Punya Masalah Dengan Bau Badan? Atasi dengan INI!

08:24
Saya baru sadar ternyata saya punya masalah dengan bau badan akhir-akhir ini. Ketika saya sudah berolahraga di sore hari, Kakak saya menegur saya dan berkata tanpa segan "Kok kamu bau ketek sih? Cepat mandi sana!". JLEBB banget gak sih langsung dibilang begitu? Tapi, jujur saya juga merasakan hal yang sama namun karena cuek, jadi tidak saya masukkan kedalam hati. Selama WFH dan stay at home disaat pandemi ini, memang saya jarang pakai deodoran. Saya pikir karena di rumah aja jadi tidak perlu pakai deodoran toh nanti bisa menghitam pada bagian ketiak kalau keseringan pakai. Meskipun sampai sekarang belum ada penelitian yang menyatakan bahwa deodoran itu bisa menyebabkan ketiak menjadi hitam, entah kenapa sepertinya kulit saya tidak begitu bersahabat jika menggunakan deodoran setiap hari. Kalau pakai deodoran, rasanya kulit jadi gatal bahkan memerah. Hal inilah yang membuat saya menghentikan penggunaan deodoran selagi tidak berpergian untuk mencegah iritasi kulit pada bagian kulit ketiak.

bau badan



Secara ilmiah, penyebab bau badan disaat tubuh banyak mengeluarkan keringat itu dikarenakan bakteri. Keringat membuat bakteri tersebut berkembang sehingga mengeluarkan aroma yang tidak sedap. Sebenarnya keringat yang keluar karena berolahraga itu baik dan bisa membunuh bakteri atau kuman, namun karena pemakaian baju olahraga yang tidak menyerap keringat bisa jadi faktor yang menyebabkan bakteri tumbuh dan menjadi bau badan. Apalagi, tidak segera berganti pakaian ataupun tidak segera mandi setelah keringat mulai turun. Sebenarnya, penyebab bau badan tidak hanya itu saja tapi bisa karena faktor lain, yaitu:

  1. Kelebihan berat badan disebabkan karena banyak bakteri yang tumbuh pada pori-pori setiap lipatan lemak pada tubuh.
  2. Pemilihan deodoran yang salah akan menyebabkan iritasi kulit dan kandungan bahan kimia pada deodoran hanya akan menghalangi pori-pori untuk mengeluarkan keringat dan belum sepenuhnya menghilangkan bau keringat itu sendiri.
  3. Mengkonsumsi Fast food.
  4. Stress bisa membuat tubuh lebih berkeringat terutama saat nervous.
  5. Merokok dan minuman beralkohol.
  6. Mandi tidak teratur.
Kalau kalian mengalami masalah yang sama, sebaiknya kita perhatikan point di atas dan menghindarinya supaya bau badan berkurang. Terutama point ke-2 yang masih jadi masalah buat saya. Setelah mencari solusinya dari berbagai referensi, saya menemukan pemecahannya yang juga bisa saya share disini. Buat kamu yang tipe orang yang aktif seperti saya, sebaiknya gunakan deodoran di malam hari. Menurut para ahli, saat malam hari suhu tubuh lebih dingin dan tidak banyak mengeluarkan keringat sehingga memakai deodoran sebelum tidur adalah cara yang paling efektif untuk mencegah keringat berlebih di esok harinya. Selain itu, saya juga mencoba untuk menjaga pola makan dengan lebih banyak makan sayuran dan mengurangi berat badan saya dengan olahraga teratur. Pengobatan secara tradisional juga saya coba terapkan dengan memilih bahan-bahan alami sebagai pengganti deodoran selama tidak berpergian. Salah satunya dengan menggunakan sari apel atau cuka apel yang bisa kamu beli di toko terdekat. Ternyata cuka apel ini banyak sekali manfaatnya terutama untuk kesehatan dan kecantikan.

