6 Aplikasi Populer di Tengah Pandemi Covid-19

00:00
Sejak bulan Maret lalu ada beberapa perusahaan yang menginstruksikan para karyawannya untuk #WORKFROMHOME. Sudah hampir 3 bulan lebih saya menjalani WFH dan alhamdulillah pekerjaan pun bisa dilakukan dengan lancar meskipun kuota menjerit. Setelah memasuki PSBB, masa WFH pun semakin diperpanjang entah selesai sampai kapan yang jelas pekerjaan harus tetap dilakukan dalam kondisi apapun. Sejak saat itu mau gak mau saya pasang wifi di rumah untuk mendukung pekerjaan saya yang memang memerlukan koneksi internet. Dalam pekerjaan saya dituntut untuk terus melakukan hubungan komunikasi dengan sesama rekan kerja terutama meeting yang harus dilakukan setiap minggunya.

Meskipun tidak ada pulsa, yang penting ada koneksi internet saja semua hal bisa kita lakukan dengan mudah. Apalagi sejak beberapa negara memberlakukan lockdown atau karantina wilayah, pengguna social media menjadi semakin aktif dan bertambah pada awal tahun 2020. Tidak hanya social media saja, saat pandemi seperti ini ada banyak aplikasi yang mendukung pekerjaan kantor selama masa karantina di rumah. Apa saja aplikasinya? Yuk, kita simak di bawah ini:


Aplikasi ini paling banyak digunakan selama work from home di berbagai negara. Selaku CEO aplikasi ini, Eric Yuan membuat aplikasi berbasis video call yang mendukung ratusan pengguna untuk berkomunikasi dan bertatap muka dalam waktu bersamaan. Aplikasi ini bisa didownload gratis dan dapat mengshare dokumen bahkan bisa melakukan presentasi secara online tanpa batas. Tidak hanya melakukan meeting kantor, pelajar pun bisa menggunakan aplikasi ini untuk melakukan kegiatan belajar di rumah dengan dibimbing oleg guru secara online. Aplikasi ini terdapat mode gratis dimana para pengguna bisa melakukan meeting yang secara otomatis akan terputus dalam waktu 40 menit. 

covid-19



Aplikasi yang dibuat oleh Niklas Zennström dan Janus Friis ini memang sudah lama digunakan oleh penggunanya diberbagai dunia. Pada tahun 2006 saja penggunanya sudah lebih dari 100 juta pengguna. Namun sejak pandemi ini, aplikasi ini semakin bertambah penggunanya dan lebih aktif digunakan untuk melakukan komunikasi jarak jauh. Skype lebih dulu menerapkan komunikasi antar penggunanya dalam bentuk video call dan melakukan chatting baik berupa pesan tertulis maupun pesan suara. Selain itu, kualitas video dan gambar jauh lebih baik dibanding dengan aplikasi lainnya.

covid-19


Hampir sama dengan aplikasi di atas, aplikasi dari google ini membuat penggunanya bisa berkomunikasi berbasis video call antar pengguna lainnya maksimal 250 peserta. Selain itu, aplikasi ini dilengkapi dengan live streaming dan merekam selama melakukan rapat yang secara otomatis tersimpan di drive. Google meeting juga tersedia secara otomatis di akun Gmail dan bisa melakukan meeting atau mengikuti pelajaran sekolah kapanpun dan dimana pun. 

covid-19



Aplikasi dari google ini sangat cocok untuk kegiatan pendidikan yang bisa diterapkan di rumah secara online. Pengguna selaku guru bisa membuat kelas dan menshare materi pelajaran, tugas, dan ujian dalam bentuk file ataupun video kepada pengguna lainnya selaku siswa. Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk pengecekkan hasil ujian dan menilai hasil tugas maupun ujian secara online. Dengan dukungan aplikasi ini, orangtua bisa mendampingi anaknya belajar di rumah dan para guru bisa mengajar siswanya dengan santai selama masa karantina.

