Cara Membuat Popcorn Tanpa Microwave

10:24
MY MORNING GLORY!!
Mau nonton film di Bioskop pasti cemilan satu ini gak pernah ketinggalan. Semenjak dilarang bawa makanan dari luar Bioskop berlaku, saya terkadang membeli popcorn sambil menunggu antrian membeli tiket di loket. Tapi dilemanya kenapa harga semua makanan dan minuman di Bioskop bisa dua kali lipat mahalnya, ya? Kalau memang tidak boleh bawa makanan dari luar kenapa harga makanan dan minumannya setidaknya bisa lebih murah, kan? *maksa. 

Kenapa sih makanan di Bioskop mahal?

Ternyata pendapatan dari hasil penjualan tiket film tidak menutupi biaya operasional pemutaran filmnya. Biaya operasional tersebut bisa ditutupi jika ada 30 persen dari kursi penonton setiap satu kali pemutaran film. Selebihnya bioskop membuka foodcourtnya dengan menyajikan popcorn dan minuman soda yang paling favorite untuk menutupi biaya operasional tersebut. Meskipun harganya mahal, semua orang tetap berkunjung dan lebih memilih nonton film di Bioskop dibandingkan dengan streaming di HP. Ya, sudah jelas karena kualitas gambar dan ukuran layar yang besar membuat sensasi menonton film lebih berbeda dan menyenangkan. Meskipun harga popcorn dan minumannya bisa dua kali lipat, semua orang tetap saja mau mengantri dan membeli cemilan seru yang satu ini. 


Terakhir saya menonton film di Bioskop itu Desember lalu saat liburan bareng ponakan yang ngebet pengen nonton JUMANJI. Diluar harga tiket, saya membeli 2 popcorn bisa Rp.100.000 lebih dan itu pun ukuran small. Keselnya lagi, popcornya udah keburu abis sebelum film diputar. Tau sendiri kan kalau iklan dan triller di Bioskop itu lumayan lama. Belum lagi minumannya, 1 botol air mineral ukuran kecil bisa Rp.10.000. Oh my goooddd boros kalau tiap bulan begini. Eitsss gak sering-sering nonton kok, karena sekarang udah ada streaming online. Sayangnya, hadirnya Pasukan Bajak Laut itu membuat Bioskop merugi termasuk industri perfilman juga kena imbasnya. Kalian yang suka nonton film streaming, saya harap memilih aplikasi streaming film online yang berbayar ya. 


Oke, musim hujan begini pasti males keluar kan? Let's watch movie dengan membuat snack sendiri di rumah. Ganti cemilan gorenganmu dengan menyajikan popcorn di rumah. Saya share dan menulis postingan ini karena akhir-akhir ini saya lagi hobi makan popcorn di rumah maupun kantor. Awalnya, check shopee dan saya temukan popcorn sachet instan dengan rasa original. Harganya pun murce cin, cuma Rp.2000 per sachet dengan ukuran 64 gram sekitar 1 mangkuk popcorn ukuran small kalau beli di Bioskop. Cara buatnya gampang banget dan super cepat hanya 3 menit saja. Di dalam kemasan sudah ada jagung yang dilumuri mentega dan di kemasannya sudah ada cara membuat popcornnya dengan super praktis. Cemilan yang cocok buat anak-anak di rumah supaya gak jajan sembarangan. Saya yakin anak-anak pasti doyan.

Kalau kamu gak suka yang instan, kalian bisa beli kemasan jagung untuk popcorn yang ada di Indomaret terdekat. Bahan untuk membuat popcorn juga sederhana, hanya dua bahan saja yaitu mentega dan jagung. Cara membuatnya biasanya menggunakan microwave tapi kamu juga bisa membuatnya dengan memasaknya di panci yang tertutup.


Baca juga: Menu Terbaru Super Delicious Dragon Sushi at Zenbu House of Mozaru Restaurant


Berhubung saya gak punya microwave di rumah, saya mau share cara membuat popcorn dengan menggunakan panci.


