Advertisement

Main Ad

7 Cara Produktif Selama Ramadhan di Tengah Pandemi Covid 19

Ramadan Ya Kareem....
Alhamdulillah dengan segala Rahmat-Nya, kita dipertemukan kembali dengan Bulan suci Ramadan tahun ini. Namun sayang, Ramadan kali ini dijalanan berbeda dari biasanya karena kita tidak boleh berkumpul dan menjalankan ibadah puasa dan kegiatan shalat terawih di rumah. Beberapa hari yang lalu, Gubernur Jakarta Anies Baswedan mengatakan "Kalau bulan suci Ramadan tahun ini justru yang paling mirip dengan yang dijalankan pada masa Rasulullah SAW". Kegiatan shalat terawih yang biasanya dilakukan di Mesjid atau Mushola secara berjamaah memang pada umumnya tidak dilakukan oleh Rasulullah SAW dan Beliau melakukannya di Rumah. Ramadan kali ini benar-benar ada banyak sekali hikmah yang bisa kita dapatkan, yaitu bisa lebih banyak waktu beribadah yang khusyuk di rumah bersama keluarga. Selain itu, ada banyak waktu untuk istirahat dan belajar lebih banyak selama di rumah. Buat kamu yang anak rantau yang di kos sendirian, saya cuma bisa support kalian semua untuk terus bersabar dan tidak pulang kampung. Semenjak diresmikan larangan pulang kampung atau mudik, ada beberapa orang yang masih saja egois dan maksa pulang kampung. Tapi kamu enggak kan? Tetep di Rumah ya...Demi kita semua.

Semenjak memasuki ramadan, jangan sampai level "KEMAGERAN" kita meningkat. Siapa yang kalau abis sahur tidur lagi? Hayooo...ngaku. Bangun jam 3 pagi langsung menyiapkan menu sahur dan setelah subuh eh malah tidur lagi. Tahu gak sih, tidur setelah sahur itu bahaya loh. Selain bisa menyebabkan asam lambung naik, bisa juga menyebabkan stroke dan diabetes. Seharusnya puasa bisa membuat tubuh lebih sehat, malah perut kita makin buncit karena tidur terus. Disiplinkan diri kita untuk terus tetap produktif selama menjalankan ibadah puasa. Apalagi ditengah pandemi virus korona ini, seharusnya kita lebih berhati-hati karena kalau udah sakit, susah tuh pergi ke rumah sakit karena ada banyak ODP yang berkeliaran. Berikut ini tips untuk lebih produktif selama ramadan di tengah pandemi.

Berolahraga

ramadan covid 19

Saat puasa bukannya bahaya ya kalau melakukan olahraga? Olahraga bisa jadi bahaya kalau melakukannya pada waktu yang tidak tepat. Waktu olahraga terbaik adalah sebelum berbuka puasa dan setelah berbuka puasa. Waktu berbahaya melakukan olahraga adalah pada waktu tengah hari karena bisa menimbulkan dehidrasi. Disaat pandemi seperti ini jenis olahraga yang dilakukan pun harus dilakukan di rumah dan jangan terlalu dipaksakan, seperti kardio 30 menit, zumba ringan, dan yoga. Waktu olahraga setelah berbuka bisa dengan melakukan shalat terawih juga bisa dibilang olahraga. 


Membersihkan rumah di pagi hari

ramadan covid 19


Setelah sahur dan shalat subuh jangan terjun ke kasur ya, guys. Kegiatan membersihkan rumah di pagi hari itu merupakan waktu yang baik karena debu-debu yang bertebaran di seisi rumah mulai mengendap saat pagi hari jadi lebih mudah di bersihkan. Kalau siang hari justru ada banyak orang yang memulai kegiatan sehingga debu terus bertebaran diudara jadi bersih-bersih malah tidak efisien. Saat wabah virus covid-19, kita juga diwajibkan untuk melakukan penyemprotan disinfektan setiap hari mulai dari area luar rumah dan bagian yang sering disentuh tangan seperti gagang pintu. Selain itu, mulai membuka jendela pagi kita bisa merasakan energi positif dengan menghirup udara pagi. 

