Cooking Day: 3 Quick and Easy Family Recipes

14.54
Halloooo 2019!
Ini adalah postingan saya di tahun 2019. Lumayan telat tapi tak apa karena Januari masi belum berakhir. Postingan pertama saya di Januari 2019 adalah Cooking day. Tiada hari tanpa makan dan sesekali saya posting masakan khas keluarga orang sunda. Meskipun saya tinggal jauh dari kampung halaman, saya disini tinggal dengan kakak-kakakku tercinta yang semuanya hobi makan dan masak. Karena kita semua pada kerja dan pulang malem makanya kita suka masak yang simple dan gak ribet. Meski kesehariannya sibuk, kita jarang banget jajan di luar kecuali kalo weekend hahaha. Walaupun makan di luar juga enak tapi tetep masakan keluarga yang paling enak dan ngangenin. Terkadang kalo weekend, kita suka banget experimen coba buat sesuatu dari hasil kita nonton video masak di youtube atau acara masak favorite saya di Foodnetwork. Nah, kali ini saya mau berbagi resep buat kalian yang suka masak juga nih, guys. Yuuukk disimak yaa...

1. Urap Sayuran

Orang sunda kalo gak tahu makanan ini kebangetan deh pokoknya. Bagi saya ini adalah salad punyanya orang sunda dan cara buatnya gampang banget dan menu yang sangat menyehatkan karena terbuat dari bahan dasar sayuran segar yang direbus. Pertama, kamu siapkan bahan sayuran seperti kol, kacang panjang, bayam, kelapa parut, dan tauge. Kedua, siapkan bumbunya yang terdiri dari: bawang merah, bawang puting, cabe rawit, dan sedikit kunyit dan kencur. Tumbuk bumbu hingga halus dan jangan lupa rebus sayuran yang sudah dipotong-potong sesuai selera lalu tiriskan. Next, tumis bumbu yang sudah ditumbuk tadi hingga harum. Jangan lupa tambahkan sedikit garam dan sedikit gula. Bagi yang suka menambahkan penyedap rasa juga boleh. Masukan parutan kelapa dan aduklah hingga sedikit agak kering lalu masukan sayuran yang sudah direbus tadi. Setelah dicicipi dan terasa cukup, kamu bisa  langsung menyajikannya di atas piring atau mangkuk yang cantik.


2. Fried Chicken

"Nak ayam goreng!" 
Siapa yang gak tau makanan yang satu ini. Ya, makanan yang sangat disukai upin dan ipin ini sangat disukai semua kalangan. Walaupun dikatagorikan sebagai fast food, tapi akan lebih baik jika buat fried chicken di rumah yang sudah terjamin kebersihannya ya, guys. Supaya crunchy, sekarang banyak banget tepung bumbu yang bisa digunakan untuk menggoreng ayam. Cara buatnya gak susah-susah amat kok. Jangan lupa siapkan baan-bahannya terlebih dahulu seperti, ayam bagian paha atau sayap,  Tepung terigu, Maizena, lemon atau jeruk nipis, kaldu ayam bubuk, baking soda, baking powder, putih telur, susu bubuk, dan air es. 


  • Pertama tumbuk bumbuk: bawang putih, jahe, garam, dan kunyit. (takaran bisa kamu sesuaikan dengan jumlah ayam)
  • Kedua, masukan perasan lemon atau jeruk nipis dalam ayam yang sudah dibersihkan. lalu lumuri ayam dengan bumbu yang sudah ditumbuk tadi. Wrapping ayam yang sudah dibumbui dan diamkan semalam di dalam kulkas.
  • Ketiga, siapkan bahan tepung kering, yaitu: 3 cup tepung, 2 sdm maizena, garam, kaldu ayam bubuk, 1/4 sdt baking soda, 1/4 sdt baking powder, dan 1 bawang putih yang ditumbuk.
  • Keempat: siapkan bahan tepung celup, yaitu: ambil beberapa bagian dari adonan tepung kering tadi, 1 setengah cup air es, 1 putih telur, dan 1 sdt susu bubuk. Aduk dengan rata.
  • Keempat, lumuri ayam dari adonan tepung kering lalu masukan lagi ke adonan tepung celup lalu masukan sekali lagi ke tepung kering dan goreng.
  • Kelima, goreng ayam hingga kecoklatan, lalu tiriskan.


