5 Tips Berbelanja Hemat dengan Menggunakan Dompet Digital

20.54
Bawa uang cash di dalam dompet sudah bukan zamannya lagi karena semuanya dituntut untuk melakukan transaksi serba cepat dan mudah. Perusahaan startup di Indonesia sudah merabahkan sayapnya dengan memunculkan aplikasi berupa dompet digital yang sudah banyak digunakan oleh masyarakat diberbagai kalangan. Dengan sistem top-up saldo di aplikasi, kita bisa melakukan banyak transaksi tanpa harus pergi ke gerai ATM untuk melakukan pembayaran. Benar-benar sangat membantu dan memberikan banyak kemudahan untuk kalian yang sibuk atau mager ke luar rumah., seperti, transfer uang, pembelian pulsa, pembayaran listrik, asuransi, dan masih banyak lagi. Hanya dalam waktu hitungan menit, kita bisa melakukan berbagai macam transaksi dengan ponsel. Karena semakin banyak penggunanya, berbagai restoran, perusahaan ritel, bahkan pedagang kaki lima pun sudah menerapkan sistem pembayaran dengan menggunakan dompet digital. Hanya tinggal scan kode QR atau barcode, pembayaran sudah diterima dan saldo secara otomatis berkurang. Semakin banyak melakukan transaksi akan semakin banyak keuntungan yang di dapat penggunanya.



Perusahaan yang memberikan layanan keuangan berbasis digital ini disebut perusahaan e-wallet dan persaingannya sangat ketat karena semakin banyaknya perusahaan e-wallet yang bermunculan. Tahukah kamu? OVO dan Gopay dalam aplikasi Gojek ini sudah mendapatkan gelar "UNICORN" yaitu perusahaan yang valuasinya sudah mencapai di atas 1 miliar dollar AS. Tidak hanya itu, DANA, Linkaja, Sakuku, dan Cashback juga muncul dan bersaing untuk mendapatkan peringkat teratas. Menurutmu aplikasi mana nih yang sanggup bertahan? 

Sayangnya, dompet digital ini masih bergantung dengan jaringan internet. Jika tidak ada jaringan internet secara otomatis kita tidak bisa melakukan transaksi atau transaksinya gagal. Saya juga termasuk pengguna beberapa dompet digital yang tidak bisa lepas bahkan sudah jadi kebutuhan wajib. Seperti kalau pergi ke kantor pesan Gojek dengan membayarnya menggunakan Gopay. Karena saya bukan pengguna kartu kredit, sekarang tidak perlu lagi menarik uang tunai sebelum belanja bulanan, apalagi kalau pakai OVO atau Dana bisa dapat cashback atau uang kembali. Selain itu, membeli atau memesan makanan. Dengan ini jadi terasa mudah karena kita bisa memilih makanan yang ada promo atau cashback.





Bawa ponakan ke Mall, tiba-tiba minta beli ini itu. Hampir semuanya menawarkan pembayaran dengan aplikasi toh cashback ini. Beli eskrim, chattime, dan cheesecake jadi gak terlalu mahal karena ada penawaran cashback. Pulang kerja terus laper, tak jauh dari stasiun dekat rumah bisa nongkrong dulu makan ketan susu dengan toping nangka sama serabi oncom ini. Karena cashback jadi cuma bayar 25rebuan doank. Kenyang dah tuh. Tapi, saya cukup ketat dan pilih-pilih kalau belanja. Kita juga perlu control diri supaya gak tergiur karena adanya penawaran cashback ini. Sebulan paling banyak 5 kali atau seminggu sekali.  





Promo cashback itu sudah menggila, setiap buka aplikasi pasti gak nahan godaannya. Tidak hanya dompet digital saja, promo diskon situs belanja online juga membuat penggunanya tergiur untuk belanja. Diskon 50%, buy 1 get 1, gratis ongkir, flash sale, dan lain-lain yang memaksa penggunanya berpikir "kalau gak belanja sekarang, kapan lagi?" dan akhirnya kita mengkuti syarat-syarat promo tersebut lalu membelinya meskipun bukan barang yang kita perlukan. Meskipun perusahaan e-wallet ini berani mengeluarkan uang dengan memberikan promo besar-besaran tapi tetap tujuan mereka hanya membuat penggunanya ketagihan melakukan banyak transaksi dan menambah banyak pengguna aplikasi tersebut. Kalau sudah begini yang ada bukan belanja hemat tapi malah kita sendiri jadi boros.