Mengonsumsi kurma dan minum kopi setelah sahur

ramadan covid 19


Kandungan kafein dalam kopi justru meningkatkan energi dan konsentrasi untuk beraktifitas. Jangan pernah minum kopi saat mau berbuka ataupun sebelum makan sahur karena bisa menyebabkan gangguan pencernaan. Minum kopi tidak lebih dari satu gelas setelah makan sahur dan minum lebih banyak air putih supaya tidak menyebabkan dehidrasi. Selain itu, awali makan sahur dengan makan kurma. Kurma mengandung glukosa alami yang baik untuk menambah energi dan kaya akan antioksidan. Selain itu, cocok banget dikonsumsi buat kamu yang menderita anemia. Paling enak dimakan langsung atau dijus dengan dicampur susu UHT. Nah, satu hal lagi cara yang mesti kamu coba yaitu memasukan buah kurma ke dalam seduhan kopi. Kurma yang rasanya manis bisa digunakan sebagai pengganti gula. Wajib coba dan rasanya pasti lebih enak.

Belajar, membaca, atau menulis artikel

ramadan covid 19


Entah bagaimana kalau saat pandemi ini tanpa adanya koneksi internet mungkin kita semua udah pada stres di rumah. Dengan adanya koneksi internet, kita bisa melakukan banyak hal tidak hanya bermain sosial media saja. Waktu pagi adalah waktu yang tepat untuk belajar. Sejak anak sekolah diliburkan karena pandemi virus ini, anak menjadi cepat bosan dan motivasi belajar menjadi berkurang. Apalagi guru di sekolah memberi tugas yang banyak dan bisa membuat anak malah stres. Kalau orangtuanya tidak perhatian, anak bisa kehilangan kemauan belajarnya. Waahh kalau begini terus bisa gawat. Sebagai orangtua kita harus mendorong anak untuk membuat target harian dalam belajar. Saat pandemi ini sebagai pengganti guru di sekolah, justru orangtualah yang harus lebih memahami kelemahan dan kemampuan anaknya dalam belajar. Kita bisa melakukan itu dengan menemani anak mengerjakan tugas PR-nya di pagi hari. 
Bagi kamu yang menjalani WFH pun jangan sampai lemas karena tidur seharian dan mengabaikan pekerjaan. Bekerja di rumah dengan fleksibel dan jam berapa pun menuntut kita harus ON terus. Positifnya, kita bekerja jauh lebih santai tanpa ada tekanan meskipun ada deadline. Setidaknya dengan menggunakan waktu pagi untuk menyelesaikan pekerjaanmu, kita bisa lebih efisien menggunakan waktu. Selain itu, waktu pagi yang fresh membuat kita lebih konsentrasi dan penuh inspirasi untuk menulis artikel di blog atau sosial media. Bagi yang hobi membaca, waktu pagi bisa lebih menggairahkan kamu untuk membaca buku favorite kamu yang belum sempat kamu baca.

Membuat kerajinan tangan

ramadan covid 19


Gunakan waktu senggangmu dengan membuat kerajinan tangan sendiri. Kita bisa dapatkan banyak ide dari media TV atau internet untuk lebih kreatif membuat kerajinan tangan. Disaat pandemi ini, kita bisa membuat masker dan kantung belanja dari kain bekas. Meskipun tidak terlalu mahir dalam menjahit, saya juga mencoba membuat masker sendiri dari sapu tangan dan membuat kantung belanja dari kain. Selain itu membuat kotak penyimpanan barang-barang dari kotak sepatu bekas. Kalau melakukan kegiatan yang disukai pasti waktu berpuasa menjadi tidak terasa lelah ataupun lapar. 

Meningkatkan skill memasak


ramadan covid 19
ramadan covid 19


Saat pandemi begini pasti sebagian orang takut jajan atau beli makanan di luar dan sebisa mungkin untuk membuat makanan di rumah. Untuk membeli bahan makanan pun seperti belanja sayuran dan bumbu masak lainnya sebagian masih bisa dipesan melalui WA atau SMS. Saya juga sama daripada belanja ke luar dimana kalau pulangnya harus ganti baju lagi, lebih baik memesan bahan makanan via WA. Kemudahan zaman sekarang memang bukan main ya serba bisa. Saat ini adalah waktu yang tepat untuk meningkatkan kemampuan memasak. Yang tadinya sama sekali jarang ke dapur, sekarang harus tergerak untuk bantu ibu memasak di rumah. Selain itu, bagi kamu yang hobi memasak bisa mencoba resep baru yang bisa didapatkan melalui instagram atau youtube. Diakhir pekan ada banyak waktu luang untuk membuat kudapan dan kue kering persiapan untuk lebaran dan bisa juga dikirim untuk dibagikan ke kampung halaman.



