Advertisement

Main Ad

Cara Membuat Dalgona Coffee dan Dalgona Matcha Tanpa Mixer

Ini adalah minggu ke-3 dimana saya terus menjalankan himbauan pemerintah untuk tetap #DirumahAja dan alhamdulillah saya juga bisa #WFH dengan lancar jaya di tengah wabah Covid-19 yang semakin hari semakin naik jumlah penderitanya. Bayangkan saja hampir 200 orang lebih yang terjangkit covid-19 setiap harinya. Kenapa hal ini bisa terus terjadi, guys? Warga +62 ternyata masih saja ngeyel dan tetap berpergian ke luar rumah bahkan nongkrong di cafe atau warung di pinggir jalan. Tidak hanya itu saja, warga juga masih kurang perhatian dan masih enggan untuk mengenakan masker. Apalagi ketersediaan APD dan alat medis sudah sangat terbatas meskipun sudah banyak bantuan dan relawan yang membuat alat kesehatan untuk membantu pasien yang di rawat karena covid-19. Selain itu, Ketakutan Berlebihan sehingga adanya situasi panic buying yang terjadi di berbagai negara. Kalau di beberapa daerah di Indonesia sendiri terutama Jakarta, situasi makin ricuh karena keluhan mereka yang terpaksa tetap bekerja karena tuntutan ekonomi dan korban PHK yang dilakukan beberapa perusahaan. Belum tuntas satu masalah, muncul lagi masalah baru dimana perantau mulai meninggalkan kota dan kembali ke kampung halaman di tengah wabah virus ini. 
Di saat kondisi yang masih belum kondusif seperti ini, saya dan kita semua masih sabar untuk teta #dirumahaja meskipun BOSAN dan gatel pengen jalan-jalan keluar. Kenapa masih sabar di rumah, ya karena kita cinta dan sayang keluarga. Kita peduli meringankan beban petugas kesehatan yang berjuang digaris depan untuk menangani pasien positif corona. Tidak ada cara lain untuk menghentikan virus ini kecuali kita tetap di rumah dan melindungi keluarga kita. Berbagai upaya pemerintah yang terus mencoba untuk menangani polemik yang terjadi saat Pandemi Virus ini. Sehingga kini pemerintah menetapkan Perbatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang diterapkan mulai dari hari ini sebagai upaya menghilangkan rantai penyebaran virus mematikan ini. Yuk, kita positif thinking dan percaya bahwa virus ini bisa hilang dan pasien bisa sembuh tanpa ada kekurangan sedikitpun. 

Supaya tidak bosan selama #dirumahaja, kita bisa melakukan berbagai hal positif selama dirumah. Seperti membimbing belajar anak-anak, berolahraga di rumah, bersih-berih rumah, membuat kerajinan tangan, dan memasak. Selama aktif di sosial media, akhir-akhir ini saya melihat banyak thread dan hastag yang bermunculan di Instagram. Salah satunya yang paling favorite di foodie Instagram itu banyak banget hastag #DalgonaCoffee. Saya pikir kopi ini hanya postingan cafe atau minuman dalam cup gitu eh taunya banyak banget orang yang coba buat kopi ala cafe ini. Sebenarnya kopi apa sih ini dan kenapa ngehits banget di Instagram. Dalgona Coffee adalah minuman yang pertama kali jadi trend semenjak Pandemi Covid-19 mewabah di Korea Selatan. Salah satu cara warga korea menghibur diri selagi physical distancing yaitu dengan membuat kopi dengan cara diaduk sampai mengeluarkan foam atau busa dan banyak diantaranya mencoba bereksperimen membuat kopi dengan rasa yang enak ala cafe. 

Saking ramenya hastag di Instagram, mulai dari para selebritis tanah air juga mencoba challenge membuat Dalgona Coffe. Karena bahannya mudah didapat dan cara membuatnya juga mudah, jadi udah banyak banget yang coba challenge ini. Tantangannya adalah mengocok kopi tanpa mixer hingga 400 kali lah sampai mengeluarkan foam atau busa. Kalian juga harus mencoba tantangan membuat kopi yang satu ini di rumah. 

Bahan-bahan:

1. Nescafe classic 2 sachet
2. Susu UHT 200 ml.
3. Brown sugar atau gula pasir 4 sdt
4. air hangat 3 sdt
5. es batu secukupnya 

Cara membuat:

1. Masukan nescafe, gula, dan air hangat ke dalam mangkuk.
2. Kocok dengan gerakan secepat mungkin sampai mengeluarkan foam dan mengental.
3. Masukan es batu dan susu UHT ke dalam gelas cantik.
4. Masukan adonan kopi yang sudah dikocok tadi di atas gelas.


