4 Tips Memilih Outfit Lebaran 2019

13.01

Mengikuti jejak fashion saat ini, busana-busana muslim di Indonesia sudah sangat berkembang terutama di acara besar Lebaran ini. Busana muslim yang dikenakaan saat lebaran tentunya harus nyaman dan anti ribet karena di hari raya kita tidak hanya melakukan shalat Id tapi berkunjung ke tempat saudara maupun tetangga untuk bersilaturahmi dan melakukan tradisi jiarah ke makam.  Beberapa hal yang perlu direncakan supaya kamu gak salah pilih untuk memakai baju lebaran tahun ini.




Carilah baju lebaran yang sesuai dengan budget

Baju lebaran tidak selalu harus baru, kamu bisa mencocokkan baju lebaran tahun lalu dengan item-item lainnya, misalnya mengganti model hijab atau menambahkan aksesoris lainnya seperti kacamata, headpiece, kalung, dll. Jika kamu hendak membeli baju baru, kamu juga tetap harus menyesuaikan dengan budget kamu. Jangan sampai, uang THR-mu habis hanya untuk memborong baju baru. Satu atau dua setel baju lebaran pun sudah cukup untuk berpakaian saat bersilaturahmi saat hari raya. 


Belilah baju lebaran jauh-jauh hari sebelum hari raya

Biasanya kalau kita belanja untuk keperluan hari raya pasti semua harga-harga menjolak tinggi saat mendekati hari lebaran. Kamu bisa cek sendiri, store-store atau outlet pakaian, semua baju lebaran pasti harganya melebihi batas wajar bisa-bisa kamu shock melihat harganya. Oleh karena itu, carilah baju lebaran dijauh-jauh hari supaya harganya tidak terlalu mahal. Cek semua outlet pakaian atau situs belanja online  yang sering kamu kunjungi dan bandingkan harganya. Jika kamu lebih suka belanja online, pilihlah situs belanja online yang terpercaya jangan sampai sudah beli mahal tapi barangnya mengecewakan. Maklumlah karena belanja online tidak bisa dicoba dulu jadi kamu harus pastikan ukuran pakaian dan desain yang cocok buat kamu. Mahal sedikit tidak masalah asalkan terpercaya dan no tipu-tipu dan pastikan harus ada layanan refund. Jika sudah terlanjur beli baju via online, masih ada waktu untuk melakukan refund.



Jika melihat harga di outlet atau pakaiannya kurang cocok diukuran tubuh kita, jangan khawatir masih ada opsi lain. Menjahit pakaian sendiri jau lebih hemat dibandingkan membeli outlet atau mall. Selain bisa menentukan contoh desain baju sendiri, kita juga bisa menyesuaikan ukuran yang pas buat ukuran tubuh kita. Kalian juga bisa buat pakaian serasi untuk anggota keluarga sehingga terlihat kompak dan senada.

Jadikan kenyamanan jadi hal yang utama

Kalau cewek lebih ribet daripada cowok. Kalau belanja, cewek selalu memilih sesuatu yang terlihat mewah dan glamour. Mereka rela menahan sakit dan ribet-ribet supaya terlihat anggun dan cantik saat event tertentu. Daripada "Beauty of the pain" lebih baik kita cari pakaian yang nyaman dipakai dan tidak ribet. Karena lebaran itu melambangkan suatu yang kembali suci dan bersih maka pilihlah warna pakaian yang cerah dan jangan terlalu mencolok. Pilihlah sepatu dengan hak yang tidak terlalu tinggi bagi wanita, seperti flatshoes atau sneakers. Pilihlah sendal yang empuk dan tidak licin  untuk laki-laki. Yang sering saya lihat ketika lebaran, banyak anak kecil yang menggunakan sepatu yang berhak tinggi. Hal ini sangat tidak baik dipakai anak kecil karena selain tidak nyaman untuk si kecil, sepatu berhak juga tidak baik untuk pertumbuhan tulang kakinya.




Bawalah tas yang sederhana

Perlukah membawa tas saat lebaran? Saat berkunjung ke rumah saudara atau tetangga untuk bersilaturahmi membawa tas sangat diperlukan. Kalian bisa memasukan gadget untuk mengabadikan momment lebaran, aksesoris, dan anpao lebaran yang siap dibagikan kepada sanak saudara. Pilihlah tas yang tidak terlalu besar dan nyaman, seperti clutch bag atau sling bag. Untuk pria sendiri, bisa cocok menggunakan waist bag. 

1 komentar:

  1. Betul sekali hari raya idul fitri hariyg special outfit harus special juga setuju setuju

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.