Advertisement

Main Ad

Oishii! Japanese Curry Rice Recipe dengan Bumbu House Kari Ala Jepang

Sebagai penggemar makanan Jepang, rasanya gak cukup kalau belum nyobain Nasi Kari ala Jepang yang satu ini. Setiap makan di Restoran Jepang, menu favorite yang selalu saya cari, yaitu nasi kari, chicken katsu, ramen, udon, sushi, atau tamagoyaki. Berhubung suka banget nonton anime, makanya saya hafal banget makanan Jepang terutama nasi kari. Kadang suka penasaran gimana cara buatnya karena memang beda banget sama nasi kari Indonesia. 

Ngomongin soal kari, pasti kalian sudah tahu kalau kari itu berasal dari India yang dimasak dengan aneka rempah-rempah, aromanya yang tajam, dan pedas. Kari mulai terkenal saat India dijajah oleh Inggris dan menyebar ke seluruh dunia terutama Jepang. Di Indonesia sendiri, banyak sekali olahan masakan yang terbuat dari banyak rempah-rempah yang bisa dibilang termasuk saus kari juga, seperti gulai daging, kari kepala ikan, bahkan rasa mie instan pun pakai bumbu kari. Kari Jepang yang biasa disebut "KARE" ini cenderung lebih kental dibandingkan dengan kari lainnya. Kari terkenal di Jepang karena pada saat itu Tentara Angkatan Laut mengkonsumsi kari dalam bentuk ransum dan kari menjadi populer dan sudah dalam bentuk bumbu padat atau bubuk kari kemasan yang mudah dibuat. Pada umumnya orang jepang tidak menyukai aroma rempah yang terlalu kuat, makanya aroma rempah dikurangi dengan mencampurkan madu atau buah. Agak aneh sih tapi ini bener..wkwkwkwk

Sayuran isian kuah kari diantaranya, wortel, bawang bombay, kentang, bisa juga daun seledri. Selain itu daging yang dicampurkan bisa berupa daging babi, sapi, atau ayam yang dipotong dadu. Namun, sekarang ini kuah kari yang hanya berisi potongan wotel, bawang bombay, dan kentang ini biasa disajikan dengan chicken katsu atau tempura. Bahkan sekarang ini sedang populer Tofu Rice Curry yang menggunakan potongan dadu tahu sebagai pengganti daging.



Baca juga: Panorama Waterfall Curug Sawer dan Situ Gunung Lake di Sukabumi

Ceritanya gak sengaja liat bumbu-bumbu instan di Supermarket, nah kebetulan banget nemu bumbu kari instan ala Jepang dan karena penasaran akhirnya beli dan coba buat. Saya kira cara buatnya ribet eh..tahunya lumayan gampang dan bahan-bahannya simpel. Bumbu kari instan ini ada banyak banget macamnya dan rasanya. Kamu bisa pilih House Kari Ala Jepang yang sudah terjamin Halal dan harganya pun lebih bersahabat cuma Rp. 15.000 /pack untuk 50 porsi nasi kari. Lihat dalam kemasannya, bumbu kari padat berbentuk kotak-kotak sepertinya sudah diukur untuk setiap pemakaian. Praktis banget dan ada juga panduan cara pembuatannya.

Tapi kali ini saya mau buat sesuatu yang berbeda. Biasanya kare disajikan dengan nasi putih, kali ini saya mau coba menggunakan nasi merah dan membuat chicken katsunya. Catat cara buatnya ya.

Bahan Saus Kari:

Satu potong bumbu padat kari dengan rasa spicy, wortel, bawang bombay, kentang, dan daun seledri.


Bahan Chicken Katsu: 
  • Daging ayam fillet ukuran sedang 5 pcs
  • jahe parut
  • parutan bawang bombay 1 siung
  • 4 siung bawang putih yang sudah dihaluskan
  • kecap asin 4 sendok makan
  • 1 sendok makan gula pasir
  • tepung panir
  • telur ayam 3 butir yang sudah dikocok
  • tepung terigu 4 sendok makan
  • tepung tapioka 5 sendok makan
  • merica 1 sendok makan
  • maizena secukupnya
Cara membuat Saus Kari:
  • Tumis bawang bombay hingga harum
  • Masukan 1 liter air sampai mendidih, lalu masukan wortel, kentang, dan bumbu kari.
  • Tunggu sampai bumbu mengental dan sayuran mulai sedikit lunak lalu masukan sedikit garam, gula, dan merica secukupnya.
  • Matikan api dan masukan potingan daun seledri dan aduk hingga rata.


Baca juga: Camping Seru dan Jembatan Gantung Terpanjang di Asia

Cara membuat Chicken Katsu:
  • Siapkan wadah yang cukup besar.
  • Masukan bumbu: bawang putih, bawang bombay, jahe parut, gula, dan kecap asin. Lalu aduk dengan menambahkan sedikit air.
  • Masukan daging yang sudah dicuci bersih ke dalam bumbu dan lumuri daging dengan bumbu hingga merata. Rendam daging dengan menutup dengan plastik wrap.
  • Setelah 2 jam tiriskan daging.
  • Siapkan wadah dan masukan tepung terigu, tapioka, maizena, dan merica. Lalu aduk hingga rata.
  • Siapkan wadah lagi khusus untuk tepung panir.
  • Lumuri daging di wadah tepung terigu tadi sampai merata.
  • Celupkan daging yang sudah dilumuri tepung ke dalam kocokan telur lalu masukan ke dalam wadah tepung panir hingga seluruhnya tertutupi rata.
  • Sisihkan sementara dan dinginkan ke dalam pendingin supaya tepungnya tidak pecah.
  • Panaskan minyak goreng yang banyak dan goreng daging tadi hingga kering. Tiriskan dan potong chicken katsu.
  • Siapkan satu porsi nasi ke dalam piring, masukan kuah kari jepang tadi dan chicken katsu di atasnya.
  • Nasi Kari Chicken Katsu siap disajikan.


Japanese Curry Rice
Japanese Curry Rice

Jika saus kari masih tersisa, kalian bisa simpan di kulkas supaya lebih awet. Nasi kari memang sangat enak kalau disajikan hangat-hangat, namun saus kari kalau dipanaskan berulang-ulang kondisinya sudah tidak enak lagi. Terkadang kalau mengeluarkan saus kari dari kulkas, biasanya sausnya jadi keras dan menggumpal. Nah, sedikit tips lagi buat kalian supaya saus kari tetap enak baik disajikan dingin. Rahasianya ada pada madu. Yup, sebelum disimpan di kulkas, jangan lupa masukan madu ke dalam saus kari secukupnya lalu tutup dengan wrap. Madu ini bisa menjaga tekstur saus supaya tetap encer dan tidak menggumpal.

Hey, berhasil dah menu KARE RAISU saya nih dengan nasi merah. Jangan tanya rasanya, sudah pasti Enyaaaakkkk. Tanpa nasi juga enak guys, bisa jadi menu makan siang yang bikin ngiler. Sekarang gak perlu makan di Restorant lagi kalau sudah bisa bikin nasi kari ala Jepang di rumah. Jangan lupa kalian buat juga ya. Mudah-mudahan bermanfaat.


Post a comment

4 Comments

  1. jadi lapar melihat resep masakan ibu.

    ReplyDelete
  2. Waah lagi puasa liat ini, enaaak

    ReplyDelete
  3. wah masuknya ke donburi nih kalo gini ya.. enak bangt ciken katsu

    ReplyDelete
  4. Belum pernah nyoba masakan kari ala Jepang, tapi nampaknya oishii :D

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog ini.