Rencana Travelingku ke Samarinda di Tahun 2019

12.42
Sebagai karyawan swasta sekaligus blogger sangat sulit bagi saya untuk menyempatkan waktu untuk melakukan traveling. Karena pekerjaan menuntut saya untuk tidak bisa mengambil libur panjang bahkan untuk pulang kampung saja saya harus pikir dua kali hehe. Alhamdulillahnya tahun ini ada banyak sekali hari libur dan akhir-akhir ini saya menyempatkan waktu untuk melakukan traveling ke Malang dan Bandung. Sebelum tahun 2018 berakhir, sebaiknya saya rencanakan liburan saya untuk tahun 2019 mendatang. Melakukan traveling pastinya butuh perencanaan yang matang apalagi musim liburan akhir Desember kali ini dimana memesan tiket untuk liburan sangat sulit didapatkan. Makanya di tahun 2019 mendatang, saya gak mau ketinggalan lagi untuk melakukan traveling ke beberapa destinasi yang ingin saya kunjungi.
Dari dulu orangtua saya pengen banget bisa berkunjung ke Mesjid yang menjadi icon kota Samarinda. Berhubung tahun ini saya jarang traveling bareng keluarga, saya rasa tahun depan harus bisa bawa orangtua saya jalan-jalan ke Samarinda. Bapak saya kebetulan punya teman yang tinggal di Samarinda. Kalau lebaran, Beliau sering berkunjung ke rumah dan tidak lupa membawa banyak oleh-oleh khas Samarinda. Setidaknya tahun depan Bapak harus boyong keluarga buat ketemu sahabat Bapak di Samarinda. Menurut cerita Bapak yang pernah kesana, pengalaman yang paling berkesan dan masih dikenang adalah pemandangan kapal yang berlalu lalang di Sungai Mahakam. Sungai yang terbesar di Kalimantan ini sangat berperan penting dalam kehidupan masyarakat Samarinda, seperti menjadi sumber air, perikanan, dan sarana transportasi hingga sekarang. Jembatan Mahakam yang dibangun disepanjang alur sungai pun menjadi icon kota Samarinda dan menjadi salah satu jalur masuk kendaraan dari luar kota Samarinda. Selain itu, nuansa islami yang sangat kental begitu terasa di Mesjid Islamic Center Samarinda. Bangunan mesjid bergaya turki lalu dibangunnya tujuh menara yang melambangkan asmaul husna semakin menawan dan berkilauan ketika malam hari. Mendengar cerita Bapak, saya menjadi semakin antusias dan sangat penasaran untuk berkunjung kesana untuk pertama kalinya.


Baca juga: Pengen Habiskan Musim Panas Sambil Mantai? Ke Gunung Kidul Saja!

Selain mengunjungi objek wisata religi, saya juga tertarik dengan makanan khas Samarinda yang belum pernah saya coba sebelumnya. Maklumlah saya itu doyan makan dan traveling kemana pun kalau tidak mencoba kuliner atau jajanan disana kayaknya belum lengkap dan tidak berkesan. Kata Bapak sih yang paling enak adalah Lempok Durian. Berhubung satu keluarga suka banget yang namanya Durian, jadi udah pasti rasanya enak. Makanan khas Samarinda yang sudah pernah saya coba, yaitu Ayam Cicane. Ayam panggang atau ayam goreng yang dibumbui dengan jahe, lengkuas, dan kemiri ini masih jadi makanan favorite saya. Selain itu, Samarinda juga punya Sate Payau yang berbahan dasar dari daging rusa. Waww ini menantang sekali, gimana ya rasanya sate daging rusa? Konon katanya sudah jarang ada pedagang yang menjual sate payau ini. Mungkin salah satu alasannya karena daging rusa sulit dicari atau peminatnya yang semakin berkurang. Entahlah, yang penting saya penasaran dan mau coba.




Baca juga: Daya Tarik Wisata di Natural Resto and Strawberry Land Bandung


Setelah menetapkan destinasi yang ingin saya kunjungi di Samarinda, selanjutnya menetapkan tempat menginap. Kalau buat traveling maunya sih staycation di Hotel yang nyaman tentunya dengan harga yang hemat. Di zaman yang serba canggih ini, sekarang gak perlu bingung lagi cari referensi hotel dan booking hotel untuk rencana traveling kamu selanjutnya. Jangan takut kehabisan kamar di Hotel karena dengan booking hotel secara online, kamu bisa cek review hotel dan mencari referensi hotel yang masih memiliki ketersediaan kamar di hari dan tanggal yang kamu tetapkan. Sepanjang melakukan traveling kemana pun destinasi yang sudah saya kunjungi selama ini, traveloka tidak pernah mengecewakan saya untuk urusan booking hotel ataupun pembelian tiket pesawat. Traveloka adalah aplikasi layanan pemesanan tiket pesawat dan hotel nomor satu dimana kamu bisa memesan tiket dan booking hotel kapan saja dan dimana saja hanya dengan klik aplikasi di gadget kamu. Selain itu, ada segudang promo menarik yang bisa menyelamatkan isi dompet kamu disaat mau berpergian di tanggal tua.



