Seberapa Penting kah Produk Kecantikan Buat Kamu?

13.26
Seberapa penting make-up dan skin care buat kamu?
Keduanya memang penting terutama bagi perempuan.Tanpa sadar sekalinya muncul produk baru, kita langsung mencobanya tanpa mempertimbangkan jenis kulit kita. Inilah yang saya rasakan ketika melihat begitu banyaknya produk make-up dan skin care diatas meja riasnya kakak saya. Kakak saya sangat menyukai make-up dan membeli banyak produk make-up yang menurutnya cocok meskipun ada beberapa yang belum habis dia pakai. Bahkan pernah ikut sekolah make-up dan bermimpi punya salon kecantikan sendiri. Berbanding terbalik dengan saya, untuk skin care sendiripun, kakak saya yang pilihkan dan itu pun sambil diceramahi kalau perempuan harus pintar merawat kulit wajah. Nyatanya tidak hanya perempuan saja yang perlu merawat kesehatan kulit, para pria pun tak terkecuali. Sekarang ini sudah banyak produk kosmetik dan skin care khusus untuk pria. Memiliki wajah yang cantik dan bersih dari jerawat adalah hak semua orang.



Namun semakin bertambahnya usia, terlepas dari merawat kebersihan tubuh sendiri, merawat kulit wajah memang sangat penting. Untuk mendapatkan kulit yang cantik, tentunya kita harus mengenal tipe kulit kita. Setelah melakukan riset, ternyata ada cara unik untuk mengenal jenis tipe kulit wajah kita. Tanpa harus memastikannya ke dokter kecantikan, kamu bisa cek sendiri jenis tipe kulit kamu dengan berkaca di cermin setelah bangun tidur di pagi hari. Sebelum cuci muka, kamu bercermin di depan cermin di ruangan yang terpapar sinar matahari pagi. Lalu, sentuh kulit wajah kamu dengan tangan bersih dan cubit sedikit kulit wajah kamu. Saat itu kamu akan merasakan kelembaban wajah dan jumlah minyak yang ada di kulit wajah kamu. Dengan melakukan hal itu, kamu dapat mengetahui apakah kulitmu tipe kulit normal, berminyak, kering, kombinasi, atau sensitif. 
Hal yang perlu dihindari untuk jenis tipe kulit wajah:

1. Kulit Berminyak.
Bagi tipe kulit wajah ini cenderung akan melakukan perawatan kulit untuk mengurangi kadar minyak pada kulit. Jangan tertipu dengan slogan produk perawatan kulit yang menyerukan "kulit wajah bebas minyak". Orang yang memiliki kulit berminyak perlu melembabkan kuli mereka. Hindari produk pembersih wajah yang mengandung deterjen tinggi. Pilihlah produk pembersih wajah yang kandungan deterjennya lebih sedikit dan cobalah menghilangkan kotoran dengan cara lembut. Selain itu, gunakan produk lotion untuk melembabkan dan menyegarkan kulit. Yang paling penting, hindari  kosmetik yang mengandung alkohol tinggi karena akan menyebabkan kulit jadi kering. Jangan biasakan memakai kertas penghapus minyak, gantilah dengan menggunakan tisu.

2. Kulit Kering
Bagi yang memiliki kulit kering sebaiknya tidak menggunakan pembersih wajah dengan kandungan deterjen yang tinggi. Gunakan produk pembersih yang mengandung susu karena dapat melembabkan kulit. Jangan lupa mengoleskan krim atau lotion yang mengandung oil.

3. Kulit Kombinasi
Dalam kondisi kulit ini perlu melakukan perawatan yang tergantung pada bagiannya, Untuk area T-zone, gunakan produk perawatan kulit yang cocok untuk kulit berminyak. Sedangkan pada bagian pipi dan mulut adalah bagian kulit yang kering, gunakanlah produk perawatan kulit yang cocok untuk kulit kering di area tersebut.

4. Kulit Sensitif
Untuk orang dengan kulit sensitif, hindari menggunakan kosmetik seperti, scrub, masker instan yang dikupas, produk mengandung alkohol dll yang bisa menyebabkan iritasi kulit. Gunakanlah produk kosmetik dengan label khusus untuk kulit sensitif. Pilihlah pelembab kulit yang mengandung bahan alami. Langsung hentikan penggunaan produk kosmetik jika kulit sudah merasakan iritasi. Penting untuk diingat bagi kulit sensitif, semakin banyak produk yang digunakan pada kulit Anda, semakin besar kemungkinan iritasi kulit.

5. Kulit Kasar dan Berjerawat
Untuk kulit kasar dan jerawat, harus ekstra menjaga kebersihan kulit. Hindari menyentuh dan memijat jerawat dan jangan mencuci wajah berkali-kali atau menggunakan terlalu banyak kertas minyak. 