  1. Panaskan mentega dengan panci hingga meleleh dengan api kecil. Setengah sendok makan mentega untuk segenggam jagung popcorn, ya guys.
  2. Masukan jagung dan goyangkan panci supaya metega biasa tercampur dengan jagung. Jika popcorn instan, langung masukan saja 1 kemasan  ke dalam panci dan goyangkan panci.
  3. Tutup panci rapat dan tunggu hingga jagung meletup dan terdengar bunyi "POP! POP!".
  4. Goyangkan lagi panci dan jangan lepaskan tutup panci. Supaya jagung yang ada dipaling bawah bisa meletup juga dan tidak gosong.
  5. Tunggu hingga letupan jagung popcorn berhenti dan popcorn sudah bisa disajikan.



Baca juga: 4 Rekomendasi Jajanan Minggu Ini


Kamu juga bisa membuat popcorn caramel dengan membuat caramel sendiri di rumah. Caranya gampang banget, check it out:

  1. Sisihkan popcorn yang sudah matang dari panci.
  2. Panaskan setengah sendok makan mentega dengan api kecil. 
  3. Setelah meleleh, masukan 2 setengah sendok gula pasir dan aduk sebentar. Cukup menggoyangkan panci juga tidak masalah.
  4. Setelah gula mulai lengket, masukan setengah gelas air. Lalu goyang panci.
  5. Masukan bubuk kayu manis supaya lebih wangi.
  6. Tunggu hingga gula berubah warna dan semakin mengental. Supaya tidak menggumpal dan gosong, jangan lupa terus menggoyangkan panci.
  7. Setelah cukup kental, matikan api dan masukan popcorn dan aduk popcorn dalam panci. Jadi deh!
Supaya popcorn lebih awet, popcorn bisa disimpan di kantong kertas dan di tutup rapat. Simpan popcorn di dalam kulkas supaya tetap renyah. Saya sarankan jangan memasak popcorn dengan mengaduknya dengan spatula cukup digoyangkan pancinya, popcorn jadi lebih bagus. Bubuk kayu manis juga membuat warna caramel lebih brownie dan wangi. Kalau saya tidak begitu suka manis jadi warna caramel di foto tidak begitu terlihat. Oke, sekarang saya siap nonton film sekarang. Don't forget to sharing your popcorn with your friends.

See you..

14 comments:

  1. Aku pernah lihat popcorn dari LEO ini di supermarket, pas ke sana aku coba beli deh 😊 setuju banget sama harga popcorn di bioskop harganya mahal bener

    ReplyDelete
  2. suka banget dengan pop corn, dulu ibuku sering bikin, kalau aku mah beli saja

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk enak kalau beli tinggal makan hihi

      Delete
  3. AKu dulu sering banget bikin popcorn menggunakan panci begini :) Rasanya ga kalah enak loh smaa buatan ala resto, yang penting bumbunya juga maknyuzzz hehehe. Meletup2 kudu ati2 tutup pancinya harus pas ya. Yoi, mehong modalnya nonton di bioskop ya hihihi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebisa mungkin berhemat untuk bisa tetap ngemil wkwk

      Delete
  4. Anakku juga sering banget minta buatin popcorn. Praktis nih ada yang instant begini aku biasanya pakai jagung kering biasa. Terimakasih resep dan infonya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau jagung biasa dimasukkan mentega pun kalau takarannya tidak cocok jadi tidak maksimal. hehehe

      Delete
  5. Wah akhirnya nemu juga cara bikin popcorn yang meyakinkan. Saya belum pernah coba. Tapi pengen banget nyoba. After this, bakal beli jagung popcorn ah....

    ReplyDelete
  6. Mending buat popcorn sendiri ya daripada beli mahal wkwk. Gampang juga deh cara bikinnya, bisa buat camilan di rumah nih. Hehe

    ReplyDelete
  7. Aku belum pernah bikin popcorn sendiri karena takut pas bikinnya jadi tiap mau popcorn langsung beli aja

    ReplyDelete
  8. Ternyata semudah itu bikin popcorn sendiri tanpa microwave. Kirain bakalan susah dan butuh alat ribet loh

    ReplyDelete
  9. Dari kemarin anakku minta dibuatkan popcorn terus, Alhamdulillah akhirnya nemu resep simple nya disini, aku save ya makasih..

    ReplyDelete

Powered by Blogger.