Perbedaan Cashback dan Diskon

Jangan salah kaprah! Cashback dan diskon itu berbeda loh. Cashback alias uang kembali adalah keuntungan yang didapat ketika sudah melakukan pembelian sesuatu. Sedangkan Diskon adalah keuntungan yang didapat berupa potongan harga dari barang yang dibeli. Cashback terlihat menguntungkan tapi sebenarnya ada kekurangannya. Cashback biasanya diberikan dalam waktu tertentu jika melebihi waktu maka tidak bisa lagi digunakan dan lagi adanya syarat pembelian dalam jumlah tertentu yang justru lebih menguntungkan penjual.



Tips berbelanja dengan menggunakan dompet digital

Siapapun ingin berbelanja hemat dan mendapatkan banyak keuntungan. Tapi, kita perlu bijak dalam membeli sesuatu dan harus benar mengetahui apa kebutuhan kita bukan apa yang kita inginkan. Berikut ini sedikit tips berbelanja hemat dengan menggunakan aplikasi dompet digital.

1. Membuat catatan belanja bulanan dan tagihan yang harus dibayar.

Tanpa adanya catatan belanja bulanan, kita tidak akan bisa tahu apa yang benar-benar dibutuhkan. KIta juga sulit mengontrol barang yang dibeli karena setiap membuka aplikasi biasanya ada saja yang ingin dibeli. Selain itu, catatan tagihan dan berapa jumlah yang harus dibayar setiap bulannya supaya kita tidak perlu berkali-kali top-up saldo hanya untuk membayar tagihan.

2.  Cek Promo

Seperti biasanya kita mengecek ada promo apa dipekan ini dan baca dengan baik ketentuan atau syarat promo tersebut. Seperti promo minuman, jika beli 2 dapat potongan 30ribu. Dengan begitu, kamu bisa ajak teman kamu supaya tidak perlu beli 2 minuman dan pembayaran dan promonya bisa dibagi 2. Kalau cashback maksimal 20ribu dengan belanja Rp.0 maka jangan belanja lebih dari 100ribu.

3. Jangan tergiur dengan Flash sale

Kalau bisa jangan melihat flash sale karena pasti akan tergoda untuk membeli sesuatu diluar kebutuhan. Belilah barang di flash sale jika itu ada di item yang kamu butuhkan dan bukan karena sekedar mau atau aji mumpung. Cek lagi keterangan barang sebelum kamu beli meskipun itu flash sale.

4. Tetapkan anggaran untuk isi dompet digitalmu

Pernahkah kamu berkali-kali isi saldo setiap ada diskon? Sebaiknya kebiasaan itu dirubah karena membuatmu jadi lebih boros. Jika anggaranmu ditetapkan misalnya 500ribu sebulan maka gunakanlah promo atau transaksi yang bisa digunakan dalam anggaranmu itu. Jika diluar anggaran tersebut usahakan jangan berbelanja apalagi bela-belain buat top-up saldo.

5. Lindungi data saat bertransaksi.

Jangan sampai data pribadi, seperti username dan password diketahui orang lain yang kemungkinan akan disalahgunakan.

Mulai sekarang kita harus mengendalikan nafsu gairah untuk shopping. Kenali diri kita dengan benar-benar mengetahui apa kebutuhan kita. So, bijaklah dalam berbelanja dan menikmati layanan promo belanja digital.

2 komentar:

  1. wah, makin canggih aja ya jaman skrg, serba aplikasi... tp tetep perlu juga kan siapin cash di saku... siapa tau diperjalanan ada pengamen masa ngasihnya lwt aplikasi, ups, hehe... :D bcanda.

    aku follow blognya ya...

    BalasHapus
  2. kalo aku sih jarang belanja menggunakan dompet digital gitu.... lebih ke uang cash sih... tapi ada beberapa hal yang membuatku bertransaksi menggunakan dompet digital. seperti beli pulsa atau voucher game misalnya

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.