4 Merk Keju Buatan Lokal yang Murah Meriah

22.34
Siapa sih yang gak suka keju? Kayaknya lidah orang Indonesia ini sudah mulai ketagihan dengan keju. Kalau pergi ke restoran atau makan di tempat tongkrongan pasti pesan makanannya selalu ada topping keju. Tidak hanya restoran saja, belakangan ini juga sudah banyak bermunculan makanan-makanan kelas kaki lima mulai berinovasi membuat menu makanan dengan memasukkan bahan cheese didalamnya. Saya juga termasuk penggemar keju, apalagi yang namanya mozarella cheese, woww pokoknya gak nolak kalau ada makanan yang berbau keju. Membuat makanan olahan keju pun tidak begitu sulit. Kalau pagi-pagi berangkat kerja dan gak ada waktu buat sarapan, pasti yang jadi penolong itu roti dengan parutan keju. Gak pake lama dan gak ribet.

Doyan keju tapi harga kejunya mahal?
Kalau belanja keju di supermarket, dipikir-pikir harganya lumayan juga ya. Apalagi keju jenis mozarella yang paling enak ini harganya tergolong sangat mahal dibandingkan dengan merk keju lainnya. Jujur saya sendiri hanya bisa mencicipi mozarella itu ketika makan di luar saja tapi kayaknya makan mozarella cheese setiap hari berasa mewah banget kali ya. Keju-keju yang biasa saya beli hanya keju chedar dan harganya relatif murah dan terjangkau. Kadang aku heran kalau ke restoran, makanan yang disajikan rata-rata semuanya menggunakan keju mozarella tapi dilihat dari segi harga makanannya gak terlalu mahal. Setelah saya baca-baca ternyata keju yang mereka gunakan itu keju mozarella buatan lokal, guys. Suer! Saya baru tahu dan gak sabar pengen nyetok keju mozarella di rumah.  Setelah melakukan pencarian diberbagai sumber di internet, ternyata banyak juga produsen yang menjual berbagai macam keju yang gak kalah dengan kualitas keju import. Nah, mungkin merk-merk keju ini bisa kamu jadikan referensi untuk memilih keju yang enak dan tentunya dengan harga yang murah meriah.

1. Keju mozzarella produksi Trie’s Cheese

Salut dengan Bapak Tri yang menciptakan keju mozarella kualitas import namun harganya sangat terjangkau. Beliau berhenti bekerja di pertambangan dan mulai menggeluti bisnis kejunya hingga sekarang. Bayangkan saja, beliau yang sangat menyukai keju ini membuka bisnisnya dengan modal awal sekitar 300 ribuan loh. *tepuk tangan donk
Kalau kamu beli keju import di supermarket dengan harga Rp.600.000/kg, Keju mozarella buatan Bapak Tri ini hanya menjual kejunya dengan harga Rp.70.000/kg. Selain itu tersedia juga keju ukuran 250 gram dan hanya dibandrol dengan harga Rp.27.000. Wahhh jangan nolak buat beli, ini udah murah banget. 
2. Keju Indrakila 

Kini kita bergeser kepada pengusaha Keju bernama Bapak Noviyanto yang berasal dari Boyolali. Asal mula beliau menggeluti bisnisnya berawal saat berpartisipasi dalam acara  Deutscher Entwicklungs Dient (DED) yang memberikan penyuluhan mengenai cara memanfaatkan susu di Boyolali. Nah, kebetulan beliau berperan sebagai penerjemah sekaligus belajar secara langsung cara membuat keju dari acara tersebut. Setelah melihat langsung proses pembuatan keju tersebut, beliau akhirnya memulai bisnis kejunya hingga saat ini. berkat bantuan dari teman-temannya, beliau mulai membuka pabrik keju yang diberi nama dari tokoh pewayangan yaitu indrakila. Keju yang sudah diproduksi hingga saat ini sudah ada 9 jenis keju dan produk makanan dan minuman yang terbuat dari susu dan keju. Untuk mozarella cheese sendiri, terdiri dari beberapa ukuran mulai dari ukuran 100 gram hingga kiloan. Mozarella cheese Indrakila ini dibandrol dengan harga Rp.20.000 untuk ukuran 100 gram, sementara untuk keju lainnya dibandrol mulai dari harga Rp. 85.000 sampai Rp.135.000 perkilonya. Semua keju yang diproduksi tidak mengandung bahan pengawet dan bisa bertahan selama 3 bulan jika disimpan dalam freezer. Karena bisnisnya beliau semakin maju, beliau mendapatkan beberapa penghargaan sebagai pelaku wirausaha sukses, seperti: Pemenang Kategori wirausaha Indonesia Award di tahun 2012, pemenang berani jadi miliarder 2014, dan juara gerakan kewirausahaan Nasional pada tahun 2013.


3. Keju Mozarella KBPS Pengalengan

Produk Keju KPBS Pengalengan ini merupakan salah satu bisnis UKM  yang baru dimulai pada tahun 2013. Pabrik pengolahan kejunya berada di Pengalengan, Bandung yang tidak jauh dari pabrik pengolahan susunya. Konon Pabrik peternakan sapi dan pengolahan susunya .  Produk keju terbuat dari bahan susu segar, tanpa bahan pengawet, dan sudah mendapatkan sertifikat Halal dari MUI. Keju KBPS Pengalengan ini memiliki tekstur melar dan meleleh.  Selain itu, produk ini bisa bertahan lama dan tahan 3 hari diluar ruangan.  Keju mozarella KBPS ini cocok untuk dijadikan topping pasta atau pizza kesukaanmu yang super melted. Produk Keju tersedia dalam berbagai ukuran dari 250 gram hingga kiloan.  Kemarin saya membeli keju ini di situs belanja online dan harganya sangat terjangkau mulai dari Rp.25.000 untuk ukuran 250gram dan kemasannya pun rapih.


