kunjungi membutuhkan waktu satu minggu baru bisa ditentukan.


photo by REZA
Yang namanya jalan-jalan pasti gak mau bawa barang yang banyak dan gak mau ribet. Untungnya cuma dua hari, jadi kita gak perlu bawa barang bawaan yang banyak dan makanan pun gak usah dipikirin karena sudah ada yang mengatur. Supaya gak ribet, kita menyerahkan semua kegiatan perjalanan wisata kali ini kepada salah satu agen pariwisata yang ada di daerah Depok. Enaknya, kita gak perlu bingung karena semuanya sudah dijadwalkan oleh pihak agen pariwisata. Kalau gak enaknya, kita gak bisa bebas berlama-lama disuatu tempat karena semuanya sudah dijadwalkan dan kalau tidak mematuhi aturan kemungkinan kita akan ditinggal wkwkwk.

Baca juga: My Trip in Malang

Alhamdulillah, semuanya berjalan lancar. Ya, meskipun cuaca dihari ke dua sangat tidak mendukung. Destinasi yang kami kunjungi ketika di Bandung, diantaranya: Dusun Bambu, The Lodge Maribaya, Farm House, dan Floating Market. Keep your camera on the hand and capture your moments. Gak ada waktu buat duduk dan santai-santai atau berlama-lama disana karena di setiap destinasi yang dikunjungi begitu luas dan pasti buat kamu betah berlama-lama disana kecuali JOMBLO hehehe. Yeah, you  know guys! Yang bawa pasangan kesini gak bisa saya hitung. Kurang kerjaan juga ngitungin pasangan disono, yang ada JOMBLO lah yang bisa dihitung termasuk saya! hiks.

Lupakan soal JOMBLO! Saya seneng banget karena salah satu teman sekantor saya suka banget dunia Photography. Saya juga suka banget yang namanya foto dan jadilah kita satu team dan rela meninggalkan yang lain cuma buat cari spot instagramable yang ada di setiap destinasi. 

"Darma, kemana aja sih, lo! Maen kabur aja bukannya fotoin kita buat dokumentasi." protes emak-emak yang pengen difotoin.

Begitulah yang terjadi dan akhirnya saya lupa daratan kalo udah nemu spot foto yang keren. Berikut ini beberapa spot instagramable yang bisa jadi referensi buat kamu yang suka foto dan uptodate jadi selebgram, Yuk disimak!

1.  Dusun Bambu


Kaum milenial pasti udah gak asing dengan objek wisata yang ada di Lembang. Yup, destinasi yang bisa lebih mendekatkan kamu dengan alam salah satunya adalah Dusun Bambu. Suasana pedesaan dan ladang sawah yang membuat kamu bisa refreshing sambil menghirup cuaca yang sejuk. Pepohonan yang rindang dan pohon bambu yang sangat unik membuat saya tidak tahan untuk tidak mengambil gambar.

Semakin jauh kita keliling, saya juga menemukan jembatan gantung yang mengeliling pepohonan dan sangat unik. Cuaca yang mendung membuat sinar matahari menembus diantara pepohonan sehingga efek cahaya menjadi cantik dan bisa dapetin foto yang menurut saya cukup keren hanya dengan kamera poket.



2. Rainbow Garden di Floating Market.


Salah satu objek wisata di Lembang ini sekaligus jadi tempat berburu oleh-oleh khas Bandung. Disini ada satu taman yang namanya Rainbow Garden. Sebuah taman bunga yang luas layaknya taman di Luar Negeri. Tidak hanya belanja oleh-oleh, kita juga makan-makannan yang ada di pinggiran danau apalagi disaat cuaca yang dingin. Meskipun cuacanya sangat tidak mendukung, kita bersikeras untuk mengunjungi rainbow garden dan challenge untuk memainkan kamera kita dengan mencoba teknik dalam fotografi yang namanya levitasi. Maklum lah, saya masih pemula jadi hasil levitasinya tidak begitu kelihatan. Thanks to Aisya yang mau jadi model gratis saya hehe.

photo by Reza


Selain itu, kamu juga bisa menciptakan potret photo seperti di bawah ini. Langsung upload deh ke instagram dan kemungkinan kamu bisa jadi selebgram karena objek foto kamu yang kece-kece. Buat kamu yang mau kesini, cukup bayar tiket Rp. 15.000 dan sudah termasuk free drink voucher yang bisa kamu tukarkan setelah membeli tiket. Ada beberapa spot atau wahana yang dikenakan tarif lagi seperti naik perahu dan spot rainbow garden ini. Kamu harus membeli koin sesuai dengan kebutuhan kamu untuk membelanjakan sesuatu di area Floating Market. Karena kalau beli makanan atau masuk wahana, kamu bisa beli dengan koin yang sudah kamu tukarkan sebelumnya. Kalau kamu mau berkunjung ke Rainbow garden, kamu cukup menyerahkan koin dengan harga Rp.10.000 tanpa ada batasan waktu. Puas-puasin deh foto-foto di taman bunga dan melihat pemandangan kota Bandung dari atas. WOW..



