Cooking day: Buat Mie Ayam sendiri Di Rumah

21.23
Happy weekend, guys!
Masih mikir kulineran buat malam mingguan ini mau makan apa, hmm apalagi ditanggal tua begini pastinya lebih milih jajanan pinggir jalan yang hemat dikantong ya gak? Kalau lagi bokek ditanggal tua begini suka ngiler pengen jajan mie ayam dipinggir jalan. Pilihannya mie ayam atau bakso yang udah jelas enak, murah, dan bikin kenyang. Kalau pulang kantor dan pas banget lagi laper pasti nongkrongnya di mie ayam jamur depan kantor sambil ngobrol sama temen dan nyeruput es kelapa. Sederhana tapi sudah cukup buat saya bahagia. 

Kalau lagi makan mie ayam, "Kok enak banget sih, bang. Rahasianya apa sih?", "Kok bisa seenak ini ya?" begitulah yang terucap sebenarnya modus biar ditambahin lagi kerupuk pangsitnya wkwkwk. Tidak pernah terbayangkan pengen coba buat mie ayam sendiri di Rumah kali aja bisa jadi pengusaha mie ayam dadakan. Inilah hobi saya tukang makan, komentar, dan kakakku yang hobinya masak. Pasangan yang sempurna bukan. 




Lalu munculah ide untuk mencoba buat mie ayam dengan mengintip resep dari youtube. Saya pikir bakal ribet banget karena harus buat bahan-bahan apalagi bumbu dagingnya. Ribet memang, menurutku juga susah tapi wajarlah namanya juga kami pemula. hehehe. Langsung aja ke Pasar terdekat dan membeli bahan-bahan untuk buat mie ayam sendiri di Rumah, apa aja sih bahan-bahannya? Yuk kita intipin ya:

Bahan-bahan:
• Acar
• cabai rawit hijau
• kerupuk pangsit
• bawang goreng
• 300 gr mie telur
• 1 ikat sawi hijau
• 1/2 sdt garam
• 1/4 sdt merica bubuk
• 1/2 sdm kecap asin

Bahan untuk topping ayam:
• 100 gr daging ayam, cincang
• 2 siung bawang putih, cincang
• Sepotong kecil jahe, cincang halus
• Garam dan merica bubuk secukupnya

Minyak ayam:
• 50 gr kulit ayam
• 3 siung bawang putih, haluskan
• 1 sdt ketumbar bubuk

Kuah kaldu:
• 150 gr tulang dan kulit ayam
• 2 siung bawang putih, memarkan
• 1 liter air
• Garam dan gula pasir secukupnya
• merica bubuk secukupnya

Cara membuat:
1. Untuk kaldu:
tumis bawang putih sampai harum. Masukkan air, kulit ayam, dan tulang ayam. Masak hingga mendidih, jangan jupa tambahkan gula, garam dan merica secukupnya.
2. Untuk minyak ayam:
Masukkan kulit ayam beserta bumbunya. Panaskan dengan api kecil. Lalu aduk rata sampai keluar minyaknya.
3. Untuk topping ayam:
Tumis bawang putih dan jahe sampai harum. Masukkan daging ayam. Tambahkan garam dan merica. Masak sampai ayam matang.
4. Untuk mie ayam:
Sama seperti masak mie instan. Rebus mie sampai matang lalu tiriskan. Rebus sawi sampai matang lalu tiriskan.
5. Penyajian:
Tuangkan 1 sdm minyak ayam, kecap asin, garam, merica ke dalam mangkuk lalu aduk. Masukkan mie dan sawi diatasnya. Setelah itu taburkan topping ayam, daun bawang, bawang goreng dan tambahkan kerupuk pangsit atau bahan pelengkap lainnya seperti sambal atau saus sesuai selera. 

Baca juga : Cooking Day: 3 Quick and Easy Family Recipes



Akhirnya bikin mie ayam ternyata susah-susah gampang ya. Mantap juga nih sesekali bikin mie ayam sendiri di rumah. Rasanya sih lumayan enak dan gak kalah dengan mie ayam jamur favoriteku di depan kantor. Jadi pengen nyoba jualan nih, tinggal bikin gerobaknya. wkwkkwk.
Kalian mau coba juga? Boleh banget dan bahan-bahannya gak susah lagi. Lebih kreatif lah di tanggal tua, mentang-mentang anak kos-kosan makannya mie instan mulu. Sesekali masak dan tentunya lebih sehat daripada jajan di luar kan? 
Ok guys, selamat malam dan happy weekend.


2 komentar:

  1. Sama banget kitaa kak.. Aku hobinya makan, kakak yang masak tapi.. WKwk..
    BTW, liat fotonya jadi ngiler.. Kental gitu yaa topping ayamnya.. Ku pengen icip rasanya.. Wkwk..

    Iyaa benar, tanggal tua harus kreatif.. Termasuk kreatif makannya.. Hihi

    BalasHapus
  2. Kakakku bisa masak mie ayam, sama kayak Mardhiah, aku bagian yang makan wkwk..
    Pingin belajar masak euy~ sama pingin belajar masak sama Darma deeh 😀

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.