Lalu bagaimana caranya memilih produk kecantikan?
Apakah karena harganya yang mahal, dari brand terkenal, atau dari bahan kandungan produknya? Ketika memilih produk kecantikan yang paling penting adalah cocok atau tidaknya dengan jenis kulit kita. Setelah melakukan riset, saya menyimpulkan sedikit beberapa point yang jadi pertimbangan ketika memilih produk kecantikan.

  • Cocok dengan jenis kulit dan usia.
  • Sesuaikan dengan tujuan perawatan kulit wajah.
  • Pilihlah produk kecantikan yang terpercaya dan aman.
  • Konsultasi perawatan kulit wajah dengan dokter kecantikan dan menggunakan kosmetik sesuai resep dari dokter.

Jadi, harga merupakan nomor ke sekian untuk memilih produk kecantikan. Tapi, kenapa sih harga dari setiap produk kecantikan itu berbeda-beda? Saya sendiri mengecek harga produk vitamin C dan lotion dari beberapa produk. Brand yang sering muncul di TV dari segi harga memang lebih bersahabat. Tapi brand-brand tertentu harganya sangat mahal. Mengapa ada begitu banyak perbedaan harga? Apa sih perbedaan antara produk kosmetik yang harganya mahal dengan yang murah? Pertama adalah perbedaan bahan baku. Meskipun tidak begitu sering muncul di iklan TV, kosmetik mahal mengandung lebih banyak bahan-bahan alami dan dibuat berdasarkan penelitian dari para ahli kecantikan dengan teknologi yang canggih. Karena didukung dengan penelitian para ahli, hasilnya pun akan lebih efektif. Selain itu, kemasan juga sangat berbeda dengan kosmetik murah. Di sisi lain, kosmetik murah pun tetap menggunakan bahan-bahan alami namun ada penambahan alkohol dan deterjen yang perlu diperhatikan oleh konsumen. Selain itu, kemasannya pun sangat sederhana. Tapi menurut saya, harga yang mahal tidak selalu menentukan bahwa produk kecantikan itu lebih bagus. Hal ini kembali lagi kepada pertimbangan memilih produk kecantikan di atas dan semuanya tergantung pada penggunanya.

Baca juga: Menu Terbaru Super Delicious Dragon Sushi at Zenbu House of Mozaru Restaurant

Jika hanya untuk memilih lotion pelembab kulit, jika cocok dengan lotion Rp. 30.000 yang mengandung bahan alami dan bebas dari alkohol kenapa harus ganti ke produk baru yang harganya lebih mahal padahal kandungannya relatif sama. Kebiasaan mencoba banyak produk kecantikan atau sering mengganti produk perawatan kulit juga tidak baik untuk kesehatan kulit wajah kita. Perempuan, saya yakin item produk yang paling banyak dikoleksi mereka yaitu lipstik dengan bermacam warna dan bisa bertahan lama. Tanpa sadar semakin banyak produk kecantikan yang kamu miliki malah membuat penggunanya bingung dan begitu ada produk lipstik baru pasti langsung menggantinya. Pada akhirnya, sebagian tidak terpakai atau mungkin berantakan di meja rias. Jadi menurutku, produk kecantikan memang penting tapi kita harus dengan bijak memilih atau menggunakannya.

Baca juga: Kecerdasan Buatan (AI) di Masa Depan

Saya belajar dari seseorang Host nomor 1 Di Jepang yang bernama ROLAND, yang menyatakan kalau "KOTOR" itu suatu kekerasan. Betapa pentingnya merawat kulit wajah dan bukan berarti harus mahal. Hal yang paling menarik dari kehidupan seorang host ini adalah kehidupan minimalisnya. Pria yang hanya memiliki 3 pasang setelan ini pernah menyatakan "Semakin banyak barang yang kamu miliki justru membuat pikiranmu kacau". Host yang bisa mendapatkan pendapatan ratusan juta hanya dalam satu hari ini ternyata sangat menyukai brand UNIQLO yang merupakan brand murah di Jepang. Alasannya, "Meskipun harganya murah kalau bagi saya itu bernilai maka saya akan membelinya. Sebaliknya meski semahal apapun harganya jika tidak bernilai tentu saya tidak mau membelinya", "Apapun brandnya dan apapun yang di pakai, jika yang memakainya ROLAND maka siapa pun akan melihatnya mewah." tegasnya. Brand termahal tidak selalu membuatmu bisa lebih baik, jika auramu positif apapun yang kau kenakan akan terlihat lebih baik.
Bagi perempuan pun pasti ingin terlihat cantik dan mendapatkan perhatian dari laki-laki, menurut Roland "Wanita cantik itu adalah wanita yang perilakunya baik dan yang selalu berjuang dan saya yakin banyak pria baik yang akan menghampirinya".

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.