5 Alasan kenapa memilih Batik Trusmi untuk Wisata Belanja

Kalau kalian traveling ke Cirebon, pasti tidak lupa membawa oleh-oleh batik khas Cirebon yaitu Batik Mega Mendung. Cirebon meskipun sudah mulai macet dan panas ternyata punya banyak tempat wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi terutama yang paling diminati adalah wisata Belanja. Jika menyusuri jalan Plered sudah terlihat banyak toko yang menjual berbagai macam oleh-oleh tradisional. Tidak hanya itu saja, kalian juga bisa menikmati makanan khas Cirebon yang paling terkenal, yaitu Empal Gentong yang banyak dijual disepanjang jalan Plered. Tidak jauh dari sana, kalian akan melihat pintu masuk dengan Icon Batik Trusmi yang terkenal dan menjadi pusat wisata belanja batik yang paling besar dan terlengkap di Cirebon.

Setiap kesini untuk belanja oleh-oleh, selalu dipenuhi dengan bus-bus pariwisata yang berburu batik disini. Sebagai salah satu pusat grosir batik terluas di Cirebon Jawa barat, berikut ini 5 alasan pmemilih Batik Trusmi sebagai wisata belanja  terfavorit. 

Belanja beraneka jenis batik terlengkap

Motif dan corak batik nya yang terus berkembang membuat banyak ragam batik yang diminati masyarakat baik lokal maupun mancanegara. Selain motif Mega Mendung, di Batik Trusmi ini juga menyediakan berbagai macam motif dan corak batik dari berbagai sentra batik yang ada di Indonesia, seperti batik khas Pekalongan, Jogya, Solo, dan masih banyak lagi. Motif Mega Mendung sendiri menjadi warisan UNESCO yang terinspirasi dari budaya China. Karena batik merupakan warisan budaya hingga kini banyak pengrajin batik yang mampu bertahan meski harus bergantung pada pengusaha batik. Batik Trusmi sendiri juga ikut membantu para pengrajin batik untuk memasarkan produk batik yang dihasilkan. Semakin banyak jenis dan motif batik yang ditawarkan membuat pusat grosir batik ini semakin banyak dikunjungi para wisatawan. Selain kain batik tradisional, batik juga mulai berkembang di dunia fashion modern saat ini. Batik Trusmi menyediakan banyak berbagai macam kain batik, pakaian, sarung, bahkan batik sutra yang paling diminati. Dari segi harga pun beragam mulai dari kain batik termurah dan termahal ada disini. Selain itu, kualitas kain batik sangat baik langsung dari pengrajin batik sendiri.



Kerajinan tangan yang unik

Jika belanja batik saja tidak cukup memanjakan mata, di Batik Trusmi ada banyak produk kerajinan tangan tradisional yang sangat unik. Mulai dari mainan anak-anak jaman dulu hingga hiasan dan  pernak-pernik, tas batik, sandal dan sepatu, boneka, dan masih banyak lagi. Minat masyarakat tidak hanya pada kain batik saja, berbagai craft, miniatur, dan kerajinan tangan ini pun menjadi pusat perhatian untuk dibawa oleh-oleh para wisatawan.
Aneka cemilan khas Cirebon yang paling diminati 

Kalau berwisata ke Cirebon ada banyak cemilan dan jajanan jajanan khas Cirebon yang tentunya selalu di buru para wisatawan, seperti kerupuk malarat, sirup tjampolay, keripik tempe, terasi udang khas cirebon, tape ketan, kue gapit, dan lain lain. Kelebihan dari pusat grosir ini adalah menyediakan berbagai macam cemilan yang terlengkap dimulai dengan aneka macam kerupuk, aneka minuman produksi rumahan, aneka macam kue kering, bolu ketan, dan oleh oleh makanan lainnya khas Cirebon.

Fasilitas berbelanja yang bersih dan nyaman 

Demi memberikan pelayanan terbaik kepada para konsumen, Batik Trusmi juga berusaha memberikan fasilitas yang baik. Mushola, toilet, AC, area tunggu, ATM area, dan tempat parkir yang luas. Dengan area belanja yang luas, konsumen bisa nyaman memilih batik dan tidak perlu khawatir harus mencari tempat ibadah karena mushola sudah disediakan dengan space yang cukup. Selain itu, tidak sedikit konsumen yang membawa anak-anak berbelanja. Oleh karena itu, disediakan tempat bermain anak-anak supaya orang tua lebih nyaman ketika berbelanja. Sambil menunggu, sang Ayah bisa menemani anak bermain atau menunggu sang Ibu yang sedang memilihkan batik. Karena semakin banyak pengunjung, Batik Trusmi juga memperluas pusat area belanja dengan menambahkan Restaurant disamping toko untuk menyajikan menu-menu makanan sederhana khas Cirebon. Para wisatawan yang datang dari jauh tentunya tidak banyak waktu untuk mencari makanan setelah lelah berbelanja, selama di pusat grosir sudah tak perlu repot lagi mencari tempat makan karena sudah tersedia di Batik Trusmi.
Spot Instagramable dan Pertunjukan kesenian tradisional Cirebon

Pusat Grosir Batik Trusmi ini pandai melihat peluang dan menjadi pusat wisata yang wajib dikunjungi di Cirebon. Sekarang ini, Batik Trusmi menyediakan panggung untuk pertunjukan kesenian Tradisional Cirebon yang akan menghibur pengunjung dan sekaligus memperkenalnya Seni Kebudayaan Cirebon kepada para wisatawan. Salah satu yang dipertunjukan adalah Tari Topeng yang paling terkenal di Cirebon. Sebelum mengakhiri wisata belanjanya di Batik Trusmi, lagi-lagi pusat grosir batik ini menyediakan spot untuk berfoto ala instagramable untuk kenang-kenangan selama berbelanja di Cirebon. Tempat wisata belanja ini bahkan banyak diliput berbagai vlogger dan media televisi.




Kalian yang akan melakukan traveling ke Cirebon, jangan lupa untuk berkunjung kesini. Untuk menuju ke Pusat Grosir ini tidak sulit karena tempatnya yang strategis dan banyak transportasi umum yang bisa digunakan untuk mengantar kalian kesini. Selain itu, lokasinya juga berada tidak jauh dari stasiun Kejaksan jadi buat kalian yang naik kereta tinggal memesan ojek online untuk sampai menuju lokasi. Yuk, berburu batik!

Alamat:

Jl. Trusmi No.148, Weru Lor, Plered, Cirebon, Jawa Barat 45154
Jam Buka: setiap hari pukul 08:30 s/d 20:00
Situs belanja online : http://btbatiktrusmi.com/





4 komentar:

  1. aku belum pernah punya batik Cirebon mba padahal dulu sering ke Cirebon hahaha..mega mendung sering denger ini pas masa-masa kecil dibicarakan kaum emak-emak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. sekarang batik cirebon lagi jadi pusat perhatian apalagi batik trusmi.

      Hapus
  2. Kemarin suami sempat mau ngajakin ke Cirebon nih tapi belum dapat waktu yang tepat. Penasaran banget pengen punya batik khas Cirebon...Kirain batik mega mendung khas puncak bogor kwkwk kan ada tuh mega mendung *duh kudet kwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. karena pengaruh budaya china sih sebenarnya..udah jadi icon cirebon lah ya.

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.