Aneka Takjil Murah Meriah untuk Berbuka Puasa

10.57
Alhamdulillah masih semangat menjalankan ibadah puasa. Setiap pulang kerja yang paling diburu pasti jajanan takjil yang suka banyak di jual di dekat rumah atau pasar ramadhan. Kalau Ibu-ibu di rumah pasti udah menyiapkan sendiri menu takjil untuk disantap keluarga ketika berbuka nanti. Supaya gak bosen sama menu takjil yang itu-itu aja, berikut ini ada beberapa menu takjil buka puasa yang bisa kamu coba buat sendiri di rumah dengan biaya yang cukup ramah di kantong dan gampang dicari. Yuk disimak ya..

Olahan Cincau Hitam yang Menyegarkan

Salah satu bahan makanan yang paling banyak diburu saat bulan Ramadhan ini memiliki segudang manfaat khususnya untuk pencernaan kita. Cincau hitam ini terbuat dari daun jenggalan, tepung tapioka, dan air. Teksturnya yang kenyal seperti agar-agar ini mudah disajikan dan jadi menu pas untuk takjil saat berbuka puasa. Cincau hitam ini mengandung kandungan serat yang tinggi sehingga sangat baik untuk melancarkan pencernaan kita. Selain itu karena cincau ini berbahan dasar alami, bisa menetralisir rasa panas dalam dan meredakan sakit tenggorokan buat kamu yang suka makan gorengan saat berbuka. Antioksidan dalam cincau hitam juga sangat baik untuk mencegah kanker dan tumor. Salah satu jenis agar-agar ini juga selalu disajikan sebagai bahan makanan yang manis-manis sehingga bisa menambah energi setelah berpuasa. Salah satunya yang bisa kamu buat sendiri di rumah, yaitu es kopyor cincau ini. Dengan mencampurkan cincau dengan kelapa muda yang diblender dan ditambah sedikit sirup dan susu pastinya akan membuatmu tak tahan untuk meminumnya.

Baca juga: Makan Udon ala Jepang dengan Promo Menarik Hanya di MARUGAME UDON

Olahan cincau selanjutnya kamu bisa membuat es cappucino cincau yang membuatmu jauh lebih bertenaga setelah berbuka dan sudah pasti kamu bisa tahan ngantuk saat menjalankan ibadah tarawih. Caranya gampang banget, blend cappucino dengan es batu tambahkan sedikit susu dan campurkan cincau yang sudah diserut panjang tipis seperti ini. Buat kamu yang gak suka coffee, kamu bisa juga coba buat es timun serut cincau hitam yang satu ini. Dua kali lebih menyegarkan tenggorokan karena mengandung serutan timun yang bisa melawan panas dalam saat berpuasa. Kamu bisa mencampurkan sirup atau air sari cincau hitam dengan diberi madu. Brrrr seger banget deh.



Aneka Menu Takjil yang Menghangatkan Tubuh



Bosan dengan minuman yang dingin-dingin, kamu juga bisa menyajikan menu takjil yang manis dan sekaligus bisa menghangatkan tubuh. Salah satunya Wedang Uwuh dengan kapulaga dan kayu manis. Minuman olahan dari kapulaga ini sangat baik untuk tubuh kita. Rempah ini ternyata bisa melawan penuaan dini dan melancarkan peredaran darah pada kulit. Selain itu, kandungan anti-karsinogenik di dalamnya bisa menurunkan resiko kanker. Sedangkan kayu manis juga memiliki antioksidan yang lebih tinggi dibandingkan blueberry dan sangat baik untuk kesehatan dan mencegah berbagai penyakit. 

Lalu ada bubur kacang ijo yang mudah kamu temukan dimana saja. Menyantap semangkuk bubur kacang ijo, kita bisa merasakan berbagai manfaatnya, salah satunya adalah kandungan protein nabati di dalam kacang hijau ini. Tapi kalian harus hati-hati ketika membuat bubur kacang ijo ini, kalau terlalu lama dimasak atau ditambahkan santan dan gula berlebihan kemungkinan kandungan proteinnya akan berkurang. Jadi usahan jangan terlalu manis saat menyajikannya. Menu makanan ini cocok buat takjil saat berbuka terutama buat perempuan yang ingin menurunkan berat badannya. Kandungan seratnya yang tinggi membuat perut terasa kenyang dan sangat membantu melancarkan pencernaan. Selain itu, kandungan vitamin C dalam kacang hijau membantu meningkatkan daya tahan tubuh selama berpuasa dan antioksidannya juga sangat baik untuk perawatan kulit.

