4 Cara Atasi Ngantuk Saat Puasa

17.30
Bulan puasa sudah mau masuk satu minggu. Alhamdulillah sampai saat ini ibadah puasa saya lancar. Gimana dengan kalian? Meskipun puasa, aktivitas sehari-hari tetap harus dijalankan. Supaya tetap FIT, saya selalu mengonsumsi vitamin dan sahur dengan menu yang seimbang. Selain itu, saya mengurangi olahraga berat dan melakukan olahraga seminggu 2 kali saja. 

Keseharian saya  lebih banyak di Kantor meskipun jam pulang lebih cepat tapi tiba di rumah jam nya sama saja karena Jakarta gak pernah ada kata libur untuk macet. Apalagi yang naik KRL yang pulang pergi saat jam sibuk pasti menderita digencet-gencet dengan bau ketek. Tapi itulah yang namanya perjuangan. Rasa lelah terbayar dengan hasil jerih payah sendiri. Nikmatnya bisa berbagi dan bukan seorang pemalas  yang bengong terus di Rumah. Setidaknya ada kegiatan yang selalu kita kerjakan.  
Saat bulan puasa, saya juga hampir tidak meneguk kopi. Efeknya kerasa banget kalau sudah masuk jam kerja siang, ngantuknya auto dan lemes naik tangga. Entah kenapa jadi lebih ngantuk dibandingkan dengan hari biasa. Ternyata faktornya adalah siklus jam tidur kita yang berkurang karena harus bangun lebih pagi dan menyiapkan menu sahur paling sedikit berkurangnya jam tidur kita rata-rata 40 menit. Meskipun sekarang ini banyak menu makanan kilat yang bisa disajikan cepat kalau telat makan sahur namun tetap saja pada siang hari ngantuk ya ngantuk aja. Kalau lagi sibuk, meskipun puasa tetap menjalankan kewajiban untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut.
Saya ingin berbagi kepada kalian yang suka mengantuk saat puasa. Tips ini sudah saya coba dan lumayan mengurangi rasa ngantuk dan lebih semangat bekerja atau menjalankan aktivitas.

  • Mencuci muka
Hal yang biasa dilakukan kalau kita merasa ngantuk.  Meskipun tidak memberi efek yang tahan lama,  dengan mencuci muka kita bisa lebih fresh lagi dan fokus untuk beberapa saat.
  • Memijat telinga
Dari artikel salah satu blogger jepang menyarankan kalau mengantuk lebih baik memijar daun telinga bagian luar beberapa menit. Setelah saya coba, saya bisa tidak mengantuk hampir lebih lama sekitar tiga jam lebih dibandingkan cuci muka. 
  • Jalan keluar ruangan
Penyakit bosan yang selalu dialami siapapun yang duduk kerja dalam ruangan. Kalau sudah mulai ngantuk dan bosan sebaiknya kamu keluar dari ruangan sejenak untuk menghirup udara segar. Kalau saya sendiri jalan di lorong kantor sambil meregangkan otot lengan dan pinggang.
  • Lihat berita atau video menarik dan lucu
Sensasi humor sangat diperlukan untuk mencegah rasa ngantuk. Kalau kalian kerja sambil diawasin sama bos pasti gak enak kan ngobrol bareng temen sebelah? Soalnya saya mengalaminya sendiri. Saat kondisi tidak bisa ngobrol dan bercandaan sama teman lebih baik kamu nonton video lucu atau baca berita menarik. Hal itu membuatmu semakin lebih bersemangat.

Tantangan selanjutnya setelah berbuka puasa biasanya ngantuk lagi saat menjelang masuk shalat tarawih. Entah kenapa lihat anak kecil lari-larian ke mesjid jadi iri karena mereka semangat luar biasa padahal mereka sekolah dan puasa juga. Kalau saya rasanya bawaannya ngantuk terus kalau udah buka puasa. Faktornya menurut saya ada pada makanan atau porsi makan yang terlalu banyak. Kalau makan kebanyakan malah bikin mager dan akhirnya ngantuk. Tuh kan, ngantuk lagi. 
Boleh gak sih minum kopi saat buka? 


Seperti yang  kita ketahui, kandungan kopi tidak hanya mengurangi rasa kantuk tapi memiliki banyak manfaat lain untuk kesehatan. Dengan syarat, minum kopi tidak dalam kondisi perut kosong. Ketika kamu minum kopi saat kondisi perut kamu kosong, maka kafein yang terkandung dalam kopi bisa mengakibatkan naiknya produktivitas asam lambung. Bukannya ibadah puasamu lancar malah perut kamu bisa jadi sakit karena minum kopi disaat yang tidak tepat. 