covid-19


Aplikasi chatting dan video call yang paling bersahabat ini semakin populer saat masa pandemi. Hampir seluruh pengguna di Indonesia menggunakan aplikasi whatsapp untuk chatting bahkan share informasi dan dokumen berupa video maupun foto antar pengguna bahkan grup whatsapp lainnya. Karena pengguna whatsapp di Indonesia banyak, pemerintah mulai gencar menyebaran informasi tentang perkembangan virus covid-19 di Indonesia melalui aplikasi ini. Selain untuk mencegah masyarakat termakan informasi hoax soal virus corona, Kementerian Kominfo berkerja sama dengan WhatsApp dan Telkom Group membuat akun chatbot WhatsApp dan mulai diterapkan sejak Bulan Maret lalu.

covid-19


Aplikasi ini sangat membantu selama anda work from home. Selain bisa menyimpan dokumen dalam bentuk apapun, aplikasi ini juga bisa menyimpan file dalam berukuran besar. Kita tidak perlu bersusah payah mengupload dokumen untuk dikirim kepada seseorang, kita cukup membagikan link dokumen yang kita simpan dalam drive kepada orang lain. Lalu, bagi mereka yang mengetahui link tersebut, kapanpun dan dimana pun bisa melihat dokumen yang kita simpan dalam drive. Aplikasi ini sangat praktis dan mudah. Kapasitas drive dalam mode gratis tersedia 15 GB dan kita juga bisa membeli kapasitas drive tambahan yang bisa dibeli per-bulan ataupun tahunan.

covid-19

Kalau saya sendiri, semua aplikasi di atas hampir setiap hari saya gunakan. Kalau kalian bagaimana? Aplikasi apa saja yang sering kamu gunakan saat pandemi? Kalian bisa share di kolom komentar dan ceritakan mengenai aplikasi favoritemu selagi #DIRUMAHAJA. Mudah-mudahan pandemi covid 19 cepat berakhir dan kita bisa kembali ke aktifitas sebelumnya. Jaga kesehatan dan aktif di rumah ya.

Selamat hari raya Idul Ftri mohon maaf lahir dan batin.


14 comments:

  1. Kalau saya lebih prefer ke Zoom, tampilannya simpel dan mudah digunain sih..
    Tp kalau masalah kemudahan, lebih enak Google Meet versi browser.

    ReplyDelete
  2. Wah 6 aplikasi ini sangat membantu banget saat pandemi seperti ini mom, tapi bner gak sih kalau kita pakai zoom , itu kurang baik karna data nya bobol gitu mom, jadi kmrin gathring pake zoom was was juga hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang udah enggak kok soalnya pihak zoom udah meningkatkan keamanannya lagi

      Delete
  3. Bener banget nih...aku pake kecuali skype. Tapi kayaknya skype malah paling jelas, iya nggak sih? Suami pake zoom. Kalau anak-anak bikin tugas pake google dan whatsapp. Untung ya,ada aplikasi-aplikasi yang sangat membantu.😊

    ReplyDelete
  4. Yang masih pake cuma whatsapp sama google drive, mau download yang lainnya tapi masih banyak pertimbangan

    ReplyDelete
  5. Aku meetingnya pakai zoom sama jitsi sih.. Baru tau ada skype meeting.. Thanks infonya mam..

    ReplyDelete
  6. Zoom itu favorit banget yaaa.. aku belom coba Google Meeting sama Skype sih.. dan google drive beneran sangat membantu nyimpen file/atau data saat device (hp terutama) full memory🙈🙈

    ReplyDelete
  7. selain skype, aku udah pakai semua. Walaupun di bilang gk aman, aku lebih sering pakai zoom meeting sih hehe

    ReplyDelete
  8. Aku sempat pakai zoom meeting. Tapi setelahnya langsung hapus akun dan uninstal. Pernah baca kalau beberapa negara ada yang melarang penggunaan zoom karena tidak aman. Sekarang pakai skypi buat anak sekolah.

    ReplyDelete
  9. aplikasi2 demi kelancaran kerja dan silahturahmi yaa. hehe

    ReplyDelete
  10. Wah semua aplikasi ini ada di hp ku, kalau meeting & workshop via zoom, kalau telpon via wa semuanya bermanfaat ya

    ReplyDelete
  11. Betul banget, apalagi google classroom bantu bgt buat belajar online. Kalau WA aku jadi lebih sering pakai buat nerima tugas dari anak murid. Hehe

    ReplyDelete
  12. Banyak yah ternyata aq taunya cuma zoom doang.. Hihii maksih infonya yah mba. Nanti mau juga ah pakai yg lain buat ngobrol online sama teman2

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog ini.

Powered by Blogger.