Saya coba-coba cari referensi hotel di Samarinda dengan Traveloka. Yang pertama kali saya lakukan adalah melihat promo menarik di Traveloka dan kebetulan banget ada banyak promo dari bulan Desember sampai Januari tahun depan, nih guys. Next, saya langsung isikan destinasi dan tanggal menginap dan jumlah kamar yang diinginkan lalu klik cari. Setelah itu, Traveloka akan menampilkan banyak referensi hotel dari yang paling murah sampai hotel berkelas dengan tarif yang variatif. Setelah menentukan hotel, saya langsung pilih kamar yang tersedia dan mengisi data pemesan. Selanjutnya, saya tinggal lakukan pembayaran dan bisa mengisikan voucher sesuai kode promo yang sudah dicopy. Ketika check-in, saya tinggal menunjukan kode booking saya dan beres deh.



Mudah banget ya booking Hotel Traveloka. Selain pilihan hotelnya banyak, kita juga bisa memperhitungkan budget travel kita sebelum menentukan hotel idaman. Harganya murah dan sangat lengkap. Kalau udah planning begini, traveling saya akan nyaman dan gak ribet. Beruntung banget pakai Traveloka, kalian juga bisa enjoy traveling dengan promo-promo menarik hanya dengan memainkan aplikasi Traveloka di HP kamu. Sebelum promonya habis, Nyok buruan ikut traveling bersama Traveloka dan tentukan destinasimu sekarang juga.





25 komentar:

  1. Sudah mau berganti tahun ya, tapi saya belum ada rencana traveling di tahun 2019

    BalasHapus
    Balasan
    1. perlu dipikirin tuh mas..keburu promonya abis hehe

      Hapus
  2. Saya kok belum menemukan serunya traveling ya hehehe saya udah keburu capek mikirin perjalanannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. biar gak cape staycation aja dihotel bikin pewe..

      Hapus
  3. Wah asyik banget ni rencana travelingnya, semoga lancar dan sehat yaaa

    BalasHapus
  4. Waaaah cocok nih.. aku juga punya rencana pengen ke Palembang tahun depan.. semoga rencana kita terwujud yaaa.. aamiin

    BalasHapus
  5. Aseekk! Semoga lancar yang rencana travelingnya mbak.

    BalasHapus
  6. Wow boleh juga ya samarinda blm pernah kesana nee

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya juga belum. makanya wajib sesekali kesana hehe

      Hapus
  7. Traveloka aku sudah biasa beli tiket dan hotel lewat traveloka. Bahkan tiket perjalanan bos bos ku beli lewat traveloka

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak..
      banyak banget promonya akhir tahun ini.

      Hapus
  8. Saya juga pengin tahu kalimantan. Terutama perkebunan kelapa sawit dan tambangnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh jg tuh lihat perkebunan kelapa sawit..wisata alam sekalian hehe

      Hapus
  9. Wah, semoga travelingnya lancar ya. Cerdas tuh cek Traveloka dulu. Kalau aku sih belum tahu mau kemana. Mungkin mau explore Asia dulu, seperti Thailand. Doakan tercapai, ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah asik nih ke thailand..lancar ya traveling nya..

      Hapus
  10. Asyik nih rencananya, moga2 terlaksana sesuai yang direncanakan

    BalasHapus
  11. Aku belum pernah ke Samarinda. Asik banget kalo 2019 bisa ke sana dan berkeliling ke tempat lainnya. Semoga sukses halan2nya ya aamiin ��

    BalasHapus
  12. semoga bisa terealisasi ya mba btw aku penasaran sama sate payau daging rusa hahaha doyan ga yah aku kalau makan itu?hahaha

    BalasHapus
  13. Samarinda ini tempatnya keren juga ya mba. Aku juga pengen kesana. Semoga terwujud ya mba

    BalasHapus
  14. Asli, reviewnya bikin saya pengen berkunjung ke Samarinda juga 😄

    BalasHapus
  15. Sebagai oramg Kalimantan, saya merekomendasikan mending ke Balikpapan drpd Samarinda ,😀😀

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.