Baca juga: 4 Alasan Ikutan Acara Buka Bersama di Bulan Ramadhan

Kalian juga wajib mencoba olahan bubur kolang-kaling ini yang sangat menyehatkan. Cemilan dari biji pohon aren ini memiliki tekstur yang kenyal dan sering dijadikan bahan makanan yang manis seperti kolak. Kolang-kaling memili kandungan vitamin A, B, C, zat besi, kalium, kalsium, dan mengandung kadar mineral yang cukup tinggi. Mengkonsumsi kolang-kaling ini sangat baik untuk tubuh kita karena bisa melancarkan pencernaan, menyehatkan tulang dan jatung, mencegah anemia dan dehidrasi, dan baik untuk penderita diabetes. Olahan makanan dari kolang-kaling yang sangat saya sukai adalah kolak kolang-kaling yang warna-warni dengan mencampurkan mutiara atau pacar cina dan cenil-cenil yang imut. Selain aromanya wangi, rasanya juga lezat dan menghangatkan tubuh. 

Menu Takjil dari Buah-buahan yang Menyegarkan
Saya masih jatuh cinta dengan salad buah yang asem-asem nyegerin ini. Sesekali belanja buah-buahan biar lebih awet lebih baik diolah jadi salad buah seperti ini. Buah-buahannya gak perlu yang mahal-mahal, sekedar pisang, alpukat, dan nanas juga bisa diolah jadi salad buah. Diatasnya ditaburi keju dan dilumuri saus salad buatan sendiri lalu simpan di kulkas untuk persiapan buka puasa nanti. Karena berasal dari buah-buahan sudah pasti salad buah ini kaya akan serat, vitamin, dan nutrisi yang baik untuk kesehatan. Bagi kamu yang mau coba buat fruit salad, bisa dibaca disini ya.

Baca juga: 4 Menu yang Wajib dicoba Bagi Kamu Penggemar Chicken Katsu





Menu yang asam-asam dan berbahan dasar buah-buahan ini kalian bisa coba membuat es buah dengan menggunakan jelly atau agar-agar buatan moms di rumah. Saya pun membuatnya dengan sederhana dengan menyediakan buah serutan kelapa muda, irisan lemon, alpukat, dan agar-agar saja. Cara membuatnya sama seperti membuat es buah seperti biasa dengan menambahkan sirup dan susu kental manis dengan es batu. Irisan lemon ini sangat menyegarkan dan dijamin bisa buat mata kita melek lagi. Kalian juga bisa menambahkan agar-agar yang warna-warni supaya tampilannya lebih cantik atau dengan menambahkan tapioca pearl yang lagi kekinian seperti minuman-minuman bubble zaman now. Selepas lelah pulang kerja tidak membutuhkan waktu yang lama untuk membuat es buah sederhana ini guys. 


Gimana nih, udah nemu rencana buat takjil untuk berbuka hari ini? mudah-mudahan artikel ini bermanfaat dan bisa jadi referensi menu buka puasa kalian di rumah. Tidak terasa bulan puasa sudah mau usai dan siap-siap menyambut lebaran. Meskipun bulan puasa sebentar lagi selesai, jangan mulai malas beribadah ya. Salam ramadhan..

12 komentar:

  1. Thanks dapat referensi takjil baru :).. tapi saya paling suka berbuka di masjid atau musholah (cari gratisan aja).

    BalasHapus
    Balasan
    1. ide cerdas banget. gratisan lebih nikmat.

      Hapus
    2. Antara cerdas ama adapti dengan kemiskinan terkadang saya susah untuk membedakannya..xixixi

      Hapus
    3. wkwkwk bisa aja si bapak hehe

      Hapus
  2. Wahwah favoritku memang cendol nih untuk berbuka :)
    Tapi yang paling gampang carinya di deket rumah itu ya cendol bandung. Cuma 5ribuan, rasanya aduhai segar sekali :D

    -Fajarwalker.com

    BalasHapus
  3. Masuk blog ini pas udah syawal. Tapi oke juga sih buat bikin bukaan shaum syawal. Thank u!

    BalasHapus
  4. Es kopyor cincau emang yang paling nyegerin.. Segernya awet sampe setelah taraweh.. haha
    Kalau saia emang lebih pilih buka pake es, biar lebih terasa ngilangin dahaganya..

    Salam dari Menggapai Angkasa

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah panas, haus pasti lebih milih es ya bang hehe
      thanks udah mampir!

      Hapus
    2. Trs godaannya kalau habis beli es terus nunggu buka puasa.. Rasanya lama banget padahal cuma beberapa menit.. hehe

      Hapus
    3. wkwkwkwkwk udah ngiler duluan.

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.