ramadan covid 19

Meningkatkan Skill Berbahasa Asing

Di saat diam di rumah aja pasti ada banyak waktu untuk belajar apalagi kamu yang suka belajar bahasa asing. Saya sendiri kalau di Kantor berkomunikasi dengan bahasa Jepang dan bahasa Indonesia. Namun, sejak WFH dua bulan ini tingkat kemampuan komunikasi saya pasti menurun karena sama sekali tidak berbicara bahasa Jepang langsung dengan orang Jepang. Meskipun begitu, dalam pekerjaan saya masih bertukar pesan email dengan atasan dengan bahasa Jepang. Selain itu, sebisa mungkin setiap hari latihan membaca koran dan melihat berita berbahasa Jepang lalu kosakata baru kadang aku tulis atau membuat flashcard di aplikasi QUIZLET. Ya, aplikasi ini bagus banget buat kamu yang lagi belajar bahasa asing. Kalian bisa download di APP store atau Google Play. Sebenarnya ada banyak cara untuk belajar dengan menyenangkan misalnya dengan menonton film atau membaca komik. Namun, kalau untuk meningkatkan skill bahasa itu memerlukan target dan evaluasi dari bahan apa yang sudah kamu pelajari.

Oke, mungkin hanya sedikit saja yang bisa saya share dipostingan kali ini. Jangan mentang-mentang puasa, kita jadi malas ya. Semangat buat kalian semua yang sedang belajar atau bekerja di rumah. Meskipun tahun ini gak bisa mudik, tapi tetap jalin silaturahmi dengan menggunakan media sosial atau video call bersama saudara dan keluarga. Semoga ibadah puasa kita semua lancar ya. Terimakasih sudah berkunjung ke blog ini.

Post a comment

11 Comments

  1. wahh produktif banget ya kak..
    :D meningkatkan skill masak dan bahasa asing..

    btw blog ini inspiratif banget, dan klo boleh saran dipasang https nya disetingan yang menandakan web ini secure

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh iya lupa. makasih sarannya kak.
      semenjak blogspot pembaharuan malah balik lagi ke http. langsung saya ganti ke https.

      Delete
  2. yahud bgt kalau kek gitu,, sementara yg udah kulakukan adalah olahraga, makan kurma, membaca, menulis artikel, udah deeeh :D

    -Traveler Paruh Waktu

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak nahan liat artikelnya mas bara, bawaanya pengen ngikut travel ahahaha

      Delete
  3. MasyaAllah produktif sekali ya. Ada banyak yg saya dapatkan disini dan tidak saya sadari bahwa hal tersebut bisa termasuk dalam salah satu kegiatan produktif. Thanks for sharing yaaa

    ReplyDelete
  4. Dapur dikuasai kakakku yg lagi rajin masak dan bikin kue 🤣 jadinya aku belajar bahasa aja, ingetin materi jadul. Sekalian belajar watercolor tapi pakai pensil warna hehe

    ReplyDelete
  5. Jadi dengan kegiatan kegiatan ini Selama Ramadhan selain ibadah bisa produktif juga ya

    ReplyDelete
  6. Penasaran yang kurma dimasukkan kedalam campuran kopi. Bisa dikonsumi saat kapan kak?

    ReplyDelete
  7. Sebenernya banyak ya kegiatan produktif pas puasa tapi jujur aja saya sendiri kalo puasa mengurangi aktivitas fisik. Kalau lagi rajin rajin banget apa-apa dikerjain, kalau lagi males yaa tiduran seharian wkwk

    ReplyDelete
  8. MAsyaallah terima kasih sharingnya kak. bener banget sih, harus mulai pinter pinter cari kegiatan yaa biar gak jenuh meskipun di rumah aja..

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog ini.