Dalgona Coffee

Selain disajikan dingin, kita juga bisa membuat Dalgona Coffee yang disajikan panas. Hanya saja susu UHT harus dipanaskan terlebih dahulu dan kita juga bisa menambahkan toping yang enak, seperti: marshmallow, kue regal, eskrim, whippcream, atau bubuk coklat. Menikmati dalgona coffee ini sensasinya sangat berbeda. Sebelum minum, kita harus mengaduknya perlahan sampai foam kopi turun perlahan dan menyatu dengan susunya. Dari sini kita bisa lihat gradiasi warna yang cantik antara kopi dan susu. Ini benar-benar cara menikmati dan membuat kopi yang asyik dan menyenangkan.
Dalgona Coffee

Dalgona Coffee

Setelah Dalgona Nescafe coffe mulai melejit, sekarang banyak orang sudah berinovasi dengan membuat Dalgona dari Matcha. Minuman ini sangat cocok buat kamu yang gak suka kopi, guys. Sekarang tidak perlu lagi nongkrong lagi di cafe untuk menikmati minuman enak seperti ini. Sudah banyak tutorial sederhana yang bisa dicoba di rumah. Bubuk matcha berbeda dengan bubuk kopi yang lebih mudah mengeluarkan foamnya. Oleh karena itu cara membuatnya pun sedikit berbeda. Yuk kita simak cara membuatnya.

Bahan-bahan:

1. 1 sachet matcha bubuk.
2. 5 sdm whipped cream bubuk.
3. 4 sdm air panas
4. Susu UHT 200 ml
5. Regal dan es batu

Cara Membuat: 

1. Masukkan matcha bubuk, whipped cream, dan air panas ke dalam mangkuk.
2. Kocok dengan menggunakan kocokan kue sampai mengental.
3. Masukkan es batu dan susu UHT ke dalam gelas cantik.
4. Masukkan adonan matcha yang sudah mengental di atas gelas.
5. Masukkan toping potongan regal sesual selera.
Dalgona Coffee

Warnanya cantik kan? Lebih cantik lagi kalau kita menambahkan bubuk matcha di atasnya. Heeemmmm, so yummy. Dengan Work From Home ini, saya jadi belajar banyak hal terutama membuat kopi ala cafe sendiri. Dalgona coffee juga bisa jadi teman saat bekerja di rumah dan bisa menghabiskan waktu dengan keluarga dengan cara yang menyenangkan. Cara membuatnya sederhana dan bahannya mudah didapat. Semoga pandemi virus covid-19 ini cepat berakhir dan kita semua bisa keluar rumah dan travelling lagi, ya.
Mudah-mudahan postingan ini bermanfaat. Stay at home and stay safe everyone..See you next time.



Post a comment

14 Comments

  1. minggu lalu aku coba buat masih belum berhasil karena salah teknik LOL nanti mau coba lagi ahhh pantang menyerah :D

    ReplyDelete
  2. aku tuh udah mau bikin ginian tapi gk sempet-sempet..hmmm udah keilangan trend momennya deh..

    Ia gara2 covid-19 ini udah wfh 1bulan. teman-teman di kantor lama juga bilang ada pengurangan, sedih deh dengernya mana mau puasa dan lebaran kan..

    ReplyDelete
  3. aku kemarin nyoba pakai matcha
    soalnya kalau pakai nescafe perutku kembung

    iya nih mbak sedih masa pandemi gini ya di rumah terus

    ReplyDelete
  4. aku belum pernah buat nih mbak padahal penasaran banget kepengen nyobain. yang matcha kayaknya boleh juga tuh :D

    ReplyDelete
  5. Aduh bikin ngiler... Jadi pengen coba bikin. Itu nescafe ngocok berapa lama? Kalau pakai blender bisa gak?

    ReplyDelete
  6. envy aku blm berhasil bikin ini dan blm ada gairah lg buat bikin baca artikel ini jd pengen coba buat lg 😍

    ReplyDelete
  7. Wah, yang matcha menarik buat dicoba nih. Tapi harus kuat bener nih kalau ngocoknya pakai tangan

    ReplyDelete
  8. Bahkan sampai viral kemana-mana aku belum nyoba buat, ya gimana akunya ngga suka susu ngga suka ngopi juga wkwk

    ReplyDelete
  9. Akuu baru nyoba dalgona milo, nantii mau coba juga dalgona cooffe makasih kak resepnya .Lagi viral nih dalgona buat nemenin dirumah aja

    ReplyDelete
  10. Dari awal viral mau buat masih maju mundur karena liat banyak yang gagal ya walo banyak juga yg berhasil, coba besok bikin biar penasaran bisa ilang

    ReplyDelete
  11. ada yang resepnya pakai air dingin , Mbak pakai air hangat. Bagusnya yang mana ya? Kalau kopi lain bisa kan ya? Suamiku minta bikinin haha

    ReplyDelete
  12. Aku udah dari kapan itu mau buat buat disini to kekurangan bahan. Aku dikampung,lagi pulkam jadi stok bahan apa adanya membuatku jadi ga semangat kak

    ReplyDelete
  13. kalau beli aja ada yg jual gak sih? ribet bikinnya wkwk..

    -Traveler Paruh Waktu

    ReplyDelete
  14. Aq pertama gagal kak bikin dalgondal gandul (a.k.a dalgona 😅)
    Tpi gor a second chance i will fighting!!!

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog ini.