Kamu juga bisa membuat saus sendiri dengan menyiapkan saun cabai dengan mayonaise sesuai selera. hmmm..so yummy.


3. Fruit Salad

Kayaknya salad buah ini lagi kekinian banget karena suka liat ada banyak yang jual fruit salad pakai keju dan rasanya enak dan seger banget. Makanya saya juga ikut coba nih bikin fruit salad. Gampang kok, kamu siapkan buah-buahan kesukaan kamu dan sebisa mungkin buah-buahannya lebih full colour ya guys biar penyajiannya cantik. Kalau saya membeli buah anggur, buah naga, pepaya, pisang, nanas, mangga, anggur hijau, atau melon. Jangan lupa siapkan keju parut, susu, mayonaise, dan greak yogurt.

  • Pertama siapkan saus untuk salad buah. Tuangkan susu ke panci lalu tambahkan sedikit gula. Panaskan susu dengan api kecil sambil diaduk.
  • Kedua, tuangkan maizena dalam wadah kecil dengan sedikit air lalu aduk. Tuangkan maizena ke dalam panci susu lalu aduk hingga mengental. Setelah mengental, dinginkan.
  • Ketiga, setelah adonan susu dingin, kamu bisa menambahkan mayonaise dan yogurt sesuai selera dan aduk hingga rata. OK, saus salad sudah jadi.
  • Keempat, potong buang-buahan berbentuk dadu kecil dan masukan buah dan saus salad ke dalam mangkuk cantik. Atur supaya penyajiannya cantik, ya. Lalu taburi parutan keju diatasnya dan simpan dalam kulkas beberapa menit. 


Fruit salad sangat enak dan nyegerin kalo cuaca lagi panas atau bisa kamu bawa ke kantor untuk dessert setelah makan siang. Huuuuu...delcious!




Baca juga: LOVE MORE Pasta Menus at IMPERIAL TABLES
Sayang banget yang bisa nyobain makanannya saya doank. Sueerrr crazy delicious terutama yang paling saya suka adalah fruit salad dan urap. Kamu juga bisa kok bikin di rumah. Bahan-bahannya mudah didapat dan cara buatnya juga simple. Kamu juga bisa share makanan atau masakan kamu disini, next time mungkin saya bisa coba bikin juga. Jangan lupa lasih tanggapan kamu di kolom komentar ya. Have a nice weekend!

11 komentar:

  1. Urap. Favorit juga itu mba.. enak klo aku. Klo di jabar mungkin ga pke gula yaa..klo di jogja, bumbu biasanya ditambahi gula... Manis-pedes-gurih

    BalasHapus
  2. Kayaknya kalau tetanggaan kita cocok deh, Mbak. Soalnya semua menu itu saya doyan *nah lho apa maksudnya kwkwk

    BalasHapus
  3. ya Alloh udin lemong ga ketemu urap kujuga suka banget ini makanan satu mba enak pisan :) jarang ada yang jual kalau bikin sendiri malaass wkwkwk

    BalasHapus
  4. Aku suka sama urap dan fruit saladnya..
    btw, memang fruit salad belakangan ini lagi rame yaa.. hingga online shop pun ada..
    Mba Darma pintar masak yaa.. jadi pingin belajar masak sama mba Darma nih.. hehe

    BalasHapus
  5. Mbak rumahnya dimana sih? Jadi pengen pindah deketan. Biasanya klo tetanggaan gitu sering dianter2 makanan kan. Menunya saya doyan semua ��

    BalasHapus
  6. Aku pengin urapnya itu lho, kelihatannya segar dan sambalnya passekali hehehe

    BalasHapus
  7. Baca ini jadi ada ide buat masak nanti, dan bikin ngiler juga.

    BalasHapus
  8. Baca postingan ini jadi pengen bikin semua. Thank loh kak, udah dibikin mupeeng. Urap di jawa juga wajib tau. Kalo di jawa nyebutnya "jangan krawu" hehe..

    BalasHapus
  9. Aah menu urap emang enak nih, saya malah suka apalagi kalau ada daun pepayanya, jadi pahit2 dikit gitu. Di jam rawan gini, menu2nya bikim ngiler mba😍

    BalasHapus
  10. aku elalu ngeces klo liat salad
    hadu itu enak bangettttt
    mau dong mbak dibikinin uga hehe

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.