cuka apel


Selain bisa digunakan untuk bahan makanan, cuka apel juga bisa dikonsumi setiap hari untuk menjaga kesehatan jantung dan menurunkan berat badan berlebih. Caranya sangat mudan dan harus rajin mengonsumsi 2 sendok makan cuka apel dengan dicampur sedikit air lalu diminum setiap pagi.  Kandungan Apple Cider Vinegar juga sering digunakan pada produk kecantikan, salah satunya kandungan Alpha Hydroxy Acid dan kandungan PH yang mampu menyeimbangkan kandung PH kulit dan mengecilkan pori-pori pada kulit wajah. Selain mampu mengatasi penuaan dini, cuka apel juga bisa menghilangkan jerawat, menghilangkan keriput, dan mengatasi kulit yang terbakar sinar matahari. Hanya sedikit saja mengoleskan cuka apel pada jerawat dan jerawat akan menghilang dalam beberapa hari. Cuka apel juga bisa jadi produk untuk skincare routine kamu dengan menambahkan 2 sendok makan cuka apel dan madu lalu oleskan pada wajah sebagai masker. Bintik-bintik bekas jerawat akan semakin berkurang.

Banyak produk cuka apel yang bisa kamu gunakan. Saya menggunakan produk Apple Cider Vinegar S&W untuk bahan makanan dan bisa digunakan untuk skincare routine saya setiap hari. Produk ini juga salah satu produk terbaik dan paling direkomendasikan.

cuka apel


Karena mampu mengecilkan pori-pori dan merupakan antibakteri, cuka apel juga mampu menghilangkan bau badan yang saya alami. Caranya sangat mudah, kamu bisa membuat spray penghilang bau badan dengan mencampurkan 3 sendok apel dengan air lalu masukkan ke dalam botol spray bekas yang sudah dicuci bersih. Semprotkan pada ketiak setiap hari atau pada bagian yang sering berkeringat. Saya sudah merasakannya sendiri dan bau badan saya hilang. Apalagi sudah masuk musim panas begini, spray ini tentunya sangat berguna dan mudah dibawa kemana saja. Selain itu, bisa juga diteteskan pada kapas lalu dioleskan pada ketiak setiap hari. Insyaallah masalah bau badan teratasi. Karena menggunakan bahan alami jadi aman untuk kulit dan tidak menimbulkan iritasi. Kamu juga bisa mencampurkan cuka apel dengan soda kue, lalu dioleskan pada ketiak dan dibersihkan. Lakukan ini secara rutin setiap hari untuk memutihkan kulit ketiak kamu.

Selain cuka apel sebenarnya masih banyak bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan bau ketiak, seperti: lemon, parutan kulit jeruk, baking soda, dan aloe vera. Sekarang tidak perlu bergantung pada deodoran yang berbahan kimia dan beralkohol lagi untuk menghilangkan bau badan. Back to nature dan gunakan bahan-bahan alami untuk kulit cantik kamu.

Terimakasih sudah berkunjung...


11 comments:

  1. Tipsnya sangat bermanfaat cocok juga buat mom yang suka sama bahan alami untuk perawatan sehari-hari ya

    ReplyDelete
  2. Baru tau aku.. Kamu biasa beli dimana say? Penasaran peng3n coba jadinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. disupermarket banyak kok kak.
      apalagi di online..

      Delete
  3. Makasih banget ya say.. tips nya sangat bermanfaat dan berguna banget buat mak mak sibuk riwa riwi gini

    ReplyDelete
  4. Baru tau nih kalo cuka apel juga bisa buat ngatasin Bau Badan. Selama ini pake cuka apel sebagai face toner dan di minum dengan madu plus air anget ajaa..

    ReplyDelete
  5. waaahhbaru tau bisa dipakai buat bau badan yah.. makasih info nya kak

    ReplyDelete
  6. Cuka apel bisa hilangin bau badan benerean? Nah wajib coba ini. Soalnya andalan selama ini ya apkai deodorant tapi kurang nyaman karena banyak bahan kimia

    ReplyDelete
  7. Cuka apel bisa utk hilangkan bau badan ya, kok aku baru tau ya ?

    ReplyDelete
  8. Aq baru tau loh ini... Aq biasanya pakai buat campuran di muka biar makin glowing or di minum kan yah cuka apelnya. Mau cobain ah ini

    ReplyDelete
  9. Aku baru tahu kalau cuka apel bisa buat skin care juga nih kak. Kudet banget aku ya. Kebetulan lagi tinggal di Malang nih, banyak cuka apel. Merk nya harus yg diatas itu kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak harus merk yang sama kak. ada banyak kok produk cuka apel dipasaran. apalagi kalau di malang ya bisa bikin sendiri juga

      Delete

Terimakasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog ini.

Powered by Blogger.