Ritual berbuka puasa yang baik adalah dengan mendahului makanan atau takjil yang manis dan air putih. Lalu, makan makanan yang mengandung karbohidrat, protein, dan serat yang cukup. Setelah itu, kamu bisa meneguk kopi dan disarankan jangan terlalu banyak. Kalau terlalu banyak minum kopi takutnya kamu jadi gak bisa tidur dan terjaga semalaman. Sebagai penggemar minum kopi, saya pun gak anggap enteng harus tetap hati-hati kalau mengonsumsi kopi. Kalau gak sempet buka puasa di rumah mampir sebentar bukber dan ngopi di Excelso. Setelah berbuka langsung bersiap berangkat salat tarawih di Mesjid dan tubuh jadi kembali berenergi kalau udah ngopi. Hehehe.


Sebelum minum kopi, berbuka dengan yang manis-manis. Menu coffeenya gak kalah dari merek sebelah loh dan pilihan menu beverages coffeenya banyak, seperti: espresso, latte, cappucino, frappio, dan masih banyak lagi. Favorite saya adalah menu frappio coffenya yang enak-enak nyegerin dan yang paling recomended itu cookies and crean frappio dan nutty frappio. Buat yang gak suka coffee, ada juga kok menu dessert lainnya dari mulai tea dan fruit frappio yang bikin mupeng juga. Selain menu coffee, excelso juga menyediakan menu sehat dan cemilan yang enak-enak nih, guys. Dari mulai sandwich, pasta, salad, kentang goreng, dan aneka cemilan sehat lainnya. Seperti golden fried mini wonton atau mini dumpling ini yummy banget karena isian dagingnya padat dan kriuk kriuk di mulut. Apalagi dicocol saus asam manisnya dan saus ini cocok banget sama dumpling mini ini. Penyajiannya juga terhitung cepat hanya 15 menit.



Buat yang buka puasa dan perut udah gak bisa sabar, cocok banget buka puasa disini karena penyajiannya cepat dan gak nunggu lama. Selain itu, tempatnya cozy banget dan yang paling enak bisa nikmati wifian gratis dari excelso dan lengkap dengan tempat charger. Yang paling bikin meleleh adalah Cheese crust, sumpeh aku baru cobain pertama kali. Sebenernya salah satu jenis pizza juga, hanya saja cheese crust ini lebih tipih dan crispy banget. Selain itu gurihnya cheese diatasnya bikin nagih. Kakakku paling doyan dan penyajiannya cepet banget. Kalau mau makanan yang lebih berat, kamu bisa pilih menu sandwich, spagetti, dan pasta. Jangan lupa, menu salad juga bikin memeleh, paket komplit menu sehat pokoknya. 

Asyiknya lagi, selalu ada promo buat ngopi dan makan di excelso. Kalian yang pakai telkomsel pasti suka dapet promo sms dari excelso kan? Waktu makan disini saya bayarnya pake gopay dan kebetulan ada cashback 30%. Makan bertiga cuma abis Rp. 280.000, lumayan donk ya? Selain itu, selalu ada menu baru dari excelso seperti dessert yang bikin neleun ludah kalo diliatin. Puas makan dan ngopi-ngopi disini, kita langsung pergi ke mushola dan shalat magrib bareng-bareng. Kemana-mana selalu kompak udah kayak trio angle heheh. Nyampe ke rumah langsung tarawih karena mesjid di Komplek penuh banget jadi kita shalat berjama'ah bertiga. Sehabis shalat, mata masih melek  karena abis ngopi dan cuma saya doank yang makan nasi uduk lagi. Maklum abis shalat jadi cepet laper dan pengen makan lagi. Saya kan gak bisa tanpa makan nasi. hehehe. 


Ok, guys. Ternyata kopi itu memberikan energi loh. So, jangan takut buat minum kopi saat berbuka puasa asalkan perutnya harus diisi dulu ya, guys. Buat kalian pecinta kopi, mungkin punya tempat ngopi kamu yang asyik dan cozy lainnya. Bisa kalian kasih pendapatmu di kolom komentar, ya. Pokoknya, selamat menjalankan ibadah puasa buat yang menjalankan. Mudah-mudahan ibadah puasa dan aktivitas kalian lancar, amin. Terima kasih sudah berkunjung ^_^.

8 komentar:

  1. hmmm.. bolehlah dicoba

    kan kalo minum kopi pas buka boleh tuh.. asal perut nggak lagi kosong. nah, kalo minum kopi pas puasa boleh nggak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah itu kayaknya gak boleh deh wkwkwk...

      Hapus
  2. Makasih infonya kak, boleh nih dicoba.

    BalasHapus
  3. Bagus banget nih tipsnya, saya juga sudah pasti amat sangat ngantuk pas puasa, cuman untungnya saya di rumah, jadi bisa curi waktu tidur langsung saat ngelonin anak hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. waah sebagai ibu tugasnya justru makin repot ya. semangat bunda.

      Hapus
  4. Di rumah jarang yang tidur selepas Subuh. Bahkan sulung saya yang kelas 2 SD pun berbinar abis sahur dan subuhan..hihi. Tips memijat daun telinga patut dicoba. Saya suka ngantuk pas kajian di bulan Ramadhan, Mbak...sampai nggak fokus sama pak ustadz..kwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. wiihhh rajin banget mba muyass padahal sehari-hari sibuk ya.
      semangat ya mba mudah-mudahan ibadahnya lancar.

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.