Jangan cuma foto-foto nih, guys. Kita juga harus mentaati peraturan yang ada di Objek wisata. Jangan sampai kita menginjak-injak tanaman, memetik bunga seenaknya, atau bahkan membuang sampah sembarangan. Jadilah traveler yang peduli terhadap lingkungan sekitar. Rasanya belum puas jeprat jepret karena taman bunganya sangat luas. Hujan mulai turun dan akhirnya kita terjebak di tenda yang ada di taman. Kamera dan baju udah basah dan terpaksa kita kembali ke spot pertama untuk kumpul dengan yang lain. Waktu yang terasa sangat singkat tapi sangat memuaskan.

3. The Lodge Maribaya
Ini salah satu tempat favorite saya karena disini ada banyak banget spot photo dengan background pemandangan pegunungan yang keren banget. Selain itu, kamu juga bisa merasakan bagaimana asyiknya naik balon udara, merasakan bagaimana rasanya naik sepeda di atas tali besi, dan duduk di ayunan dengan ketinggian yang buat kamu jantungan, dan masih banyak lagi. Jalan menuju Maribaya cukup menantang, jalanannya naik turun dan berbelok dengan pemandangan lereng bukit yang indah. Kayaknya kalau mau kesini sepertinya harus bawa kendaraan karena meskipun ada angkutan umum tarifnya juga mahal. Dari tempat parkir kendaraan sampai wisatanya ada akses jemputan menggunakan angkot yang sudah termasuk dari tiket masuk wisata. Sepanjang jalan dalam angkot, ada gerai-gerai tempat penjualan aksesoris, seperti topi, tas, makanan, gantungan kunci, dan lain-lain. Setelah melewati pintu masuk, kita harus menuruni anak tangga yang bisa buat kamu kurus kalo jalan pulang. Namun, rasa lelah naik turun tangga terbayar dengan pemandangan hijau yang indah. Selain itu, saya merasa ngeri juga saat ada pengunjung yang naik wahana sepeda melayang dengan jempatan tali besi diatas ketinggian yang lumayan bisa buat kamu jantungan. Berhubung saya masih sayang nyawa saya dan nyali saya yang masih cetek, akhirnya saya naik balon udara saja dengan tarif Rp. 20.000. Photografer juga tersedia dan siap memotret kita kapan saja dari kejauhan. 


Spot foto gratis juga ada banyak, seperti taman-taman kecil dengan pemandangan yang mempesona dan bingkai-bingkai berbentuk hati yang terbuat dari besi dengan background lereng perbukitan yang hijau. Wah pasti romantis banget ya. Berhubung di hari libur ini pengunjungnya sangat ramai, untuk naik balon udara, sepeda layang, dan spot berbayar lainnya sangat diminati pengunjung jadi pengunjung harus tertib mengantri ya. Ketika sedang mengantri di spot balon udara, ada kisah lucu terjadi. Biasalah ada beberapa pengunjung yang seenaknya menyerobot antrian, katakanlah mereka sekelompok ibu-ibu sosialita dengan pakaian seragaman. Tiketnya cuma satu tapi sekelompok emak-emak ini, ingin foto satu grup dan gak mau antri dan bayar tiket lagi. Otomatis pengunjung yang lain murka dan meneriaki mereka supaya turun dari balon udara. So, tetap harus mengantri dengan tertib ya guys dimana pun kalian berada. 

Sebenarnya, saya pengen banget naik kuda dan ini adalah cita-cita saya yang belum terwujudkan. Di Maribaya ini juga ada wisata naik kudanya tapi apalah daya waktu tidak cukup untuk berkeliling dengan kuda. Suatu hari nanti, saya ingin balik kesini lagi untuk mewujudkan cita-cita saya untuk naik kuda meskipun pangerannya tak ada. hehehe. Jalan menuju keluar Maribaya pun cukup melelahkan karena kita harus menaiki anak tangga yang lumayan panjang. Setelah keluar, jangan lupa transfer foto-foto kamu saat menaiki wahana di gerai foto Maribaya dengan membayar Rp.10.000 per fotonya. Kalau foto kamu kebanyakan, kamu juga bisa memilih foto mana saja yang ingin kamu transfer ke HP kamu. Kamu juga bisa menukarkan voucher gratis minum susu atau kopi yang kamu terima saat membeli tiket dan kamu bisa bersantai sejenak sambil memilih foto mana yang kamu inginkan.