Baca juga: 5 Pelayanan Buruk Terhadap Konsumen dan Bagaimana Mengatasinya

4. Keju Mazaraat

Produksi keju rumahan ini berasal dari Kadipaten Yogyakarta yang bernama Mazaraat Artisan Cheese Shop. Keju mazaraat ini merupakan bisnis yang dimulai oleh Jimie sejak tahun 2012 dan bisnis kecil-kecilan ini mulai digelutinya saat masih bekerja sebagai Direktur di Perusahaan IT di Yogyakarta. Keju yang dibuatnya mulai dijual di pasar tradisional dan setelah itu mulai banyak permintaan keju buatannya sehingga keju olahan Jimie ini terkenal. Akhirnya, beliau memutuskan untuk berhenti bekerja dan membuat keju dan meproduksi kejunya di rumah. Keju olahannya ini menggunakan susu yang berasal dari peternak yang ramah lingkungan dan aman dari kandungan bahan kimia atau suntikan antibiotik. Jimie pun aktif membuka workshop untuk masyarakat yang ingin mengenal jenis-jenis keju dan cara pembuatannya. Kalau kalian ingin merasakan cita rasa kejunya, kalian bisa kunjungi akun instagram Mazaraat Artisan Cheese.



Baca juga: 4 Tips Memilih Outfit Lebaran 2019

Please jangan melted dulu! Buat kamu yang kecanduan keju sama kayak saya sekarang udah gak khawatir soal harga lagi. Dengan membeli produk keju buatan lokal, kita juga ikut membantu perekonomian kita semakin baik lagi dan harusnya kita bangga dengan membeli produk buatan Negara kita. Keju-keju lokal yang tak kalah dengan keju import ini akan siap melelehkan mulutmu. Terima kasih sudah membaca dan mudah-mudahan artikel ini bermanfaat.

21 komentar:

  1. Aku udah coba yang KBPS Pengalengan mba harganya mursidaahhh hahaha..cocok buat bikin semilan di rumah

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku juga udah pernah beli. dan rasanya gak kalah dengan import xxx

      Hapus
  2. baru tau ternyata banyak ya produk keju lokal, sayang masih belum terlalu dikenal dan masih belum tersedia di banyak tempat :(

    padahal katanya keju itu banyak manfaatnya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. mulai sekarang ayo dukung produk keju buatan lokal.
      thank's sudah mampir.

      Hapus
  3. Taunya KBPS Pengalengan itu tukang susu doamg, soalnya kan suka ada tuh pedagang kelilingnya ... Eh taunya bikin keju juga.

    Anw, saya suka keju dan paling suka beli batangan cheddar di alfamart, nulis artikel kalo lagi mumet pilihan saya ya ngemil keju wkwkwwkwk

    Tapi ya sebatas mood breaker aja, ga sukaaa bangeet ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. keren memang. di shoppee banyak yang jual dan murce-murce.

      Hapus
  4. banting banget ya harganya, dari 600k/kg, ke 70rb/kg, untuk dapatin kualitas import ga mesti mahal, tangan2 kreatif indonesia juga mampu bikinnya, eh kok kepikiran jadi pengen bikin keju juga sya

    BalasHapus
    Balasan
    1. harganya memang jauh banget. kenapa harus beli yang mahal kalau yang lebih murah dan berkualitas ada.

      Hapus
  5. Kayaknya keju lokal sangat cocok pelengkap usaha rumahan, selain harganya murah juga kita ikut mensejah terakan pengusaha lokal hehe

    Jangan kebanyakan makan keju mbak, awas ndut lo kwkekkek
    ☆kabur

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih udah mampir. Keju juga bisa menyehatkan gigi loh. tapi jangan berlebihan juga yah siap deh.

      Hapus
  6. Kadang mau nyari keju jenis kayak gitu susah teh, kadang nggak ketemu, abis atau juga gak ada. Btw, sebenernya saya juga baru tau ada jenis keju lokal ya.. bagus juga sih kalo ada. Harganya agak murah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. di shopee banyak kok..cari aja yang merknya diatas. diinstagram aja ada.

      Hapus
  7. Baru tau ternyata banyak brand-brand keju buatan lokal juga ya. Setahuku cuma susu aja yang udah banyak dikomersialisasi lokal :D

    Makasih infonya ya.
    -Fajarwalker.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya.apalagi lihat profile para wirausahawannya hebat-hebat..

      Hapus
  8. Idem, saya juga baru tau kalau ada produk lokal keju seperti ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mulai sekarang boleh dong belinya produk lokal aja

      Hapus
  9. Wahh murah banget harganya, jauh banget dari harga di supermarket. Boleh nih buat bekal camping minggu ini. Thanks infonya kak.

    BalasHapus
  10. Keju mazaraat bntuknya kaya tempe gitu ya :D

    -Traveler Paruh Waktu

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.