4. Farm House


Masih di pusat objek wisata kekinian di Lembang. Next, kita berkunjung ke Farm House dan sekaligus mau nyobain susu khas lembang. Tiket masuknya Rp. 30.000 sudah termasuk parkir mobil dan free voucher susu lembang yang bisa langsung kamu tukarkan. Sambil mengantri menukarkan voucher susu lembang, kamu bisa liat gerai-gerai yang menjual merchandise yang unik-unik di sekitar area. Susunya tersedia beberapa rasa seperti coklat, plain, vanilla, dan strawberry. Susunya seger banget dan langsung bisa dibawa jalan mengeliling area farm house. Pemandangan seperti layaknya di Eropa, ya meskipun saya belum pernah ke Eropa cuma liat di tipi doank hahaha. Tapi ada banyak banget noni noni Belanda KW, maksudnya pengunjung yang menyewa baju seperti noni belanda buat foto-foto ala instagramable. Saya juga pengen cuma malu karena ngerasa gak pantes aja pake jilbab udah gitu pake gaun noni Belanda hehehe. Sebenernya takut kepeleset gara-gara pake rok wkwkwk.


First, kita masuk ke zona terlarang buat jomblo. Yaelah..dibahas lagi terus gimana dong..
Ya, Gembok Cinta. Tempat dimana kamu bisa mengikrarkan janji dengan pasangan kamu dan berdo'a supaya hubungan sepasang kekasih bisa awet hingga pernikahan. 

"Eh, pinjemin saya gembok donk. Pura-pura doank biar dapet jodoh beneran. hallaaahh.." 

Bagi yang punya pasangan, boleh lah ya buat pasang gemboknya disini dan kalau gak punya gembok bisa minta ke anak kosan eh salah.. Maksud saya, bisa beli di counter tempat jual gembok. Gembok disini sangat laku keras ya. So, kamu bisa tulis atau coret-coret gembok kamu dengan tulisan kasih sayang atau nama pasangan kamu sebelum dipasang di pagar-pagar kawat sekitar area. Behubung saya jomblo, apalah daya saya cuma bisa foto-foto saja hihihi. Next, kita berkeliling melihat pertokoan dan rumah-rumah ala Eropa yang cantik banget dan melihat pemandangan kota bandung dari atas. Kata guidenya sih, dulu tempat ini merupakan restoran biasa namun karena banyak spot foto yang bagus jadi terkenal dan dijadikan tempat wisata. Luar biasa ya.. 


Gimana nih, masih bingung mau liburan kemana? Masih bingung juga cari tempat foto yang instagramable? Yup, Bandung adalah salah satu tempat yang memiliki objek wisata yang instagramable dan mudah-mudahan kamu mau traveling kesini setelah baca artikel ini. Sebentar lagi kita menghampiri akhir tahun dan libur panjang khususnya buat anak sekolah. Cari kawan mu dan yuk traveling. Sampai jumpa di traveling selanjutnya. Bye..


18 komentar:

  1. pernah kebandung urusan pekerjaan emang bandung punya banyak tempat yang cuma untuk spot foto, tapi karena urusan pekerjaan ga pernah bisa ambil foto :'(
    ga ada pasar tasik yah? coba deh ke pasar tasik saya lupa nama pasarnya tapi disitu banyak sekali bahan untuk buat artikel :D hheehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga pengen ke bandung lagi. next time..

      Hapus
  2. WOOOW... Sangat informatif dan inspratif sekali buat rekomendasi venue.. thanks admiiin

    BalasHapus
  3. Belum pernah ke The Lodge Maribaya nih, jadi pingin deh uhuhuhu~ Darma ngambil fotonya makin kece 😍

    BalasHapus
  4. duh, bandung emang kece ya. bikin makin mupeng ke sana

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya objek fotonya banyak banget yang kece-kece

      Hapus
  5. wahhh... cakep nih... jadi pengen segera ke Bandung... semoga ada kesempatan untuk jejakkan kaki di bandung

    BalasHapus
    Balasan
    1. masih banyak yang belum saya jelajahi mas hihi

      Hapus
  6. Bandung emang nggak ada matinya kalau urusan destinasi dan tempat-tempat yang kekinian dan instagramable ya... Tempat-tempatnya asyik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. asyik banget..belum kenyang buat nyobain kuliner di Bandung nya hiks

      Hapus
  7. belum pernah semua keisni cuman lewat doang wkwkwk padahal dari Cimahi itu deket pake banget :p

    BalasHapus
  8. Waah saya malah pengen liat taman-tamannya mbak, ituloh yang terkenal dibangung sama pak ridwan kamil

    BalasHapus
  9. Kereeen banget....foto-fotonya juga kece abis, Mbak...saya pernah ke Bandung hanya belum pernah ke sana...biasanya hanya menginap semalam, jalan cuma yang dekat lokasi nginep aja...

    BalasHapus
  10. ku pengen ke farm house dari dulu belom kesampean. Semoga bisa kesampean taun depan. Amiiin :")

    BalasHapus
  11. Dari list itu, baru ke the lodge maribaya dan farmhouse lembang aja.. semoga bisa menyusul ke tempat2 lainnya..

    -Traveler Paruh Waktu

    BalasHapus
  12. Wah di Bandung manteb manteb ya mbak spotnya :D

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.